Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Our Hero! 10 Artis Korea Lakukan Aksi Penyelamatan untuk Orang Lain

Bisa menjadi inspirasimu untuk lebih peduli, nih!

Ajenk Rama

Artis Korea tidak hanya bergelimang harta dan visual yang rupawan, tetapi mereka juga berhati mulia dengan melakukan aksi heroik untuk orang lain. Aksi heroik tersebut menuai pujian, sekaligus memotivasi publik agar lebih peka dan peduli terhadap sesama.

Beberapa artis Korea memutuskan untuk membantu atau menyelamatkan orang lain dari bahaya. Berkat aksi heroiknya itu, salah satu di antara mereka menerima tawaran akting di salah satu drama.

Lantas, siapa saja artis Korea yang melakukan aksi heroik untuk orang lain? Yuk, cari tahu daftarnya di bawah ini. 

1. Jang Dong Yoon

Pinterest.com

Aktor yang melejit lewat karakter Jeon Nok Du di Tale of Nokdu (2019), ternyata memiliki kisah menarik di dunia hiburan Korea Selatan. Laki-laki kelahiran 1992 ini mengawali karier akting setelah dirinya melakukan aksi heroik untuk orang lain.

Kala itu, ia berhasil menggagalkan aksi pencurian yang terjadi di Distrik Gwanak, Seoul pada 2015 silam dengan tangan kosong. Padahal, sang pencuri membawa senjata tajam dan Jang Dong Yoon masih berstatus mahasiswa di Universitas Hanyang.

Berkat aksi heroiknya, ia menerima pujian dari Badan Kepolisian Metropolitan Seoul dan diwawancarai oleh salah satu program televisi SBS News. Hal tersebut membuka jalan Jang Dong Yoon untuk berakting di tahun 2016.

2. Kim Min Seok

Hancinema.net

Sekitar Juli 2020 lalu, Kim Min Seok dan temannya, Son Min Ho tengah menikmati liburan terakhir dari militer. Mereka mengunjungi sebuah kafe di daerah Apgujeong, Korea Selatan. Namun, liburan tersebut berubah menjadi misi penyelamatan, karena keduanya mendapati seorang laki-laki merekam kaki seorang perempuan secara ilegal.

Melihat tindakan tak senonoh itu, mereka memanggil polisi dan menangkap sang laki-laki itu agar tidak melarikan diri. Saat tiba di tempat, polisi menemukan barang bukti berupa beberapa foto perempuan yang diambil oleh pelaku.

Tak hanya itu, Kim Min Seok pernah ikut berpartisipasi dalam kampanye untuk mengakhiri eksploitasi seksual digital bersama D.O dan Xiumin 'EXO'.

3. Song Joong Ki

Hancinema.net

Sang pemeran utama Reborn Rich, Song Joong Ki pernah menolong penggemarnya pada 2016 silam. Kala itu, sejumlah penggemar fokus dengan kemunculan aktor tampan itu, hingga enggan melewatkan kesempatan untuk merekam.

Akibat kerumunan tersebut, salah seorang penggemar hampir terjatuh dan Song Joong Ki dengan sigap menolong dengan menggenggam tangan penggemarnya. Tindakan mulia itu menyentuh hati publik dan menuai pujian.

4. Lee Kwang Soo

Hancinema.net

Tak hanya Song Joong Ki yang berhati baik, namun sahabat, Lee Kwang Soo juga memiliki perasaan serupa terhadap sesama. Ia pernah menjadi saksi untuk sebuah kasus di tahun 2009 silam.

Di tahun tersebut, pasangan lansia baru saja diserang oleh pelanggan mereka yang mabuk dan Lee Kwang Soo memutuskan untuk meluangkan waktu sebagai saksi atas kejadian tersebut. Ia tidak berhenti memberikan waktu dan tenaganya agar kasus tersebut bisa selesai.

5. Lee Yi Kyung

Hancinema.net

Berdasarkan laporan eksklusif dari salah satu media Korea pada Maret 2020, sang bintang drama Korea, Royal Secret Agent juga melakukan aksi heroik untuk menyelamatkan nyawa orang lain.

Saat mengendarai mobil di Jembatan Hannam, Lee Yi Kyung melihat seseorang hendak melemparkan dirinya ke arah sebuah truk yang melintas. Aksi percobaan bunuh diri gagal karena sopir truk langsung berhenti.

Namun, orang tersebut tidak ingin menyingkir dari jalanan. Lee Yi Kyung dan sang sopir bergegas untuk membawa orang tersebut menjauh. Diketahui, orang itu dalam kondisi mabuk.

Orang titu keras kepala dan ingin melompat ke sungai, tetapi sang aktor berusaha mencegahnya. Menurut saksi mata, Lee Yi Kyung juga sempat memberikan mantelnya dan tetap memegang erat tangan orang tersebut untuk memastikan ia baik-baik saja.

6. Lee Ji Han

Hancinema.net

Tragedi Halloween di Itaewon menyisakan luka mendalam bagi warga Korea Selatan, tidak hanya menimbulkan kerusakan, tetapi juga ratusan nyawa melayang. Salah satunya, aktor Lee Ji Han.

Lee Ji Han adalah salah satu korban dari tragedi naas tersebut. Saksi mata mengungkap bahwa sang aktor tengah membantu seorang gadis kecil di tempat kejadian. Ia baru saja pulang dari lokasi syuting dan rumahnya berada tidak jauh dari Itaewon.

Dalam perjalanan pulang, Lee Ji Han melihat gadis kecil itu terjebak di antara kerumunan dan ia segera untuk menyelamatkannya. Namun, penyelamatan tersebut berakhir tragis karena kehilangan nyawanya sendiri.

Sang gadis mengucapkan rasa terima kasih dan belasungkawa yang mendalam kepada keluarga sang aktor.

7. Jang Dong Joo

Hancinema.net

Pemeran Class of Lies, Jang Dong Joo menjadi saksi mata dalam kejadian tabrak lari di salah satu distrik Korea Selatan. Ia mengejar pelaku untuk bertanggung jawab, tetapi sang pelaku malah menyerahkan kartu nama dan menanyakan nominal uang damai.

Pelaku juga meminta Jang Dong Joo agar tidak ikut campur. Sang aktor tidak peduli dan menunggu hingga polisi tiba. Kendati nama pelaku tidak disebarluaskan, tetapi diketahui ia adalah seorang COO agensi hiburan dan berkendara dalam kondisi mabuk.

Aksi ini diceritakan langsung oleh Jang Dong Joo melalui unggahan di Instagram pada 14 Agustus 2021, beserta video dari kamera dasbornya ketika dirinya melakukan pengejaran pelaku tabrak lari. Walau video tersebut telah dihapus, nama Jang Dong Joo tetap harum karena keberaniannya menyelamatkan orang lain.

8. Kim Hyun Joong

Hancinema.net

Meski diterpa berbagai kontroversi, salah satu dari pemeran drama Korea, Boys Before Flowers ini tetap berkepribadian baik kepada orang lain. Tepatnya pada Agustus 2020, Kim Hyun Joong terekam kamera CCTV tengah menyelamatkan seorang koki di restoran.

Kala itu, koki tersebut mendadak pingsan dan sang aktor menyangga kepala sang koki, sambil melepaskan kancing bajunya agar koki itu bisa bernapas dengan mudah. Ia juga meminta bantuan kepada staf lain untuk memanggil paramedis.

Seraya menunggu paramedis tiba, Kim Hyun Joong memijat dada dan perut sang koki. Tak lupa, ia mengajak koki tersebut berbicara agar kesadarannya cepat pulih. Kim Hyun Joong bergegas membantu sang koki ke ambulans setelah paramedis tiba.

Aksi hpeyelamatan Kim Hyun Joong tersebar luas usai pemilik restoran mengungkapkan kebaikan sang aktor ke sejumlah media.

9. Song Jae Rim

Hancinema.net

Aktor yang menjadi langganan second lead di beberapa drama Korea ini juga mengulurkan bantuan kepada para siswa yang akan melaksanakan ujian masuk perguruan tinggi atau dikenal dengan CSAT (College Scholastic Ability Test).

Hal tersebut ketahuan ketika Song Jae Rim mengunggah sebuah foto di akun Instagram pada 15 November 2018. Meski unggahannya telah dihapus, kebaikan hatinya kepada orang lain tetap terkenang.

Dalam unggahan yang berhasil diabadikan oleh penggemar, Song Jae Rim mengenakan masker dan duduk di atas sepeda motor dengan caption berisi kalimat penyemangat bagi para siswa yang menempuh ujian.

Bahkan, ia juga memberikan tumpangan kepada para siswa yang hampir terlambat atau yang berjalan ke tempat ujian agar mereka sampai tepat waktu.

10. Lim Young Woong

Hancinema.net

Penyanyi trot yang terkenal sering menyabet berbagai piala bergengsi, Lim Young Woong ternyata juga memberikan bantuan kepada sesama. Ia pernah menyelamatkan seorang pengemudi mobil yang tidak sadarkan diri.

Kejadian tersebut masih baru, yakni pertengahan Januari lalu. Lim Young Woong melihat seorang pengemudi yang mengalami kecelakaan lalu lintas di sekitar Jembatan Banpo, Seoul, Korea Selatan.

Ia mengeluarkan pengemudi tersebut dari mobil sambil menunggu paramedis tiba. Lim Young Woong juga membaringkan dan menutupi pengemudi itu dengan selimut. Setelah itu, tindakan dilanjutkan dengan pemberian CPR agar kesadarannya kembali.

Kebaikan Lim Young Woong diketahui setelah Pemadam Kebakaran Seocho memeriksa nama dan informasi kontak dari orang yang melakukan tindakan pertolongan pertama.

Keren banget aksi heroik dari sejumlah artis Korea ini, ya. Yuk, lanjutkan tindakan baik ini kepada sesama di sekitarmu, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration