Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Drama Korea Rating Tinggi 2022, 'Reborn Rich' Masih Mendominasi

Plot dan para pemainnya jempolan, nih!

Ajenk Rama

Setiap tahun, drama Korea selalu menyuguhkan alur kisah yang beragam dengan pemain berkualitas. Hal ini membuat penonton merasa dimanjakan dengan beragam rekomendasi tontonan.

Tahun 2022, rekomendasi drama Korea tidak kalah menarik. Beberapa di antaranya telah memberikan kesan mendalam di hati penonton. Tak salah jika rating yang diperoleh pun sangat tinggi. 

Lantas, ada apa saja? Popbela telah merangkum berbagai drama Korea rating tinggi di tahun 2022. Berikut daftar lengkapnya di bawah ini.

1. Reborn Rich

Masuk dalam drama on-going, Reborn Rich telah menyita perhatian penonton sejak tayang perdana pada 18 November lalu. Drama Korea yang memasangkan Song Joong Ki dan Shin Hyun Been berkisah tentang aksi balas dendam Yoon Hyun Woo ke Grup Sunyang.

Berdasarkan Nielsen Korea, drama tersebut mencatat perolehan rating yang tinggi. Pada episode terbarunya, rating Reborn Rich sebesar 21%. Selain itu, drama ini mengukuhkan posisinya sebagai drama Korea paling banyak ditonton tahun 2022. 

2. Three Bold Siblings

Mempertemukan Lee Ha Na dan Lim Ju Hwan, drama garapan Park Man-Young menjadi salah satu tontonan yang diminati. Three Bold Siblings bergenre slice of life yang berkisah tentang dua teman lama, Kim Tae Joo dan Lee Sang Joon.

Keduanya sempat berpisah, namun dipertemukan kembali oleh sebuah kejadian. Mereka bertemu dalam kondisi berbeda. Saat ini, Lee telah menjadi seorang aktor terkenal, tetapi Kim masih harus berjuang untuk dirinya dan keluarga.

Kisah yang relate dengan kehidupan sehari-hari ini membuat penonton betah menyaksikan drama ini. Three Bold Siblings mendapatkan rating cukup tinggi sebesar 22.5% di episode ke-22.

3. Under the Queen's Umbrella

Baru tamat beberapa hari lalu, drama kolosal yang diperankan oleh Kim Hye Soo mencetak rekor rating tertinggi sebesar 16.9% di episode terakhir. Angka tersebut melesat agak jauh dari rekor sebelumnya, yakni 13.3%.

Under the Queen's Umbrella menempati posisi kedua di daftar drama Korea paling banyak dibicarakan hingga minggu terakhir bulan November. Bahkan, nama Moon Sang Min dan Kim Hye Soo masuk dalam daftar aktor dan aktris yang paling banyak dicari.

Alur cerita dari drama ini menyoroti kisah kerajaan dengan sentuhan nilai kekeluargaan yang kental. Konflik dan akting para pemain menuai pujian warganet, mereka menilai jika tim produksi sukses mengemas Under the Queen's Umbrella dengan sangat baik.

4. Young Lady and Gentleman

Tayang perdana sejak 25 September, drama bertema keluarga-romantis ini menceritakan kisah Lee Yong Gook (Ji Hyun Woo), sosok laki-laki muda yang baru kehilangan dan belum mampu menerima kepergian sang istri.

Namun di sisi lain, ia memiliki tiga orang anak yang perlu dirawat. Demi sang buah hati, Yong Gook mempekerjakan seorang tutor cantik bernama Park Dan Dan (Lee Se Hee). Seiring berjalannya waktu, hubungan kedua berkembang dan mulai jatuh hati satu sama lain.

Berdasarkan Nielsen Korea, Young Lady and Gentleman sukses menembus rating nasional sebesar 38.2% di episode ke-48 dan menempati posisi teratas di seluruh saluran televisi Korea Selatan. 

5. Military Prosecutor Doberman

Mendapuk dua artis kenamaan Korea, drama bertema dunia militer ini mengungkap kisah seorang jaksa militer, Do Bae Man (Ahn Bo Hyun). Ia adalah sosok jaksa yang haus harta dan kesuksesan.

Di sisi lain, muncul seorang jaksa muda bernama Cha Woo In (Jo Bo Ah), yang berasal dari keluarga konglomerat. Berbeda latar belakang dan tujuan, mereka mulai bekerja sama untuk menyingkap kejahatan di dunia militer.

Berdasarkan data Nielsen Korea, kisah Military Prosecutor Doberman mencetak perolehan rating tinggi sebesar 10.1% di episode terakhir.

6. Little Women

Drama Korea, Little Women telah berakhir sejak 9 Oktober lalu dengan mencetak rekor di episode terakhir. Menurut Nielsen Korea, drama yang memasangkan Kim Go Eun dan Wi Ha Joon ini mengalami peningkatan rating cukup tinggi dari 7.7% ke 11.1%.

Lonjakan rating tersebut membuat Little Women masuk dalam daftar drama Korea paling banyak ditonton di seluruh saluran televisi kabel kala itu. Drama yang diadaptasi dari novel asal Inggris ini berkisah tentang tiga perempuan, kakak-beradik yang memiliki hidup serba kekurangan.

Oh In Joo (Kim Go Eun) digambarkan sebagai sosok kakak tertua yang realistis. Lalu, ada Oh In Kyung (Nam Ji Hyun) merupakan kakak kedua yang memiliki sifat idealis, dan sang bungsu bernama Oh In Hye (Park Ji Hoo), yang dianggap sebagai beban keluarga.

7. One Dollar Lawyer

Menyoroti kisah pengacara nyentrik bernama Cheon Ji Hoon (Nam Goong Min), One Dollar Lawyer mencetak hit dengan rating sebesar 14.6% dan menempati posisi teratas drama Korea paling banyak ditonton.

Tak hanya dramanya, tetapi para pemeran juga masuk dalam daftar mingguan Good Data Corporation. Meski mengusung tema hukum, namun drama ini sangat ringan ditonton dan banyak memasukkan unsur komedi. 

Karakter Cheon Ji Hoon memiliki daya pikat tersendiri. Ia tidak ragu meninggalkan profesi jaksa dan beralih menjadi pengacara yang dibayar 1 dolar alias Rp11 ribu sebagai biaya konsultasi hukum kepada kliennya.

8. Gold Mask

Menggaet Cha Ye Ryun sebagai karakter utama perempuan, Gold Mask merupakan drama Korea terpanjang dengan 100 episode. Drama yang mengusung genre keluarga dan aksi balas dendam sukses menarik perhatian penonton. 

Layaknya drama makjang yang penuh intrik dan menguras emosi, Gold Mask mencatat rating perdana sebesar 11.5% dan rating tertingginya menyentuh angka 17.8% di episode ke-76. Berdasarkan Nielsen Korea, rating rata-rata nasional mencapai 15.20%

Premis utama dari drama ini adalah perseteruan yang terjadi antara tiga orang perempuan dari keluarga konglomerat. Keserakahan menjadi poin utama dari Gold Mask.

9. Alchemy of Souls 2

Mengikuti kesuksesan seri sebelumnya, Alchemy of Souls 2 membuka episode perdana di rating 6.7%. Drama bergenre romansa dengan latar negara fiksi bernama Daeho bercerita tentang karakter seseorang, yang mengalami perubahan takdir karena ada pertukaran jiwa melalui sihir.

Sementara di musim kedua, Alchemy of Souls berfokus pada kisah keseluruhan masa lalu Nak Su sebelum bertemu dengan Mu Deok dan melakukan pemindahan jiwa. Di musim ini pula, sosok Jung So Min digantikan oleh Go Yoon Jung.

10. Weak Hero Class 1

Melambungkan nama Park Ji Hoon, Weak Hero Class 1 menjadi salah satu drama Korea berepisode singkat yang memiliki rating tinggi. Berdasarkan MyDramaList, Weak Hero Class 1 memperoleh ulasan sebesar 9.1 dari 10 bintang.

Drama populer ini dibintangi ole Park Ji Hoon eks 'Wanna One' dan Choi Hyun Wook yang mengangkat tema perundungan di sekolah. Yeon Shi Eun (Park Ji Hoon) merupakan siswa jenius, namun sering menerima perundungan dari teman-temannya.

Ia berusaha sabar dengan aksi tak patut itu, tetapi para pelaku tidak jera dan mengulangi perbuatannya. Sampai di satu titik, kesabaran Shi Eun habis dan memutuskan melawan para perisak. Cara yang ditempuh di luar dugaan, karena menggunakan ilmu sains.

11. Through the Darkness

Drama Korea garapan Park Bo Ram mendominasi perolehan rating tinggi sejak tayang 4 Maret lalu. Menurut Nielsen Korea, drama bergenre thriller meraih rating sebesar 8.3% di episode ke-9 dan menyentuh rating rata-rata sebesar 7.3% di episode terakhir.

Rating tersebut juga melambungkan posisi drama ke puncak daftar rating di seluruh kanal televisi, sekaligus tertinggi selama penayangan. Through the Darkness menceritakan Song Ha Young (Kim Na Gil), seorang detektif yang menjadi profiler kriminal di Korea Selatan.

Ha Young menggabungkan pola perilaku manusia saat memecahkan kasus pembunuhan berantai yang dilakukan oleh Red Hat. Dapat dikatakan, kejahatan Red Hat sangar rumit dan sulit ditebak.

12. Show Window: Queen's House

Drama bertema perselingkuhan yang dibintangi oleh Jeon So Min, Hwang Chansung, dan Song Yoon Ah ini berhasil mengakhiri episode dengan rating tinggi dalam sejarah stasiun televisi, Channel A.

Berdasarkan data Nielsen Korea, drama ini mencatat rata-rata rating sebesar 8.5 persen di episode ke-15. Rating tersebut melonjak di episode terakhir menjadi 10.3% dan memecahkan rekor rating tertinggi selama tiga episode berturut-turut.

Show Window: Queen's House berkisah tentang kehidupan rumah tangga konglomerat yang berantakan karena perselingkuhan sang suami. Si selingkuhan berupaya agar sang pria tetap bersamanya. Sementara, istri sahnya berusaha untuk mempertahankan bahtera rumah tangga.

13. Big Mouth

Resmi tamat pada 17 September lalu dengan akhir menggantung, drama yang menggaet Lee Jong Suk dan Yoona 'SNSD' sebagai pasutri ini sukses menebus rating tinggi, yakni 13.7% di episode terakhir.

Bergenre kriminal-noir, Big Mouth selalu menjadi bahan pembicaraan di media maya saat episode terbarunya tayang. Drama ini yang membuat penggemar bersatu memecahkan teori terkait sosok Big Mouse.

Kisahnya sendiri berfokus pada sosok pengacara bernama Park Chang Ho (Lee Jong Suk) yang terjebak dalam kasus Big Mouse. Ia harus mendekam di penjara atas kesalahan yang tidak diperbuat dan mengaku sebagai Big Mouse.

14. Curtain Call

Menggantikan slot tayang Law Cafe, Curtain Call menjadi salah satu drama Korea rating tinggi di 2022 ini. Drama tersebut mempertemukan aktor dan aktris berbakat, Kang Ha Neul dan Ha Ji Won. 

Drama yang tayang setiap Senin dan Selasa menceritakan seorang pengusaha perhotelan di Korea Utara dan tidak memiliki banyak waktu untuk hidup. Kang Ha Neul memerankan karakter Yoo Jae Heon, aktor teater tak terkenal yang berusaha untuk mengubah hidup.

Sementara, Ha Ji Won berlakon sebagai Park Se Yeon, pemilik hotel Nakwon dan muncul perasaan halus di antara mereka. Curtain Call mendapat rating sebesar 5.4 persen dan cukup konsisten dengan peningkatan rating setiap episodenya.

15. The First Responders

Terakhir, ada drama Korea terbaru yang menampilkan akting berkualitas dari Kim Rae Won, Son Ho Jun, dan Gong Seung Yeon. Ketiganya bekerja sama untuk menyelamatkan kota, masing-masing dari mereka berprofesi sebagai tim paramedis, detektif, dan pemadam kebakaran.

Saat episode perdana, The First Responders mencetak rating sekitar 7.6% dan melesat di angka 8.2%. Dikisahkan Jin Ho Gae (Kim Rae Won), sosok detektif yang memecahkan kasus dengan cerdas dan mempunyai kemampuan membaca pikiran.

Lalu, ada petugas pemadam kebakaran bernama Bong Do Jin (Son Ho Jun) yang tak kenal takut. Dari luar tampak dingin, namun hatinya sangat hangat kepada orang-orang sekitar. Bergabung dengan keduanya, sosok Song Seol (Gong Seung Yoon) menjadi pelengkap. Ia adalah paramedis empatik yang mampu menyembuhkan dan merawat para korban.

Itulah deretan drama Korea rating tinggi 2022 yang layak untuk dinikmati. Mana yang telah kamu tonton, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration