Media sosial sedang diramaikan dengan momen manis Ryujin ITZY dan Bangchan Stray Kids di ISAC 2022. Momen kedekatan mereka bak kakak adik yang suka jahil satu sama lain. Nama Ryujin dan Bangchan pun jadi perbincangan hangat di mana-mana.

Banyak yang gemas dengan interaksi itu terutama pada Ryujin. Rapper ITZY ini memang diketahui sangat supel. Ia memiliki banyak teman dari sesama kalangan K-pop Idol. Ceritanya hingga sampai jadi member ITZY pun menarik, karena ia direkrut menjadi trainee JYP saat fanmeeting GOT7. Berikut profil Ryujin ITZY dan perjalanan kariernya.

Biodata Ryujin ITZY

Profil Ryujin, Rapper ITZY yang Multitalenta dengan Aura Girl Crushpinterest.com
  • Nama panggung: Ryujin 
  • Nama lahir: Shin Ryujin 
  • Nama Inggris: Joanne Shin
  • Tempat tanggal lahir: Gangnam-gu, Seoul, 17 April 2001
  • Zodiak: Aries
  • Tinggi badan: 164 cm
  • Berat badan: 49 kg
  • Golongan Darah: B
  • Tipe MBTI: INTJ (April 2022)
  • Pendidikan: Hanlim Multi Arts School

Direkrut menjadi trainee saat fanmeeting GOT7

Profil Ryujin, Rapper ITZY yang Multitalenta dengan Aura Girl Crushtwitter.com/ITZYofficial

Ada yang menarik dalam perekrutan Ryujin sebelum menjadi member ITZY. Idol 21 tahun itu direkrut oleh seorang perwakilan JYP Entertainment saat menghadiri fanmeeting GOT7 pada tahun 2015. Saat itu, Ryujin yang berusia 14 tahun di-casting di depan kamar mandi dan staf meminta nomornya.

Dia berbicara tentang kisahnya yang menarik itu dalam siaran Idol Radio pada Agustus 2020. Meskipun dia ragu-ragu pada awalnya, Ryujin akhirnya memberikan nomornya pada sang staf JYP tersebut.

Tampil di highlight reel BTS dan bermain film

https://www.youtube.com/embed/EHdK5U2hf4o

Masuk ke dunia hiburan, sebelum debut resminya bersama ITZY, Ryujin telah banyak membintangi karya. Salah satunya adalah tampil di BTS "Love Yourself" Highlight Reel 2017 lalu bersama dengan Yuna, rekan segrupnya saat ini. Di video tersebut ia berperan sebagai ‘pasangan’ dari J-Hope dan Jimin BTS.

Selain tampil di highlight reel BTS, Ryujin juga sempat menjajali dunia akting. Dia menjadi salah satu pemeran pembantu di film The King (2017) yang turut dibintangi Zo In sung dan Jung Woo sung. Meski perannya hanya sebagai pemeran pendukung, tetapi aktingnya tetap diingat.

Jadi kontestan di program JTBC, MIXNINE

https://www.youtube.com/embed/5QmsrNJJtK0

Masih di tahun 2017, tepatnya pada bulan Oktober, Ryujin terdaftar sebagai kontestan program JTBC, MIXNINE. Berkat kemampuan yang ia miliki, Ryujin berhasil menduduki peringkat satu di kelompok perempuan. Sayangnya kelompok perempuan kalah saat menunjukkan kemampuannya melawan kelompok laki-laki. Ryujin dan tim-nya akhirnya tak bisa debut.

Diumumkan sebagai anggota ITZY dan debut di tahun 2019

Profil Ryujin, Rapper ITZY yang Multitalenta dengan Aura Girl Crushtwitter.com/itzypicz

Dua tahun setelahnya, Ryujin diumumkan sebagai salah satu anggota girl group baru JYP Entertainment yang akan debut pada 12 Februari 2019. Ryujin bersama ITZY debut dengan merilis single album bertajuk It'z Different yang berisi dua lagu, yaitu "Dalla Dalla" sebagai title track dan "Want It?".

Selama debutnya di ITZY, Ryujin menjadi salah satu anggota yang populer dan menerima banyak cinta. Pembawaan atau aura girl crush-nya membuat hati penggemar meleleh. Kemampuannya pun tak main-main dan memegang banyak posisi di grup, di antaranya posisi sebagai main rapper, lead dancer, sub-vocalist, dan center.

Profil Ryujin, Rapper ITZY yang Multitalenta dengan Aura Girl Crushtwitter.com/itzypicz

ITZY semakin bersinar, mereka menjadi girl group pertama dan satu-satunya yang mendapat julukan "Rookie Gland Slam" karena meraih Rookie of the Year di lima ajang penghargaan musik terbesar Korea.

Comeback "Wannabe" membawa tak hanya nama ITZY tapi juga nama Shin Ryujin semakin dikenal. Ini tak lepas dari gerakan shoulder dance yang dibawakannya dengan powerful berhasil menjadi sorotan dan sangat ikonik hingga banyak di-cover. Ryujin juga terpilih sebagai Artist of the Month Studio Choom untuk November 2021 dan membawakan cover dance lagu "Therefore I am" milik Billie Eilish.

Itulah profil dan karier dari Ryujin, rapper ITZY yang multitalenta dengan aura girl crush-nya. Siapa, nih, penggemar Ryujin?

Baca Juga: Debutnya Langsung Sukses, ITZY Disandingkan dengan TWICE

Baca Juga: Transfromasi Member ITZY, dari Pre-Debut Hingga Kini

Baca Juga: Begini Gaya Lia 'ITZY', Idol Muda yang Trending Karena Kasus Bullying