Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Membahagiakan Diri Sendiri, Ini 11 Tips Efektif Hindari Stres 

Sudah lakukan hal ini untuk diri sendiri?

Aisyah Banowati

Situasi pandemi yang saat ini masih berlangsung, telah memberikan dampak kepada setiap individu. Dampak ini juga kerap kita rasakan karena harus mengerjakan beberapa aktivitas sekaligus, seperti bekerja, mengurus rumah tangga, hingga merawat anak bagi yang telah memilikinya.

Jika kita mengalami stres karena penatnya pekerjaan dan minimnya liburan, semua kegiatan akan berantakan dan tentu menimbulkan masalah baru. Supaya tetap bahagia dan meminimalkan risiko stres, Samanta Elsener, M. Psi., psikolog anak dan keluarga membagikan tips yang bisa kita aplikasikan.

Apa saja trik yang bisa kita lakukan menurut Samanta? Berikut bocorannya yang di bagikan dalam acara BincangShopee 10.10, yang digelar secara virtual pada 21 September 2021 kemarin.

1. Menjaga koneksi dengan orang sekitar

pixabay/isakarakus

Pada dasarnya manusia tidak dapat hidup sendiri, manusia membutuhkan orang lain untuk mengakui keberadaanya. Mungkin kamu merasa bisa melakukan semuanya sendiri, namun kamu harus tetap menjaga hubungan baik dengan orang lain. Hubungan yang baik akan menciptakan lingkungan pertemanan yang sehat untuk kebutuhan koneksi sosial kamu.

2. Selalu mencoba mengungkapkan emosi secara jujur

pixabay/absolute vision

Meski sulit, kamu harus membiasakan diri untuk jujur terhadap emosi yang sedang kamu rasakan. Lewat kejujuran, kamu dapat mengetahui emosi apa yang sedang menguasai dirimu. Pengakuan mengenai emosi yang sedang kamu rasakan akan menciptakan hubungan yang sehat baik dengan diri sendiri maupun orang lain.

3. Jangan lupakan "me time"

pixabay/Ana-J

Lakukan hal-hal yang membuat kamu merasa rileks dan tenang selama beberapa saat. Dengan me time, kamu bisa mengistirahatkan pikiran dan fisik. Me time juga bisa meredakan stres, sehingga kamu bisa lebih produktif lagi setelahnya. Di tengah kesibukan kamu, jangan lupakan untuk me time, ya!

4. Sesekali coba membaca buku

pixabay/Free-Photos

Membaca adalah kegiatan yang dapat memperluas wawasan kamu. Membaca juga bisa meredakan stres dan kejenuhan yang sedang kamu alami. Pikiran kamu akan lebih jernih saat membaca serta mendapat pemahaman baru.

5. Lakukan kegiatan di rumah bersama anggota keluarga lainnya agar tercipta bonding

pixabay/sasint

Di tengah pandemi, aktivitas yang dikerjakan hampir seluruhnya dari rumah. Jika situasi memungkinkan, rencanakan aktivitas fisik di luar rumah. Hal ini sangat berfungsi agar menghindari rasa jenuh dan hubungan dengan orang rumah semakin baik.

6. Curhat kepada orang terdekat yang kamu percaya

pixabay/Free Photos

Saat stres menumpuk dan pikiran mulai kalut, kamu akan sulit untuk berpikir jernih. Kamu bisa menceritakan masalah kamu kepada orang yang kamu percaya. Meski tidak menceritakan seluruh masalah, bercerita akan membuat hati kamu lebih tenang. Kamu bisa meminta solusi jika memang kebingungan. Kamu juga bisa mengatakan dari awal, jika memang hanya butuh didengarkan.

7. Mulai rutin berolahraga

pixabay/StockSnap

Terbatasnya aktivitas fisik yang bisa dilakukan di rumah akan membuat orang malas berolahraga. Sebetulnya, olahraga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan fisik dan mental. Di situasi pandemi seperti ini, olahraga dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan konsentrasi kamu, lho!

8. Batasi screen time

StartupStockPhotos

Situasi pandemi membuat kegiatan yang biasa dilakukan offline berganti menjadi online. Intensitas memegang ponsel atau media komunikasi lainnya, semakin meningkat. Sekolah yang biasanya tatap muka, sekarang tatap maya. Sebaiknya, beri batasan dalam penggunaan screen time. Selain untuk menjaga kesehatan mata ini penting juga untuk kesehatan mental.

9. Habiskan waktu bersama keluarga

pixabay/Free-Photos

Waktu yang kita luangkan untuk keluarga adalah waktu yang berharga. Kita bisa semakin dekat dan semakin memahami karakteristik setiap anggota keluarga. Tidak perlu berlibur jauh, meluangkan waktu untuk mengobrol bersama juga sudah cukup. Meski terlihat sepele, kegiatan ini akan membuat hubungan kamu semakin erat dengan keluarga.

10. Melakukan hobi lama maupun baru

pixabay/foundry

Kamu bisa menyalurkan hobi kamu saat waktu luang. Kamu juga akan semakin mengenal diri sendiri. Hobi yang positif akan membuat konsentrasi kamu meningkat, sekaligus mengalihkan pikirian dari stres yang tengah dirasakan.

11. Memanfaatkan waktu dengan efektif

Selain itu, kamu bisa mempermudah hidup kamu dengan belanja lewat online, agar waktu harian kamu terpakai secara efektif. Selain hemat waktu dan energi, hemat bahan bakar juga, bukan? Sekalian saja kamu manfaatkan promo 10.10 Flash Sale di Shopee. Ada juga promo Super Brand Festival sampai tanggal 10 Oktober 2021.

Asyik, kan? Kegiatan mana, nih, yang sudah kamu coba?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration