Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ampuh! Ini dia 15 Cara Mengusir Cecak dari Rumah Kamu

Bye-bye cecak!

Angga Prayudhatama

Hewan reptil mungil ini sering sekali mengganggu kenyamanan di rumah. Selain nyamuk, lalat, kecoak, atau tikus, cicak menjadi salah satu hewan yang menyebabkan rumah kotor. Hal ini dikarenakan hewan ini suka meninggalkan kotoran sembarangan. Sehingga, kita harus memiliki cara yang ampuh untuk mengusir cicak.

Berikut ini 15 cara ampuh untuk mengusir cicak di rumah kamu!

1. Membersihkan setiap sudut rumah

Freepik.com/Jcomp

Rutin dan disiplin membersihkan rumah, menjadi salah satu cara ampuh dalam mengusir cecak karena binatang ini gemar tempat yang lembap dan jorok. Jadi usahakan untuk selalu membersihkan setiap sudut rumah kamu, ya.

2. Menutup ventilasi rumah

Shutterstock/Dubo

Selain membersihkan sudut rumah, kamu juga harus menutup ventilasi rumah dengan memasang kawat, kasa nyamuk, atau dengan cara memasang selotip di bagian celah lubang yang ada di rumah kamu.

3. Semprot cairan obat nyamuk

Sehatq.com

Hal ini juga ampuh membuat cecak dan serangga lainnya mati dengan cara menyemprot atau mengoleskan obat tersebut, di setiap sudut ruangan atau daerah-daerah yang sering dihinggapi cecak.

4. Singkirkan pot tanaman

instagram.com/poteydotcom

Salah satu cara ampuh mengusir cecak di rumah adalah dengan menyingkirkan pot-pot tanaman kamu. Cecak menyukai pot tanaman buah, sayuran ataupun tanaman hias. Namun, ada beberapa tanaman yang tidak disukai cecak seperti pohon cabai. Kamu bisa menanamnya sekaligus dapat menjadi pengusir cecak.

5. Kapur barus

sehatq.com

Kapur barus memilik manfaat seperti mencegah timbulnya bau dan jamur, kapur ini juga dapat digunakan untuk mengusir berbagai serangga seperti semut, rayap, cecak, tikus dan kecoa, karena baunya yang menyengat. Kapur barus sama efektifnya dengan menggunakan cairan obat nyamuk.

6. Menaburkan biji merica atau ketumbar

tanahkaya.com

Ini juga termasuk cara efektif untuk mengusir cecak. Jika kamu tidak punya biji merica atau ketumbar, kamu bisa menggunakan versi bubuknya. Bau menyengat dari merica atau ketumbar dapat mengusir cecak dari rumah kamu.

7. Bersihkan bagian bawah lemari dan wastafel

ronbow.com

Cecak menyukai tempat yang memiliki suhu yang hangat dan juga dekat dengan air. Ia biasanya bersarang di bawah lemari ataupun westafel. Jadi kamu harus rajin membersihkan bagian tersebut, agar cicak tidak membuat sarang di sekitarnya.

8. Suhu ruangan yang dingin

unsplash

Hal yang mungkin kamu baru tahu, salah satu cara mengusir cecak dari rumah adalah dengan temperatur rumah yang sejuk dan dingin. Cecak tidak menyukai suhu yang dingin karena ia tidak mampu beradaptasi dengan temperatur sekitarnya. Hal ini membuat cecak biasa berada di negara-negara yang memiliki iklim tropis ataupun daerah hangat. Untuk itu jika kamu memiliki Air Conditioner (AC), sebaiknya gunakan suhu rendah agar cecak tidak datang.

9. Menaburkan bubuk kopi

Pinterest.com

Kamu juga bisa menggunakan bubuk kopi untuk sekitar ruangan kamu. Bubuk kopi tidak hanya berguna menghilangkan bau yang tidak sedap, tapi juga bisa mengusir cecak karena cecak tidak menyukai baunya.

10. Pelapis dinding khusus

shutterstock.com

Pelapis dinding dari keramik biasanya efektif mengusir cecak di rumah kamu, karena mereka tidak bisa hinggap di dinding yang permukannya licin.

11. Cangkang telur

cosmomom.net

Ini berfungsi menghilangkan cecak, dengan cara menyiapkan selembar tisu yang kemudian diusapkan ke cangkang hingga kering. Cangkang telur memiliki aroma yang tidak disukai cecak. Meskipun begitu, kamu harus memperhatikan kebersihan rumah setelah menggunakan cangkang telur.

12. Bawang-bawangan

pixabay

Bawang putih dan bawang bombay efektif untuk mengusir cecak. Aroma yang menyengat tentu tidak disukai cecak. Caranya, kamu tinggal memotong bawang kemudian sebarkan di daerah yang biasa muncul cecak, atau buat jus bawang kemudian semprotkan ke tempat yang biasa dihinggapi cecak.

13. Membuang sisa makanan

Pexels.com/Matthis Volquardsen

Cecak sangat suka mencicipi sisa makanan bekas, jadi kamu harus membuang sisa makanan di meja atau dapur kamu, agar tidak dihinggapi cecak.

14. Minyak serai

womensweekly.com.sg

Ternyata cecak juga tidak menyukai bau menyengat dari serai, lho. Bela bisa mencari minyak aroma terapi dari serai kemudian mengoleskan atau semprot di sudut ruangan rumah kamu.

15. Cairan pemutih

freepik.com

Bau cairan pemutih yang menyengat sangat tidak disukai cecak, karena cairan tersebut berasal dari bahan kimia yang dianggap berbahaya oleh cecak. Jadi, efektif untuk mengusir cecak dari rumah, bukan?

16. Memelihara kucing

twitter.com/DanangP22627560

Kucing suka berburu cecak. Jika kamu pencinta kucing, tidak salah lagi untuk memeliharanya. Biasanya cecak menganggap keberadaan kucing sebagai hewan yang mengancam keamanan mereka. 

17. Minyak tembakau

Pixabay.com/Umber Ber

Aroma essensial minyak tembakau juga membuat cicak berhenti datang ke rumah kamu. Ini dikarenakan bau tersebut membuat hidung mereka sensitif. Kamu bisa menyemprotkan minyak aroma tersebut di tempat-tempat yang sekiranya sering dihinggapi cicak.

Itulah 15 cara ampuh mengusir cicak di rumah kamu. Perlu kamu ingat lagi, cicak tidak menyukai tempat yang dingin dan bau-bau yang menyengat. Semoga artikel ini membantu kamu, ya.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration