Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Sifat dan Fakta Anak Pertama, Setuju Nggak Nih?

Kamu banget nggak nih?

Andina Rahayu

Jadi anak pertama, katanya punya keunikan dan kelebihan tersendiri. Apa kamu percaya akan hal ini, Bela? Atau kamu juga merupakan anak pertama dalam keluarga? Kelahiran anak pertama seringkali menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Ada pasangan yang mempercepat kehamilannya, tapi ada juga yang menundanya. Di bawah ini adalah beberapa sifat dan fakta anak pertama yang perlu kamu ketahui!

Dilahirkan untuk belajar

Pexels.com/Pixabay

Karena anak pertama adalah anak yang lahir pertama kali, maka kamu akan banyak belajar dari pengalaman hidupnya sendiri. Kemudian barulah membagikan pengalaman tersebut kepada adik-adiknya agar tidak mengalami hal yang sama seperti dirinya. Anak pertama lahir sebagai pembelajar alami.

Pemimpin alami

Pexels.com/Miguel Á.

Disadari atau tidak, anak pertama adalah panutan untuk adik-adiknya. Jiwa kepemimpinan muncul karena terbiasa dengan tanggung jawab. Misalnya, ketika kamu diminta oleh orangtua untuk menjaga serta mengawasi adik-adikmu. Karena itulah, dalam sebuah komunitas si anak pertama akan terlihat paling menonjol dalam kepemimpinannya.

Sudah pasti sayang pada adik-adiknya

Pexels.com/Bahaa

Sudah sewajarnya dan selayaknya kalau anak pertama sayang pada adik-adiknya. Meskipun sesekali kamu bersikap egois dengan menyuruh-nyuruh adik, tetap saja rasa sayang itu ada di lubuk hati yang paling dalam. Perasaan itu biasanya tidak terungkap melalui kata-kata, tapi dengan kepedulianmu membantu sang adik dalam melakukan sesuatu.

Seringkali lebih mandiri

Pexels.com/Sebastian Voortman

Anak pertama cenderung tak memiliki masalah dalam menjelajah dunia sendiri. Karena kamu tumbuh besar dengan memiliki adik, berarti orangtua akan fokus mengurus hal-hal lain, sehingga kamu sebagai anak sulung harus bisa mengurus diri sendiri. Sebagai anak tertua, kamu sama sekali tak ingin menyusahkan orangtua dan adik-adikmu.

Pekerja keras

Pexels.com/Pixabay

Anak sulung cenderung berorientasi pada prestasi. Punya adik membuatmu lebih sulit untuk mendapatkan perhatian orangtua. Jadilah sebagai anak pertama kamu akan bekerja keras untuk membuat orangtua terkesan, dengan memperoleh nilai baik di sekolah misalnya. Sifat ini pun terus terbawa hingga dewasa. 

Si Pengambil keputusan

Pexels.com/Pixabay

Kalau kamu memang anak pertama, kamu akan cenderung bersedia menuruti apa yang dikatakan oleh orangtua atau sosok lain yang punya kuasa. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa anak pertama lebih mudah untuk menyesuaikan diri karena mudah membuat keputusan. Anak sulung cenderung tak suka memberontak dibanding adik-adiknya. 

Lebih pandai dalam menguasai bahasa

Pexels.com/Pixabay

Meski terdengar aneh, tapi faktanya urutan kelahiran ternyata dapat mempengaruhi seberapa baik seseorang dalam menguasai bahasa kedua selain bahasa ibu. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology menemukan bahwa dalam keluarga yang memakai dua bahasa (bilingual), anak sulung cenderung lebih mudah dan cepat menguasai bahasa kedua dibanding saudara kandungnya.

Apa dari 7 sifat dan fakta di atas sebagian besar ada dalam dirimu, Bela? Kalau iya, fix kamu adalah anak pertama. Semoga sifat baik terus kamu pertahankan dalam hidupmu ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration