Korea Selatan memang jagonya memproduksi drama. Tak mengherankan, apabila kiblat tontonan masyarakat beralih ke Negeri Ginseng tersebut. Setiap tahunnya selalu saja ada drama Korea terbaru dengan genre tak biasa. 

Banyak penonton dibuat terkesima dengan alur cerita, para pemeran, hingga sinematografi yang dihadirkan oleh tim produksi drama Korea. Ada yang menobatkannya sebagai drama Korea terbaik, namun ada pula yang mencapnya sebagai drama Korea terburuk.

Joynews24 melakukan jejak pendapat di antara orang dalam industri hiburan Korea Selatan. Mereka memilih daftar drama Korea terburuk tahun 2022 dan hasilnya di luar dugaan. Apa saja drama Korea terburuk versi pilihan orang dalam industri? Simak daftar lengkapnya di sini.

1. Money Heist: Korea - Joint Economic Area

https://www.youtube.com/embed/Uafg97czxeQ

Sukses dengan Squid Game, Netflix mencoba menggaet minat publik dengan melakukan adaptasi dari hasil karya Álex Pina berjudul Money Heist. Penonton Internasional dibuat terpikat dengan kehadiran para punggawa Korea Selatan, yakni Yoo Ji Tae, Park Hae Soo, hingga Jun Jong Soo.

Namun, popularitas Money Heist: Korea - Joint Economic Area di mata publik Korea tidak sebaik itu. Serial tersebut dikritik habis-habisan dari segala aspek. Mulai dari akting para pemain sampai alur cerita tak luput dari komentar pedas.

Warganet melihat tidak ada yang spesial dari Money Heist: Korea dan memilihnya sebagai drama Korea terburuk di tahun 2022.

2. Big Mouth

https://www.youtube.com/embed/aOop_fjNK0k

Memasangkan Lee Jong Suk dan Yoona 'SNSD' seharusnya membuat Big Mouth menjadi drama Korea terbaik, apalagi plotnya dikemas misterius. Penonton dibuat tertantang untuk memecahkan misteri di balik sosok 'Big Mouse'.

Meski sebagian besar penonton mendukung Big Mouth, nyatanya drama bergenre noir ini harus masuk dalam daftar drama Korea terburuk 2022. Akhir kisah dirasa kurang greget dan mendapat kecaman karena nada rasis, khususnya saat penonton Thailand merasa bahwa tim produksi tidak peka terhadap budaya mereka.

3. Today's Webtoon

https://www.youtube.com/embed/OuitHyUNQwo

Karier akting Kim Se Jeong melejit saat membintangi Business Proposal, tawaran proyek pun berdatangan. Ia kembali didapuk sebagai pemeran utama di Today's Webtoon, drama remake dari dorama Jepang berjudul Sleepeeer Hit! (2016).

Dari segi premis, drama bergenre slice of life menyoroti kisah perjuangan On Ma Eum (Kim Se Jeong). Ia berprofesi sebagai atlet Judo dan berprestasi, namun cedera membuatnya banting setir menjadi seorang editor di salah satu perusahaan webtun.

Ia harus belajar dari awal mengenai cara kerja tim editor webtun. Namun, kisah On Ma Eum yang penuh liku tampaknya tidak mendapat tempat di hati warganet Korea. Meski penggemar Internasional sangat menyukainya, penonton Korea memberikan pendapat berbeda. 

Today's Webtoon dianggap memiliki alur cerita yang membosankan dan temanya kurang bersemangat. Hal ini yang mendorong drama Kim Se Jeong masuk dalam daftar Korea terburuk di tahun ini.

4. Alchemy of Souls

https://www.youtube.com/embed/nTWLBM1vrZY

Salah satu tontonan paling mengejutkan yang masuk daftar drama Korea terburuk 2022 adalah Alchemy of Souls. Dibintangi oleh Lee Jae Wook, drama bertema roman-fantasi dengan latar negara fiksi bernama Daeho ini mencatat perolehan rating cukup tinggi.

Rating dan jajaran pemain berkualitas tidak cukup mampu menyelamatkan drama ini dari kritikan, karena dianggap plagiarisme terhadap salah satu drama Tiongkok. Penonton semakin dibuat kecewa saat pergantian pemain dari Jung So Min ke Go Yoon Jung di Alchemy of Souls Part 2.

5. Eve

https://www.youtube.com/embed/CTJ0y2suMtw

Drama comeback Seo Ye Ji ke dunia seni peran tidak menerima respon positif. Menurut survei, Eve menerima 46 suara dari panelis sebagai drama Korea terburuk 2022. Banyak faktor yang mendasari antara lain konferensi pers dibatalkan hingga penundaan jadwal tayang. 

Saat mengudara pun, Eve tidak bisa mengubah atmosfer penonton. Banyak pemirsa dan warganet merasa kecewa dengan alur cerita dan adegan ranjang yang provokatif. Akting sang pemain utama, Seo Ye Ji juga tak luput dari sorotan.

6. Love (ft. Marriage and Divorce)

https://www.youtube.com/embed/TwZD36jsYV8

Love (ft. Marriage and Divorce) mempunyai alur kisah yang mirip dengan drama makjang lain dan isu perselingkuhan menjadi poin utama dari drama ini. Tim produksi menggaet Park Joo Mi, Lee Tae Gon, Sung Hoon, hingga Lee Ga Ryeong untuk memperkuat karakter yang dimainkan. 

Namun, tetap saja ulasan untuk Love (ft. Marriage and Divorce) tidak sebagus itu. Rata-rata penonton mengeluhkan perkembangan plot yang lambat sampai akhir episode. Babak flashback menjadi faktor paling mengecewakan.

Media barat yang biasanya tidak sejalan dengan warganet, justru memberikan penilaian serupa. Mereka turut mengkritik dan menyoroti aspek alur dan pengembangan karakter di drama ini. 

7. Why Her?

https://www.youtube.com/embed/oYWCCNuu3ss

Pemilihan Why Her? menjadi drama Korea terburuk 2022 di luar ekspektasi. Pasalnya, drama yang mempertemukan Hwang In Yeop dan Seo Hyun Jin menerima ulasan positif dan pujian dari berbagai kalangan.

Banyak penonton memuji penampilan, alur cerita, dan pemain yang luar biasa. Rupanya, ada alasan lain yang dinilai cukup menganggu oleh sebagian warganet, yaitu masa lalu yang kelam dan terlalu berlebihan dibahas dalam Why Her?, karena mereka menginginkan drama dengan alur kisah yang lebih ringan. 

8. Crazy Love

https://www.youtube.com/embed/8ZRPKBu3ZCs

Tahun 2021, Krystal kembali ke dunia akting dengan peran yang lebih segar usai 8 tahun vakum dari layar kaca. Namanya menjadi bahan perbincangan kala memerankan lakon Lee Bo Na di Heirs (2013). Peran itu membuat imej Lee Bo Na sangat melekat di dirinya.

Crazy Love menjadi drama comeback Krystal di tahun 2022 bersama Kim Jae Wook. Baru tiga episode penayangan, drama ini terus mengalami penurunan rating hingga 1%, karena alur cerita dianggap aneh dan kurang chemistry di antara kedua pemeran utama. 

Lain hal dengan kritikus barat, mereka justru menilai Crazy Love memiliki unsur komedi yang menghibur. Namun apa daya, sejumlah orang dalam industri memilih Crazy Love sebagai drama Korea terburuk tahun ini.

9. Jinxed at First

https://www.youtube.com/embed/Z0VHJn2y0XQ

Serupa dengan aplikasi streaming lain, Disney+ juga menayangkan beberapa drama Korea pilihan yang menarik, termasuk Jinxed at First. Mengadaptasi kisah webtun Kakao, drama ini diperankan oleh Na In Woo dan Seohyun 'SNSD'.

Meski awalnya alur cerita Jinxed at First ringan bak kisah dongeng, namun peralihan topik menjadi lebih serius membuat warganet kehilangan selera untuk menontonnya sampai selesai.

Banyak warganet berpendapat bahwa kisah Goo Soo Kwang (Na In Woo) dan Seon Seul Bi (Seohyun 'SNSD') monoton dan menempatkannya ke dalam daftar drama Korea terburuk 2022.

10. Snowdrop

https://www.youtube.com/embed/ETAlA9Xw5KY

Drama yang disutradarai oleh Jo Hyun Tak ini langsung menerima sorotan dari penonton Internasional saat mengetahui karakter utama dimainkan oleh Jung Hae In dan Jisoo 'BLACKPINK'.

Kala itu, banyak penonton menaruh ekspektasi tinggi dari cuplikan singkat yang dirilis oleh Disney+ dan tidak sabar untuk menantikan penayangan perdana. Seiring berjalan waktu, proses produksi dan perilisan Snowdrop tidak mudah.

Drama tersebut diterpa badai kontroversi yang cukup pelik antara lain, kisah Snowdrop yang dituduh distorsi sejarah, satu per satu sponsor hengkang, hingga penulis naskah, Yoo Hyun Mi turut menerima dampak karena pilihan inspirasi di balik karakter Snowdrop.

11. Tomorrow

https://www.youtube.com/embed/BsNRPkOV_Mo

Cukup mencengangkan, Tomorrow masuk daftar drama Korea terburuk 2022. Sejumlah penonton Internasional sangat menyukai tema yang dihadirkan drama ini, yaitu kesadaran tentang bunuh diri.

Akting brilian dari Kim Hee Sun, Rowoon 'SF9', Lee Soo Hyuk juga mendapat pujian dari penonton Internasional. Semua berubah saat penayangan episode ke-7, drama tersebut menerima kecaman dari warganet.

Beberapa faktor lain berupa kurangnya romansa, kisah yang terlalu gelap, dan waktu acara yang buruk menjadikan drama ini tidak diterima baik oleh penonton Korea Selatan.

12. Shooting Stars

https://www.youtube.com/embed/F9CeUtgK0ZU

Drama garapan tvN ini mengangkat kisah para pelaku di dunia hiburan Korea pada April lalu. Tim produksi menggaet  Lee Sung Kyung, Kim Young Dae, dan jajaran pemain lainnya untuk menghidupkan karakter Shooting Stars.

Baru dua episode berjalan, ada beberapa adegan yang patut dan dinilai bermasalah. Oh Han byul (Lee Sung kyung) kedapatan mengucapkan dialog bernada rasisme. Tak sampai di situ, adegan yang mengacu pada pelecehan seksual sangat menjengkelkan penonton.

Alhasil, Shooting Stars tidak mendapat sambutan hangat dari panelis. Drama ini malahan terpilih sebagai drama Korea terburuk bersama deretan drama lainnya. 

Duh, banyak tontonan pilihan yang masuk daftar drama Korea terburuk 2022. Kamu sendiri sepakat dengan survei dari Joynews24 atau punya daftar tersendiri, Bela?

Baca Juga: Banjir Kritik, 5 Alasan 'Money Heist: Korea' Tak Disukai Warganet

Baca Juga: 5 Kritikan 'Alchemy of Soul', Dituduh Plagiat Drama Tiongkok

Baca Juga: Lagi Bad Mood? 10 Rekomendasi Drama Korea Ini Meneduhkan Hati