Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

18 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik, Dijamin Bikin Mental Menciut!

Berani untuk menontonnya sendirian?

Ajenk Rama

Setiap tahun, industri film selalu memiliki kisah yang beragam untuk disuguhkan. Mulai dari komedi, romansa, hingga thriller psikopat. Tidak hanya memacu adrenalin penonton, kisah pembunuhan oleh sosok berdarah dingin juga bisa membuat mental menciut.

Film bertema psikopat banyak menampilkan adegan berdarah, pembunuhan yang keji, dan jumpscare di waktu tidak terduga. Pantas rasanya jika film ini masih digemari oleh banyak penonton karena menawarkan sensasi menegangkan, apalagi ditonton beramai-ramai.

Buat kamu yang mencari rekomendasi film psikopat terbaik, Popbela telah merangkum dari berbagai sumbernya di bawah ini.

1. Orphan (2009)

Diawali oleh sosok perempuan bernama Esther, Orphan menjadi salah satu film psikopat terbaik di eranya. Film pertama rilis pada September 2022, yang berkisah tentang seorang anak yatim piatu yang diadopsi oleh sepasang suami istri.

Namun malang, mereka tidak menyadari ada bahaya yang mengenai terkait rahasia kelam dalam diri Esther (Isabelle Fuhrman). Serangkaian peristiwa mengerikan terjadi usai Esther berada di rumah dan memunculkan kecurigaan Kate (Vera Farmiga).

Meski Orphan merupakan film lawas, tetapi aksi tak terduga yang dilakukan oleh seorang 'anak kecil' bernama Esther sanggup membuat jantungmu berdegup kencang. 

2. Friday The 13th (2009)

Film yang disutradarai oleh Marcus Nispel pantang untuk dilewatkan, pasalnya Friday The 13th menjadi tontonan dengan aksi psikopat paling sadis. Berkisah tentang sekelompok remaja yang melakukan kegiatan berkemah di Camp Crystall.

Mereka berniat untuk mencari kesenangan di area danau, namun beberapa di antaranya terpisah dari rombongan. Kondisi semakin mencekam saat seorang pembunuh berdarah dingin dengan topeng dan parang di tangan mengejar mereka satu per satu.

Menariknya, psikopat tersebut merupakan sosok orang terdekat yang mempunyai niatan untuk balas dendam atas kematian sang ibu. Penasaran? Kamu wajib nonton film psikopat satu ini.

3. I Saw The Devil (2010)

Dibintangi oleh Lee Byung Hun, film psikopat asal Korea ini menyuguhkan sensasi tegang yang berbeda dan alur kisah sulit ditebak. Hal inilah membuat I Saw The Devil menjadi film psikopat terbaik di masanya.

Film garapan Kim Jee Won ini menceritakan seorang laki-laki, Soo Hyeon yang bekerja di sebuah badan Intelijen Nasional Korea Selatan. Naasnya, ia tidak mampu melindungi sang istri dari kekejian Kyung Chul, sosok psikopat (Choi Min Sik).

Sang istri dibunuh secara brutal dan terdapat adegan yang bisa membuat kamu mual saat menontonnya. Meninggalnya sang istri membuat Soo Hyeon putus asa dan berniat untuk melancarkan aksi balas dendam. Akankah aksi tersebut berjalan lancar?

4. Shutter Island (2010)

Menggandeng Leornado DiCaprio, film besutan Martin Scorsese menawarkan plot twist yang sangat menarik. Berkisah seorang detektif tampan bernama Edward Daniels yang mendapat tugas ke sebuah pulau misterius.

Di pulau tersebut, ia harus memecahkan teka-teki untuk bisa kembali pulang. Pulau itu merupakan tempat penampungan bagi orang-orang dengan gangguan kejiwaan. Satu per satu, misteri terungkap.

Akhir kisah Shutter Island sukses membuat penonton tercengang, karena ada adegan saat sang detektif dibuat kebingungan oleh ingatan dan kesadarannya sendiri. Apa misteri yang ada di pulau tersebut? Alami sendiri kisah Edward Daniels di film ini.

5. Split (2016)

Selain menampilkan adegan penuh darah, sang sutradara juga mengombinasikan genre psikopat dengan psikologi. Hal ini membuat film Split sangat menarik untuk ditonton karena bercerita tentang tiga orang remaja perempuan.

Penculik tersebut diperankan oleh James McAvoy bernama Kevin Wendell. Ia bukan sosok penculik biasa, melainkan penculik dengan banyak kepribadian. Ketiga remaja itu bernama Casey, Claire, dan Marcia yang disekap secara misterius.

Mereka semua dikurung dalam ruang bawah tanah dan sulit untuk melarikan diri. Film ini terinspirasi dari kisah nyata seorang laki-laki dengan 23 kepribadian dan pernah terbitkan dalam buku berjudul The Minds of Billy Milligan.

6. Jigsaw (2017)

Menjadi bagian dari sekuel waralaba film Saw, Jigsaw yang dibintangi oleh sejumlah artis ternama Hollywood mengambil latar cerita tentang pembunuh psikopat yang seolah hidup kembali pasca kisahnya dimatikan di serial Saw ke-7.

Tidak jauh berbeda dari prekuel sebelumnya, film Jigsaw masih mengangkat kisah tentang serangkaian pembunuhan keji dengan jebakan mengerikan dan mematikan. Sang penegak hukum berusaha mengejar copycat (peniru), John Kramer yang seharusnya meninggal 10 tahun lalu.

Siapa sosok Jigsaw baru ini dan apa motif terselubungnya? Cari tahu jawabannya di film mencekam satu ini.

7. Memories of a Murderer (2017)

Diadaptasi dari buku fiksi karangan Kim Young Ha, Memoir of a Murderer digarap apik oleh Won Shin Hyun dengan menggaet Kim Nam Gil, Sol Kyung Gu, Seolhyun, hingga Kim Hye Yoon.

Premis utama dari film ini adalah sosok Kim Byeong Soo (Sol Kyung Gu), mantan psikopat yang mencoba hidup normal bersama sang putri. Seiring berjalan waktu, putrinya beranjak dewasa dan memiliki seorang kekasih. Sebagai mantan pembunuh, Byeng Soo mencium hal yang tidak beres dari kekasih sang putri. Namun, penyakit Alzheimer menggerogoti ingatannya secara perlahan. Ia melakukan berbagai cara untuk melindungi putrinya.  

Apa cara yang dilakukan Byeong Soo untuk menyingkirkan Tae Joo (Kim Nam Gil)? Kamu perlu menonton filmnya segera.

8. V.I.P (2017)

Satu lagi, film psikopat terbaik asal Negeri Ginseng berjudul V.I.P yang mengisahkan sosok pembunuh berdarah dingin, namun menerima perlindungan dari CIA karena anak seorang Jenderal Korea Utara.

Ironinya setelah mendapat perlakuan khusus, tindakan berbahaya Kim Gwang Il (Lee Jong Suk) semakin tidak terkendali. Hal tersebut menimbulkan kepanikan dari berbagai pihak dan harus melibatkan kepolisian Korea Selatan.

V.I.P digarap oleh sutradara Park Hoon Jung dan dibintangi oleh Lee Jong Suk, Park Hee Soon, Kim Myung Min, hingga Jang Dong Gun. Meski telah rilis sekitar 5 tahun silam, tetapi akting Lee Jong Suk sebagai karakter antagonis sukses membuat penonton bergidik.

9. Halloween (2018)

Sekuel dari film psikopat terdahulu, Halloween menawarkan kisah lebih menyeramkan dari sosok Michael Myers (James Jude Courtney). Ia adalah seorang psikopat dengan ciri khas memakai topeng kulit manusia.

Di film ini, David Gordon Green (sang sutradara) memfokuskan kisah pada tokoh utama, Laurie Strode (Jamie Lee Curtis) yang menjadi salah satu korban dari Michael Myers pada 40 tahun silam.

Meski menjadi korban kekejaman Michael, sebuah keajaiban berpihak pada Laurie Strode. Akankah psikopat tersebut mengincar nyawa Laurie lagi? Cari tahu aksi keji dan korban selanjutnya di Halloween.

10. The Call (2020)

Apa jadinya jika sebuah telepon menghubungkan dirimu dengan dimensi yang berbeda, namun kondisinya membuat kamu ketakutan? Hal ini dialami oleh Seo Yeon (Park Shin Hye) yang terkoneksi dengan Young Sook (Jeon Jong Soo) di film psikopat, The Call.

Young Sook digambarkan sebagai seorang perempuan yang hidup di masa 20 tahun lalu dan mereka memutuskan untuk bekerja sama. Berkat info dari Seo Yeon di masa depan, Young Sook berupaya mencegah hal buruk terjadi.

Hanya saja, hidup Seo Yeon berubah menjadi lebih baik. Berbeda dengan Young Sook yang tetap menderita dalam kondisi berbeda. Kemarahan dan kekecewaan menggiring Young Sook ke sisi tergelapnya.

11. The Invisible Man (2020)

Masih di tahun yang sama, film yang mendapuk Elisabeth Moss sebagai bintang utama berkisah tentang karakter Cecilia. Ia berusaha kabur dari cengkraman sang pacar yang psikopat dan senang menyiksa dirinya.

Kendati berhasil kabur, hidup Cecilia tidak tentram dan pacarnya masih menghantuinya. Pacarnya juga memalsukan kematiannya sendiri demi memburu sang kekasih dalam kondisi tak kasat mata.

The Invisible Man menjadi film psikopat terbaik yang banyak sekali jumpscare dan mampu membuat penonton was-was. Kamu bakal merinding ketakutan dan sesekali melihat ke sudut kosong di ruangan saat menonton film ini. Hati-hati, ya!

12. The Occupant (2021)

Kondisi ekonomi yang sulit mampu membuat seseorang berubah menjadi 'monster' yang mengerikan. Kejadian tersebut terjadi pada Javier Munoz, seorang eksekutif yang jatuh miskin dan memberikan dampak luar biasa bagi mentalnya.

Film psikopat produksi Spanyol ini memperlihatkan sisi lain dari Javier yang mengancam kehidupan homas dan keluarganya. Javier kehilangan rumah mewahnya pasca Thomas mengambil alih. Namun, ia tidak kehilangan akal. Javier yang masih memiliki kunci rumah tersebut mulai mendekati Thomas dengan cara menguntit hingga melancarkan serangan tak terduga.

13. Midnight (2021)

Berparas tampan tidak menjamin seseorang berkepribadian baik. Pasalnya Do Shik (Wi Ha Joon) merupakan sosok psikopat yang siap membunuh saksi mata apabila aksi kejamnya terlihat.

Miris bagi Kyung Mi (Jin Ki Joo) yang melihat aksi pembunuhan Do Shik hari itu. Ia adalah seorang perempuan tuna rungu dan tidak menyangka harus bermain petak umpet dengan Do Shik demi menyelamatkan nyawanya.

Tak hanya ingin menghabisi nyawa Kyung Mi, tetapi Do Shik turut memberikan tekanan mental. Malam menjadi hari paling mencekam baginya. Mungkinkah Kyung Mi lolos dari jeratan Do Shik?

14. Orphan: First Kill (2022)

Usai 13 tahun menunggu kelanjutan film Orphan, sekuel dari film psikopat ini telah dirilis pada Agustus dengan meraup keuntungan sebesar US$44 juta atau sekitar Rp686 miliar dari penayangan di bioskop di seluruh dunia.

Sama seperti film pendahulunya, bintang utama dari Orphan: First Kill juga dibintangi oleh aktris yang sama, yakni Isabelle Fuhrman. Kali ini, kisahnya mengenai seorang perempuan yang kabur dari rumah sakit jiwa di Estonia ke Amerika.

Perempuan tersebut diketahui sebagai Leena Klammer atau Esther. Ia menyamar sebagai anak perempuan dari keluarga terpandang yang telah lama hilang. Leena diadopsi oleh sebuah keluarga, tetapi kemalangan demi kemalangan menimpa keluarga itu.

15. Fresh (2022)

Bayangkan jika seorang laki-laki yang kamu cintai, ternyata menyimpan begitu banyak rahasia mengerikan dan menyangkut nyawa manusia? Pengalaman tak biasa ini dirasakan oleh karakter Noa (Daisy Edgar-Jones). Noa digambarkan sebagai sosok perempuan muda asal Polandia yang belum menemukan tambatan hati. Suatu hari, panah cupid mengarah kepadanya. Ia bertemu dengan laki-laki tampan di pusat perbelanjaan bernama Steve (Sebastian Stan).

Steve berhasil membuat Noa jatuh hati dan berkencan. Setelah beberapa kali kencan, ia dan Steve melakukan perjalanan bersama. Miris, perjalanan tersebut berubah menjadi malapetaka bagi Noa. Steve mulai menampakkan sifat aslinya.

Fresh, film psikopat besutan Mimi Cave ini akan membawa penonton ke adegan yang bikin kamu menutup mulut karena menegangkan dan ketakutan.

16. Scream 5 (2022)

Usai sukses merilis beberapa bagian, tim produksi kembali menggarap film psikopat yang memakai topeng Ghostface di awal Januari 2022 berjudul Scream 5. Film ini mengangkat kisah 25 tahun setelah serangkaian pembunuhan keji di kota Woodsboro.

Kali ini, Sam Carpenter (Melissa Barrera) kembali ke Woodsboro pasca Tara Carpenter (Jenna Ortega) diserang oleh pembunuh baru yang menggunakan topeng Ghostface). Ia mengajak Dewey Riley untuk bekerja sama menangkap psikopat tersebut, yang mulai meneror Sidney (Neve Campbell) dan Gale (Courteney Cox Arquette).

17. Texas Chainsaw Massacre (2022)

Texas Chainsaw Massacre adalah film psikopat yang disutradarai oleh David Blue Gracia, dengan kisah mengerikan tentang pembunuhan berantai. Sebenarnya, film ini merupakan remake dari film terdahulu.

Fokus utamanya masih mengenai sosok Leatherface, sang psikopat yang sudah cukup lama bersembunyi dari keramaian. Namun, memutuskan kembali untuk meneror orang di sebuah kota.

18. Halloween Ends (2022)

Masih digarap oleh sutradara yang sama, Halloween Ends menceritakan sosok Michael Myers, laki-laki bertopeng yang mengintai daerah Haddonfield sejak 1978. Pasca 40 tahun berlalu, Michael kembali muncul untuk membunuh orang-orang di kota kelahirannya.

Kali ini, pembantaian Michael Myers sangat sadis. Ia mengincar nyawa Hawkins dan mulai merencanakan pembunuhan di malam Halloween. Sebelum itu, Laurie sempat menjebak Michael dengan cara mengurung di dalam rumah. Namun aksi pelenyapan tersebut gagal.

Itulah rekomendasi film psikopat terbaik yang bisa kamu tonton di akhir tahun ini. Siapkan nyalimu, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration