Menonton drama Korea tak hanya menjadi sarana hiburan murah-meriah, namun juga bisa media untuk meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Di luar visual para pemainnya, alur kisah yang disuguhkan pun sangat beragam.

Hal ini yang memicu penikmat drama ketagihan untuk menonton. Apalagi, berhubungan dengan teori-teori yang bertebaran di media sosial, sulit untuk tidak menantikan episode terbarunya. 

Dari sekian banyaknya drama yang tayang, Popbela berhasil merangkum beberapa drama Korea terbaik sepanjang masa. Apa saja? Cek rekomendasinya di bawah ini.

1. Full House (2004)

https://www.youtube.com/embed/vLuUN41isLg

Salah satu drama Korea terbaik sepanjang masa yang tak mudah dilupakan penonton adalah Full House. Drama bergenre romansa ini diperankan oleh Rain, Song Hye Kyo, Kim Sung Soo, dan Han Eun Jung di awal-awal karier mereka.

Dari segi kisah, Full House menceritakan perjalanan cinta cukup unik antara aktor ternama, Lee Yeong Jae (Rain) dan penulis naskah bernama Han Ji Eun (Song Hye Kyo). Keduanya tinggal satu atap dalam ikatan pernikahan kontrak.

2. Coffee Prince (2007)

https://www.youtube.com/embed/AZ759qVdWhY

Sebelum booming melalui perannya di Goblin, Gong Yoo pernah beradu akting dengan Yoo Eun Hye di drama Korea, Coffee Prince. Drama ini laris manis di pasar Internasional, tak terkecuali Indonesia.

Sampai saat ini, drama masih layak untuk dinikmati. Dikisahkan seorang perempuan muda bernama Go Eun Chan, yang berperawakan tomboi. Eun Chan menyamar sebagai barista di sebuah kafe dan bertemu dengan laki-laki tampan nan kaya, namun didesak menikah.

3. Boys Before Flower (2009)

https://www.youtube.com/embed/iuqwMI6dpJA

Siapa yang tak mengenal geng F4? Sekitar tahun 2009, drama ini sangat legendaris di hati penonton. Pasalnya, Boys Before Flowers menyuguhkan visual pemain yang luar biasa.

Sebut saja, Lee Min Ho, Kim Bum, Kim Hyun Joong, Kim Joon, Kim So Eun, Goo Hye Sun, hingga mendiang Jang Ja Yeon ini meramaikan karakter dari Boys Before Flowers. Kisah yang disuguhkan berkaitan erat romansa Goo Jun Pyo dan Geum Jan Di, yang berasal dari kasta berbeda.

Tak hanya karakter utama, tetapi Boys Before Flowers juga menyelipkan kisah antar So Yi Jung dan Chu Ga Eul, yang turut dianggap sebagai second-lead terbaik pada masanya.

4. The Heirs (2013)

https://www.youtube.com/embed/VFj3bKXEBLM

Satu lagi, drama Korea yang tak lekang oleh waktu, yakni The Heirs. Jajaran pemain dari drama ini bertabur bintang seperti Park Shin Hye, Kim Woo Bin, Lee Min Ho, Jung Krystal, Kang Min Hyuk, Kim Ji Won, Kang Ha Neul, hingga Park Hyung Sik.

The Heirs mengisahkan seorang perempuan muda, Cha Eun Sang yang hidup dalam garis kemiskinan. Ia hanya tinggal bersama sang ibu, penyandang disabilitas. Kakaknya memilih untuk menetap di Amerika Serikat. 

Sebuah kejadian tak biasa mempertemukan Eun Sang dengan Kim Tan (Lee Min Ho), putra konglomerat dari hasil pernikahan kedua. Konflik percintaan dan masa sekolah yang indah membuat The Heirs sangat disukai oleh penonton di seluruh Asia.

5. Descendants of The Sun (2016)

https://www.youtube.com/embed/3Fyrt0qByOQ

Sebuah langkah berani dari tim produksi Descendants of The Sun yang melakukan proses syuting untuk drama ini di luar negeri pada zamannya. Tak hanya itu, topik yang diangkat pun bertema militer dan digarap secara pra-produksi.

Hal ini terbukti dari kisah asmara cukup pelik antara Kapten Yoo Si Jin (Song Joong Ki) dan Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo), yang masih banyak peminatnya. Saking populernya, karakter keduanya sempat dibuatkan patung memorial. Drama ini pula yang menyatukan Song-Song Couple ke pelaminan.

6. Goblin (2017)

https://www.youtube.com/embed/S94ukM8C17A

Sekitar tahun 2017, Goblin mendapatkan tempat tersendiri di hati penonton. Rating yang diraih sangat tinggi dan masuk dalam daftar drama Korea dengan peringkat tertinggi di televisi kabel Korea.

Gong Yoo dan Kim Go Eun dipercaya untuk melakoni tokoh sentral dari Goblin. Sementara, Lee Dong Wook, Kim Min Jae, Yoo In Na, Yook Sung Jae, hingga Jung Hae In memainkan karakter lain di drama tersebut.

Goblin menceritakan tentang kisah cinta antara malaikat pelindung nyawa bernama Kim Shin dan perempuan muda bernama Ji Eun Tak. Di drama ini, banyak adegan kocak yang dapat mengocok perut penonton, lho!

7. Crash Landing on You (2018)

https://www.youtube.com/embed/GVQGWgeVc4k

Menyandingkan 'BiJin couple' alias Son Ye Jin dan Hyun Bin, Crash Landing on You adalah salah satu drama Korea tak mudah dilupakan penggemar kala itu. Kisah yang disuguhkan cukup sederhana.

Berkisah tentang Yoo Se Ri, seorang pebisnis perempuan yang terdampar di daerah Korea Utara dengan seorang tentara Korea Utara bernama Kapten Ri Jeong Hyeok. Tak hanya romantis, tetapi drama ini juga dibumbui unsur komedi dan politik.

Crash Landing on You menjadi saksi cinta Son Ye Jin dan Hyun Bin. Meski agak lawas, tetapi kamu bisa melihat perjalanan romansa kedua aktris dan aktor ternama Korea Selatan.

8. Vagabond (2019)

https://www.youtube.com/embed/tyhnEHCUtv4

Bergenre roman-laga, drama ini menjadi ajang reuni antara Lee Seung Gi dan Suzy yang pernah beradu akting di Gu Family Book pada 2013 silam. Vagabond menceritakan kisah seorang laki-laki yang berusaha menyingkap kebenaran di balik kecelakaan pesawat.

Kecelakaan pesawat tersebut menewaskan sosok penting dalam hidup laki-laki itu. Dalam drama ini, Lee Seung Gi melakoni peran Cha Dal Goon, seorang stunt-man. Sementara itu, Suzy memerankan sosok Go Hae Ri, agen rahasia yang menyamar untuk Kedutaan Besar Korea di Maroko.

Secara tidak terduga, mereka ikut terlibat dalam aksi mengungkap kebenaran. Ending dari drama ini masih menyisakan tanda tanya besar di pikiran penonton, hingga saat ini belum ada kelanjutan kisah dari Vagabond, yang dinilai sebagai drama Korea terbaik di masanya.

9. When The Camellia Blooms (2019)

https://www.youtube.com/embed/VO_TQgPPrIY

Sempat mendapat julukan sebagai pencerah rating Nasional, konflik dalam drama Korea, When The Camellia Blooms dianggap sangat relate dengan kehidupan nyata. Tak heran, jika rating drama ini menyentuh angka 23.8 persen.

Tim produksi mendapuk Gong Hyo Jin dan Kang Ha Neul sebagai pemeran utama. Gong Hyo Jin dipercaya memainkan peran Dong Baek, sosok perempuan berparas cantik yang baru pindah ke kota kecil di Ongsan dan membuka sebuah kedai minuman. 

Namun, kehadiran Dong Baek tak disambut baik oleh ibu-ibu di sekitar tempat tinggalnya. Hingga suatu hari, seorang polisi bernama Yong Sik (Kang Ha Neul) menaruh hati kepada Dong Baek. Saat menonton drama ini, dijamin nggak bakal kecewa dengan alur kisah dan kualitas akting para pemainnya, deh!

10. Arthdal Chronicles (2019)

https://www.youtube.com/embed/nWf3aEvyR5k

Dipastikan berlanjut ke musim kedua dengan pergantian pemain utama, musim pertama Arthdal Chronicles mengudara sejak 1 Juni hingga 22 September 2022 dan dibagi menjadi 3 bagian.

Bertempat di kota mitos bernama Arthdal, ibu kota dari Kerajaan Gojoseon, drama yang dibintangi oleh Song Joong Ki dan Kim Ji Won ini berkisah tentang para pahlawan yang membuat legenda mereka sendiri di tanah kuno, Arth.

Dalam drama ini, Song Joong Ki mengambil peran Eun Seom, seorang putra bangsawan Asahon (Choo Ja Hyun) dan anggota dari suku Wahan. Sedangkan lawan mainnya, Kim Ji Won memainkan karakter bernama Tan Ya, penjaga dan dukun suku Wahan.

11. It’s Okay Not to Be Okay (2020)

https://www.youtube.com/embed/89i-Fn2CqQg

Dibintangi Kim Soo Hyun dan Seo Yea Ji, It's Okay Not to Be Okay pernah menjadi drama Korea terbaik di masanya dan meraih peringkat tertinggi di IMDb kala itu. Selain visual pemain utama, alur kisah dari drama ini begitu relate dengan kesehatan mental.

Dikisahkan seorang penulis buku anak-anak terkenal bernama Ko Moon Young (Seo Yea Ji), ia digambarkan sebagai sosok yang tidak mempunyai kemampuan empati. Hingga, ia bertemu dengan seorang penjaga laki-laki di rumah sakit jiwa bernama Moon Gang Tae.

Moon Gang Tae tidak memiliki waktu untuk merasakan cinta, karena tanggung jawab yang harus ia emban. Namun, pertemuan mereka justru saling menyembuhkan luka inner child yang tak mereka sadari bersemayam.

12. Start-Up (2020)

https://www.youtube.com/embed/BemKyzbLDDc

Drama ini pernah menjadi tayangan yang penontonnya terbagi menjadi dua kubu, yakni tim Han Ji Pyeong dan tim Do San. Sebenarnya, Start-Up mengisahkan perjuangan seorang perempuan muda bernama Seo Dal Mi yang tidak menyelesaikan kuliahnya, karena satu hal dan bekerja paruh waktu.

Suatu hari, Dal Mi dipecat dari pekerjaan dan ia memilih untuk mengikuti sebuah kompetisi untuk membuka perusahaan rintisan sendiri. Dal Mi ingin bisa sukses seperti saudaranya. Dal Mi, Do San, dan kedua teman Do San berada dalam satu tim.

Han Ji Pyeong menjadi mentor untuk mereka, yang juga merupakan cinta pertama bagi Dal Mi. Di tengah perjalanan, satu per satu masalah menghampiri. Dal Mi pun dihadapkan di satu kondisi yang tidak mudah untuk memilih. Start-Up dibintangi Suzy, Nam Joo Hyuk, dan Kim Seon Ho.

13. Flower of Evil (2020)

https://www.youtube.com/embed/QSmDCxfdiAA

The Flower of Evil menjadi drama Korea yang sukses membuat penonton terkesima, karena dikemas dalam balutan kisah kriminal dan thriller. Akting para pemeranya pun luar biasa.

Drama yang diperankan Lee Joon Gi dan Moon Chae Won ini mencetak peringkat 8.9 di IMDb. Menceritakan seorang suami bernama Baek Hee Sung yang mempunyai rahasia kelam. Ia menyembunyikan rahasia tersebut dari sang istri, yang seorang detektif.

Situasi berubah saat istrinya ditugaskan untuk menyelidiki serangkaian pembunuhan, sang istri harus menerima kenyataan bahwa suaminya mungkin tidak sebaik dan sesempurna kelihatannya.

14. Youth of May (2021)

https://www.youtube.com/embed/A8hccgcpTy8

Mengambil genre romantis dengan suasana retro, Youth of May sukses menyihir penonton dengan kisah sekelompok orang dewasa yang hidup di era 80-an. Masa tersebut menjadi tonggak sejarah Korea Selatan, karena adanya gerakan demokratis di Gwangju.

Gerakan ini memyebabkan pembantaian massal yang terjadi kepada mahasiswa. Lee Do Hyun berperan sebagai Hwang Hee Tae, sosok mahasiswa kedokteran yang berusaha mengubah stereotipe.

Sedangkan rekannya di drama ini, Go Min Si menjadi Kim Myung Hee, seorang perawat yang berjuang keras untuk mencapai posisinya. Dibalut dalam situsi menegangkan, akhir kisah Youth of May sangat tidak terduga. Jika ingin menonton, kamu harus menyiapkan tisu dan secangkir coklat hangat untuk menemani setiap episode Youth of May.

15. Nevertheless (2021)

https://www.youtube.com/embed/0x8cJUD6MMo

Mengambil fokus utama mengenai trauma percintaan, Han So Hee didapuk sebagai tokoh utama bernama Yoo Na Bi, yang mempunyai pengalaman traumatis karena terjebak dalam toxic relationship.

Na Bi memilih untuk tidak bersinggungan dengan cinta, tapi seorang laki-laki muda, Park Jae Eon (Song Kang) berhasil membuat Na Bi kembali jatuh hati. Terlebih, Park Jae Eon memiliki sifat yang ramah dan ceria.

Kendati demikian, Jae Eon tidak punya niatan untuk berhubungan dengan Na Bi secara serius. Na Bi pun menghadapi dilema dan jalinan romansa yang rumit, karena kehadiran Jae Eon.

16. Mouse (2021)

https://www.youtube.com/embed/i_K9U3gE9os

Tontonan yang mempersatukan kedua nama aktor besar, Lee Seung Gi dan Lee Hee Joon, Mouse membuat penonton overthinking di setiap episode. Bermula dari kisah tragis Goo Moo Chi semasa kecil, karena melihat langsung kekejam seorang psikopat ke kedua orang tuanya. 

Waktu berlalu dan Goo Moo Chi masih menyimpan dendam terhadap sosok psikopat, yang ternyata memiliki seorang anak. Anak tersebut tidak diketahui keberadaannya. Kemudian, ia bertemu dengan Jung Ba Reum, sosok polisi muda yang digambarkan jujur, takut darah, dan senang membantu orang sekitar.

Konflik semakin pelik saat Jung Ba Reum mulai memperlihatkan emosi yang berbeda dari sebelumnya. Ketegangan dan daya nalar penonton diuji dalam menemukan siapa sosok pembunuh berantai sebenarnya di drama tersebut.

17. Our Beloved Summer (2021)

https://www.youtube.com/embed/wpW6aVWgvMc

Our Beloved Summer menjadi drama Korea penutup akhir tahun yang sukses mencapai puncak popularitasnya sebagai tontonan terbaik tahun itu. Berfokus pada kisah pasangan muda yang putus saat masa sekolah.

Keduanya dipersatukan berkat film dokumenter yang sempat mereka buat ketika masa SMA. Film dokumenter itu viral dan benih-benih cinta bersemi kembali. Kisah manis antar tokoh utama, Kook Yeon Soo (Kim Da Mi) dan Choi Woong (Choi Woo Shik) terasa dekat dengan kehidupan keseharian kita.

18. Big Mouth (2022)

https://www.youtube.com/embed/l-MqNftE0BY

Drama Korea bergenre noir ini menjadi topik hangat di media sosial dalam beberapa pekan lalu. Menyatukan Lee Jong Suk dan Yoona 'SNSD', Big Mouth berkisah tentang pengacara bernama Park Chang Ho dengan tingakt kemenangan rendah.

Ia menerima sebuah tawaran kasus kriminal dari seorang wali kota. Namun bukan nama baik yang melambung, Chang Ho malah masuk penjara dan dituduh sebagai Big Mouse. Sama seperti Mouse (2021), penonton juga dibuat pusing tak karuan dalam menemukan sosok Big Mouth.

Berbagai teori penggemar bertebaran dan satu per satu karakter di drama ini mengundang kecurigaan penonton. Tak hanya itu, akhir kisah Big Mouth pun menuai berbagai respon karena terkesan buru-buru. Kabarnya, drama ini memiliki musim kedua. 

19. A Business Proposal (2022)

https://www.youtube.com/embed/mh4R-WXRhQo

Akhir Februari lalu, A Business Proposal menjadi salah satu rekomendasi drama Korea paling hit. Kisah dalam drama romansa ini sangat ringan dan sederhana, tetapi di sini poin menariknya.

Tim A Business Proposal mengemas perjalanan cinta Shin Ha Ri (Kim Se Jeong) dengan CEO muda bernama Kang Tae Moo (Ahn Hyo Seop) dengan apik dan penuh komedi. Selain itu, pasangan second lead yang dimainkan oleh Kim Min Kyu dan Seol In Ah tak kalah lucu dan menggemaskan.

Drama Korea ini cocok buat kamu yang membutuhkan sumber hiburan saat lelah atau penat, karena bisa tertawa sekaligus tersenyum simpul karena adegan di drama ini.

20. Little Women (2022)

https://www.youtube.com/embed/Y52PRIHr-YI

Berbeda dari kisah film, sinopsis dari drama Korea Little Women lebih ke genre misteri dan sedikit makjang. Menceritakan tiga saudara perempuan, yakni Oh In Joo, Oh In Kyung, dan Oh In Hye. Ketiga karakter ini diperankan oleh Kim Go Eun, Nam Ji Hyun, dan Park Ji Hoo.

Mereka hidup dalam situasi serba kekurangan. Oh In Joo merasa uang adalah segalanya, sementara Oh In Kyung lebih realistis, dan terakhir Oh In Hye yang dianggap oleh penonton sebagai 'beban keluarga', lantaran terlalu egois.

Little Women juga dibumbui dengan aksi pembunuhan dan kemunculan anggrek biru saat sebuah kasus terjadi. Hal ini yang membuat Little Women sangat menarik diikuti, karena mengasah daya berpikir penonton untuk membongkar berbagai teori yang bertebaran.

21. Alchemy of Souls (2022)

https://www.youtube.com/embed/nlRw1CGbFU0

Drama bertema kolosal ini dibintangi oleh Jung So Min sebagai Mu Deok-i, Lee Jae Wook sebagai Jang Uk, hingga Hwang Minhyun sebagai Seo Yul. Kualitas para pemeran dan alur cerita dari Alchemy of Souls berhasil memikat penonton.

Sebenarnya, Alchemy of Souls berkisah mengenai pertukaran jiwa seorang perempuan dengan seorang pembunuh legendaris. Jiwa yang tertukar di era Joseon ini membuat Mu Deok bertemu dengan laki-laki bernama Jang Uk, yang berasal dari keluarga bangsawan.

22. My Liberation Notes (2022)

https://www.youtube.com/embed/EwqFfHRPp8Q

Berkisah tentang tiga saudara kandung dengan kepribadian yang bertolak belakang, My Liberation Notes dinilai sebagai drama Korea terbaik sepanjang masa, karena alur kisah dan dialog yang diucapkan oleh para pemeran mirip dengan masalah kehidupan banyak orang.

Drama ini pula yang melambungkan nama Son Seok Ku di dunia hiburan Korea. Ia didapuk untuk memerankan sosok Mr.Gu yang misterius. Hingga, Mr. Gu dipertemukan oleh sosok perempuan pendiam bernama Yeom Mi Jeong (Kim Ji Won).

Penonton dibuat gemas dengan adegan romansa tipis-tipis yang terjadi di antara kedua pemeran. Tak hanya berfokus pada kisah cinta antara Mr.Gu dan Yeom Mi Jeong, My Liberation Notes juga mengulik tentang hubungan antar saudara, interaksi orang tua dan anak, hingga masalah karier.

23. ANNA (2022)

https://www.youtube.com/embed/_gGZb6utIq8

Terakhir, ada drama comeback Suzy di pertengahan tahun 2022. Drama ini mengangkat tema psikologis, yang berkaitan dengan sindrom ripley. Suzy melakoni peran Yoo Mi, yang digambarkan menderita sindrom tersebut dalam drama ANNA.

Transformasi akting Suzy dari sosok protagonis ke antagonis menuai berbagai respon positif. Alur cerita yang solid dan keindahan sinematografi membuat ANNA dicap sebagai drama Korea terbaik sepanjang masa. Selain Suzy, ANNA juga diramaikan oleh sejumlah aktor dan aktris seperti Jung Eun Chae, Kim Jun Han, serta Park Ye Young.

Itulah rekomendasi drama Korea terbaik sepanjang masa. Beberapa di antaranya sudah tamat, namun ada yang masih on-going. Menurutmu, mana drama yang paling memorable, Bela?

Baca Juga: 8 Serial & Drama Korea Ini Bakal Tayang di Netflix, Seru Banget!

Baca Juga: 15 Drama Korea Rating Tertinggi 2018-2022, Berkesan Banget!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Drama Korea Bulan Oktober 2022 yang Patut Dinanti