Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Grup K-Pop yang Disebut Min Hee Jin  Konflik dengan Hybe, Kenapa?

NewJeans hingga BTS, Min Hee Jin menyebut banyak grup K-Pop

Mariana Politton

Perseteruan antara HYBE dan Min Hee Jin, CEO dari label musik ADOR yang berada di bawah naungan HYBE, terus memanas. Perkara ini pertama kali muncul di media pada 22 April 2024 ketika HBYE melalukan audit dan investigasi terhadap ADOR.

Sejak itu, HYBE dan Min Hee Jin saling melemparkan beberapa tuduhan. Namun, salah satu yang paling menarik perhatian adalah nama-nama grup K-pop yang ikut terbawa dalam perseturuan antara HYBE dan Min Hee Jin yang sontak menarik perhatian publik.

Ingin tahu grup K-pop apa saja yang dimaksud? Lalu bagaimana kronologi lengkap mengenai perseteruan antara HYBE dan Min Hee Jin, bukan?

Kronologis perseteruan

koreaboo.com

Pada 21 April 2024, HYBE melakukan audit dan investigasi terhadap ADOR, label musik yang berada di bawah naungannya. Alasannya adalah dugaan tindakan membocorkan dokumen perusahaan untuk menarik investor eksternal dan mengambil alih ADOR dari HYBE yang dilakukan oleh CEO Min Hee Jin dan Wakil CEO ADOR Shin Dong Hon.

Menyikapi dugaan tersebut, HYBE secara tegas meminta Min Hee Jin untuk mengundurkan diri dari posisi CEO. Namun, dalam wawancara bersama Hankyung, Min Hee Jin membela diri dan membalas dengan tuduhan baru kepada HYBE.

Menurut pengakuannya, HYBE telah melakukan tindakan penjiplakan terhadap NewJeans kepada ILLIT, grup baru di bawah nuangan Belift Lab yang debut pada 25 Maret 2024. Min Hee Jin juga menyatakan bahwa HYBE telah dibutakan oleh keinginan meraih keuntungan secara instan.

Sejak itu, perseteruan keduanya terus memanas hingga menyebabkan tuduhan-tuduhan baru, seperti penggunaan dukun oleh Min Hee Jin menurut HYBE, penerapan kontrak budak oleh HYBE berdasarkan pengakuan Min Hee Jin, dan masih banyak lagi.

Dalam tuduhan-tuduhan tersebut, beberapa nama grup musik K-pop ikut terseret oleh pernyataan Min Hee Jin. Mari kita simak penjelasannya lengkapnya di bawah ini.

1. NewJeans

koreajoongangdaily.joins.com

Debut pada 2022, NewJeans telah mencetak banyak prestasi sepanjang kariernya di industri musik K-pop. Hal ini tidak lepas dari perhatian label musik ADOR yang secara langsung menaunginya sehingga tidak heran, nama NewJeans turut disebutkan oleh Min Hee Jin.

Dalam pembelaan dirinya, Min Hee Jin menuduh bahwa HYBE telah melakukan penjiplakan konsep atau konten NewJeans yang sengaja ditujukan kepada ILLIT. Mulai dari gaya rambut, makeup, kostum, koreografi, konsep foto dan video, hingga persona penampilan publik.

2. ILLIT

dok. Acne Studios

Nama grup musik ILLIT mulai muncul ke permukaan industri K-pop sejak debut pada 2023 lalu di bawah naungan Belift Group. Namun, popularitas mereka terseret dalam konflik antara HYBE dan Min Hee Jin ketika Min Hee Jin mengungkapkan tuduhan penjiplakan.

Salah satu yang diungkapkan adalah konsep foto ILLIT untuk album debut, SUPER REAL ME (2023), disebut mirip dengan konsep pada Ditto (2022) milik NewJeans. Keduanya sama-sama memberikan kesan nostalgia dan memiliki karakteristik estetika a la Jepang.

3. TWS

instagram.com/tws_pledis

Berdasarkan laporan Yonhap News, TWS adalah salah satu grup musik yang juga dituduhkan sebagai ‘produk’ penjiplakan terhadap NewJeans oleh Min Hee Jin. Grup musik ini sendiri berada di bawah nuangan Pledis Entertainment yang berkolaborasi dengan HYBE.

Dalam hal ini, ADOR diketahui telah mewawancarai anggota staf agensi yang terlibat dalam debut grup pendatang baru, termasuk TWS, dan memantau opini publik di komunitas daring untuk memperkuat tuduhan mereka bahwa grup-grup ini menjiplak NewJeans.

4. RIIZE

instagram.com/riize_official

Debut dengan title track berjudul Get a Guitar (2023), grup musik RIIZE langsung menarik perhatian para penggemar musik K-pop. Namun, konsep unik dari RIIZE yang menyajikan musik groovy nyatanya menjadi sasaran dari tuduhan penjiplakan oleh Min Hee Jin.

Beberapa hal yang mengindikasikan kemiripan RIIZE dengan NewJeans diakui menjadi perhatian Min Hee Jin. Ia pun berusaha untuk membuktikan tuduhannya. Sementara itu, HYBE mengaku memprioritaskan penyelidikan dari proses audit sejauh ini.

5. FIFTY FIFTY

Koreaboo.com

Dalam perseteruan antara HYBE dan Min Hee Jin, beberapa pendapat publik berkembang. Di antaranya, banyak yang menyamakan kasus ini dengan pertarungan hukum yang terjadi antara FIFTY FIFTY dan ATTRAKT. Min Hee Jin pun meresponinya dengan sebutan, “bodoh.”

Melansir dari koreboo.com, Min Hee Jin mengatakan, “Jika uang adalah tujuan saya, saya tidak akan pernah mengeluh kepada HYBE. Saya pikir HYBE mencoba menjebak saya sebagai seseorang yang mencoba mencuri hak pengelolaan. Namun, situasi FIFTY FIFTY telah menjadi sebuah preseden. Saya tidak akan pernah melakukan hal sebodoh itu.”

6. LE SSERAFIM

Instagram.com/le_sserafim

Debut pada 2022, LE SSERAFIM menarik perhatian para penggemar musik K-pop secara global dan mendapat sambutan meraih. Siapa sangka, momen tersebut justru membuat Min Hee Jin merasa terkhianati karena ia meyakini bahwa NewJeans akan debut lebih dulu.

Dalam sebuah konferensi pers, Min Hee Jin menjelaskan bahwa kabar mengenai keputusan jadwal debut yang mendahului LE SSERAFIM diperolehnya secara tiba-tiba. Ia pun dilarang untuk mempromosikan NewJeans sampai LE SSERAFIM melakukan debut mereka.

7. GFRIEND

dbkpop.com

Tahun 2021 menjadi momen yang menyedihkan bagi grup musik GFRIEND karena harus memutuskan untuk bubar. HYBE dan Min Hee Jin pun mendapat tudingan bahwa keduanya memaksa grup musik GFRIEND untuk membuat keputusan berat tersebut.

Bukan tanpa alasan, tudingan tersebut muncul akibat tuduhan kepada Min Hee Jin yang meninggalkan Source Music dengan biaya trainee sehingga menimbulkan masalah. Namun, Min Hee Jin menyatakan bahwa ia tidak berkaitan dengan pembubaran GFRIEND.

8. BTS

musicmundial.com

Nama grup musik BTS atau Bangtan Sonyeondan berkaitan erat dengan kesuksesan HYBE, yang sebelumnya mengusung nama Big Hit Entertainment. Tidak heran, nama BTS ikut terseret dalam kasus perseturuan antara HYBE dan Min Hee Jin yang semakin memanas.

Berdasarkan laporan Yonhap News, Min Hee Jin menuduh BTS meniru dirinya. Namun, Min Hee Jin langsung memberi klarifikasi bahwa dia tidak pernah membuat tuduhan tersebut. 

Lebih lanjut lagi, HBYE membeberkan bahwa Min Hee Jin pernah melakukan konsultasi dengan seorang dukung. Dalam konsultasinya tersebut, Min Hee Jin turut membicarakan hal-hal berkaitan pendaftaran militer yang dilakukan oleh anggota BTS.

9. aespa

dok. Chopard

Berada di bawah naungan SM Entertainment, grup musik aespa memang tidak ada hubungan secara langsung dengan HYBE maupun Min Hee Jin. Namun, dalam sebuah konferensi pers, Min Hee Jin turut menyeret nama aespa dalam sebuah bukti tuduhannya.

Bukti yang dimaksud adalah beberapa pesan teks antara Min Hee Jin dengan seseorang yang diduga adalah Bang Si Hyuk. Dalam salah satu pesan, Bang Si Hyuk secara konsisten menanyakan kepada Min Hee Jin apakah ia bisa “menghancurkan aespa.”

10. IVE

Twitter.com/globalmyeon

Debut pada 2021 dalam nuangan Starship Entertainment, IVE telah menciptakan karya musik dan performa musik yang menakjubkan. Menariknya, dalam sebuah konferensi pers, Min Hee Jin justru menyebutkan bahwa IVE mampu dikalahkan oleh popularitas NewJeans.

Pernyataan tersebut muncul ketika menjelaskan proses terbentuknya NewJeans, yang mana ia menyatakan bahwa beberapa anggota NewJeans telah meraih popularitas tinggi.

Katanya, “Sakura dan Chaewon sudah memiliki fandom tapi IVE juga sudah melakukannya dengan sangat baik sehingga mereka bisa saling tumpang tindih. Jadi, Bang PD tidak percaya dengan girl grup barunya. Itulah sebabnya, ia tidak memiliki ekspektasi terhadap tim kami. Oleh karena itulah, saya digulingkan. Karena itu, saya menciptakan New Jeans.”

Ternyata, kasus perseteruan antara HYBE dan New Jeans memang benar menyeret nama-nama grup musik di industri K-pop. Sebagai penggemar, kita jangan ikut berseteru dan terpecah belah, tetapi dukung musisi idolamu dengan sikap saling menghargai, oke?

IDN Media Channels

Latest from Working Life