Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil & Fakta Menarik Rapper Loco, yang Umumkan Pernikahan

Pernah mengalami kesulitan berbicara saat remaja

Ajenk Rama

Kabar pernikahan kembali datang menghampiri musisi asal Korea Selatan, yakni rapper Loco. Pada 13 September 2022, rapper Loco mengunggah sebuah foto berlatar putih di akun Instagram yang mengumumkan bahwa dirinya akan menikah dalam waktu dekat. 

Loco adalah salah satu rapper terkenal di dunia hiburan Korea Selatan. Ia memulai debut usai tampil di ajang pencarian bakat rapper. Namun, usahanya untuk meraih posisi rapper tak mudah, karena ia pernah mengalami kesulitan berbicara alias gagap saat remaja. 

Seperti apa perjuangan Loco untuk bisa menjadi rapper? Apa inspirasinya hingga terjun ke dunia musik? Yuk, telusuri profil dan fakta menarik rapper Loco di sini. 

Profil Rapper Loco

Instagram.com/satgotloco

Nama lengkap: Kwon Hyuk Woo

Nama panggung: Loco

Nama panggilan: Gochoo

Tempat, tanggal lahir: Seoul, 25 Desember 1989

Golongan darah: A

Pendidikan: Universitas Hongik jurusan Ekonomi

Zodiak: Capricorn

1. Keluar sebagai pemenang Show Me The Money

Instagram.com/satgotloco

Sebelum terjun ke dunia musik, Loco pernah mengikuti ajang pencarian bakat rapper, yaitu Show Me The Money musim pertama. Dalam acara tersebut, ia menampilkan bakat luar biasanya dan keluar sebagai pemenang. 

Ia bergabung bersama Crush, Elo, Gray, dan Zion.T dengan nama grup, VV:D. Pengalaman yang sedikit dan tidak banyak bicara, Loco sempat menandatangani kontrak eksklusif di sebuah label hiburan Korea.

Sayangnya, pihak label tidak sepenuhnya mendukung karier musik Loco dan ia ingin keluar dari label tersebut. Pelanggaran kontrak sebesar 200 juta won membuatnya berpikir ulang untuk keluar, hingga Loco bertemu dengan salah satu pendiri label hip-hop. 

2. Mengalami kesulitan berbicara saat remaja

Instagram.com/satgotloco

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Loco pernah mengalami kesulitan berbicara alias gagap saat masih remaja. Namun, keterbatasan inilah yang memacu Loco untuk terjun ke dunia musik.

Loco pernah mengungkapkan saat sekolah menengah atas, ia tidak bisa berbicara dengan perempuan. Musik menjadi teman inspirasinya kala itu. Loco mengaku bahwa Kanye West adalah musisi yang membakar semangatnya untuk mendalami musik. 

3. Membuat grup musik hip-hop semasa sekolah

Instagram.com/satgotloco

Kecintaan Loco pada dunia musik hip-hop sudah terlihat sejak masih duduk di bangku sekolah menengah. Saat itu, ia bersama teman-teman sekolahnya membuat grup musik hip-hop yang diberi nama Satgabong. 

Ketika Satgabong tampil, Loco dan kawan-kawan satu grupnya sering memakai kostum sauna. Alasannya Satgabong menggunakan kostum sauna, karena mereka ingin tampil beda. 

4. Loco bukan nama panggung pertamanya

Instagram.com/satgotloco

Usut punya usut, Loco yang selama ini penggemar kenal sebagai nama panggung Kwon Hyuk Woo, ternyata, bukan nama panggung pertamanya. Sebelum menemukan nama panggung Loco, Kwok Hyun Woo lebih dahulu memakai nama Demaine. 

Namun, satu kebiasaan yang ia lakukan sebelum tampil di atas panggung saat masih di perguruan tinggi membuat banyak orang, termasuk teman-temannya, memanggil Loco dan ia pun memutuskan memakai nama panggung tersebut. 

5. Jay Park menjadi sosok penyelamat Loco

Instagram.com/satgotloco

Sempat terkendala keluar dari salah satu label, Loco akhirnya bertemu dengan Jay Park dan menawarkannya bergabung dengan AOMG. Tak hanya itu, Jay Park juga memberikan bantuan untuk membayar penalti ke label tersebut karena melanggar kontrak. 

Pasca bergabung dengan AOMG, Jay Park memberikan Loco sebuah lagu berjudul "Hold Me Tight" yang seharusnya dinyanyikan olehnya. Melalui lagu tersebut, akhirnya Loco bisa membayar utang ke Jay Park secara penuh. 

6. Sempat terlibat rumor kencan

Instagram.com/satgotloco

Sebelum mengumumkan menikah dengan teman masa kecil, Loco beberapa kali terlibat rumor kencan. Pada pertengahan 2018 lalu, sebuah media lokal Korea mengabarkan jika Loco tengah menjalin hubungan romantis dengan seorang non-selebritas selama 3 tahun. 

Rumor kencan Loco dikabarkan telah diketahui oleh teman-temannya dan sosok 'kekasih' Loco tengah menempuh ujian PNS Korea. Namun, rumor yang berembus kencang tersebut dibantah oleh salah satu perwakilan Loco dan mengatakan rumor itu palsu. 

Tak hanya itu, Loco pun sempat digosipkan kencan dengan Hwasa 'MAMAMOO'. Secara kebetulan, ia pernah mengakui bahwa tipe idela perempuannya adalah penyanyi berkulit eksotis tersebut dan berkolaborasi bersama di acara Hyena on The Keyboard. 

7. Pernah berkencan dengan Stephanie Lee

Instagram.com/satgotloco

Bukan sekadar rumor, Loco pernah memiliki hubungan romantis dengan aktris, sekaligus model cantik bernama Stephanie Lee. Keduanya berkencan setelah diperkenalkan oleh seorang teman dekat. 

Pada 20 April lalu, AOMG Entertainment membenarkan hubungan keduanya dan menjalin hubungan sejak awal tahun 2019 lalu. Namun, hubungan mereka kandas di tengah jalan dan memutuskan untuk melanjutkan hubungan sebagai kolega kerja. 

8. Sering mengisi OST dan menang penghargaan

Instagram.com/satgotloco

Sebagai seorang musisi sejati, tetapi Loco juga sering menyumbangkan suaranya untuk mengisi soundtrack lagu drama Korea. Suara Loco pertama kali terdengar di drama Korea, Virus pada 2013 silam berduet dengan Havy T.

Salah satu OST paling populer yang dinyanyikan oleh Loco berjudul "Say Yes" featuring Punch pada 2016 untuk drama Korea, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo. Lagu ini acap kali menjadi latar lagu video di Instagram atau TikTok. 

Keaktifan Loco di dunia musik mengantarkannya ke berbagai penghargaan seperti Best OST di MelOn Music Awards (2015) dan Hot Issue Entertainer Award bersama Hwasa pada 2018 di KBS Entertainment Awards.

Itulah sekilas profil dan fakta menarik mengenai rapper Loco yang akan menikah pada musim gugur tahun 2022 ini. Semoga prosesnya dilancarkan sampai hari H. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration