Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bikin Sehat dan Awet Muda, 10 Manfaat Jojoba Oil untuk Kecantikan

Sudah tahu, Bela?

Romi Subhan

Minyak jojoba atau jojoba oil pasti sudah tidak asing lagi untukmu. Sebab, dalam beberapa produk perawatan rambut dan kulit, bahan ini selalu ada sebagai salah satu komposisinya. Karena manfaatnya yang beragam, jojoba oil selalu menjadi andalan produsen produk perawatan kulit untuk menambah kualitasnya.

Jojoba oil merupakan minyak yang terbuat dari hasil pembakaran biji buah jojoba. Buah ini paling banyak ditemukan di Amerika Utara dan kini telah diekspor ke berbagai negara di seluruh dunia.

Minyak yang tidak memiliki bau ini mempunyai kandungan yang kaya manfaat. Kandungan dari jojoba oil yakni vitamin B, vitamin C, vitamin E, tembaga, zinc, asam oleat, asam eicosenoic, asam erucic, serta sebagian kecil asam stearat, palmitic, nevronic, dan palmitoleic. Semua bahan tersebut dibutuhkan untuk tubuh, lho.

Karena kandungannya yang begitu banyak, penasaran bukan apa manfaat jojoba oil untuk kecantikan kulit? Berikut penjelasannya.

1. Membantu produksi kolagen pada kulit

Pexels.com/Polina Kovaleva

Kulit memproduksi kolagen secara alami yang membuat wajah menjadi lebih kenyal, lembap dan tampak awet muda. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen alami akan menurun.

Agar kebutuhan kolagen dalam tubuh tidak menurun, jojoba oil mampu membantu tubuh memproduksi protein yang berfungsi sebagai kolagen. Kandungan inilah yang nantinya akan merawat kulitmu menjadi tampak awet muda karena menjaga keremajaan dan kekenyalan kulit.

2. Melembapkan kulit yang kering

Pexels.com/Pavel Danilyuk

Mirip seperti gliserin, jojoba oil memiliki sifat humektan. Yakni, mampu mengikat air dari udara dan mempertahankannya di dalam sel kulit. Sehingga, kulit tetap terhidrasi dengan baik dan terjaga kelembapannya.

Memiliki kandungan yang mudah meresap ke dalam lapisan kulit, jojoba oil telah lama dipercaya sebagai pelembap alami. Bahkan, tak terbatas pada wajah. Jojoba oil juga dapat melembapkan lutut dan siku, hingga tumit yang kering sampai pecah-pecah.

3. Berfungsi sebagai antibakteri

Pexels.com/Cottonbro

Manfaat jojoba oil untuk kecantikan selanjutnya adalah sebagai antibakteri. Kandungan jojoba oil, yakni zinc, asam oleat, asam eicosenoic dan asam erucic, dipercaya sebagai antibakteri alami. Selain melembapkan, jojoba oil ternyata bisa melindungi kulit dari paparan awal infeksi bakteri, nih, Bela.

4. Sebagai pelindung kulit

Pexels.com/Pavel Danilyuk

Memiliki kandungan vitamin C dan E, membuat jojoba oil menjadi bahan antioksidan alami yang sangat baik untuk kulit. Antioksidan ini bukan hanya bekerja melindungi diri dari paparan radikal bebas, Bela. Melainkan juga berfungsi sebagai antiinflamasi yang membuat kulit cepat membaik jika terdapat luka di dalamnya.

5. Mengatasi kulit berjerawat

Pexels.com/Ron Lach

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, jojoba oil mengandung bahan yang bersifat antibakteri. Bahan ini juga bekerja secara efektif untuk menghalau bakteri penyebab jerawat. Sehingga, kulit akan meminimalkan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan membuatnya terlihat lebih bersih.

Jojoba oil mengandung kelenjar sebaceous. Kandungan ini cara kerjanya mirip dengan sebum (kelenjar minyak) pada tubuh. Dengan perpaduan antibakteri dan kelenjar sebaceous, jojoba oil akan membuat kulitmu bebas jerawat dan lebih bersih.

6. Menenangkan kulit, serta meringankan efek eksim dan rosacea

Pexels.com/Cottonbro

Kulit yang kering dalam jangka panjang dapat menimbulkan eksim dan rosacea. Kondisi ini membuat kulit terasa gatal dan tidak nyaman. Namun, dengan rutin menggunakan jojoba oil, kamu akan terhindar dari efek buruk eksim dan rosacea. Sebab, kulitmu terhidrasi dengan baik yang akan menenangkan kulit kering dan terhidrasi dengan baik.

7. Meredakan kulit yang terbakar matahari

Pexels.com/Anna Tarazevich

Bermain di luar ruangan, terlebih lagi saat berenang atau menikmati hari di pantai, terkadang membuat kita lupa diri. Tanpa sadar, kulit terbakar matahari yang mengakibatkan kulit menjadi terkelupas dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Jojoba oil yang mengandung vitamin E dan melembapkan kulit akan meredakan kulitmu dari efek terbakar sinar matahari atau sun burn. Kamu hanya perlu mengoleskan jojoba oil pada kulit yang terbakar secara rutin. Perlahan, kulitmu akan lembap dan mereda kembali.

8. Mampu mengatasi alergi atau hypoallergenic

Pexels.com/Shvets Production

Ketika jojoba oil terserap pada tingkat molekuler kulit, minyak tersebut akan berubah menjadi bahan dengan sifat lilin. Hal ini membuat kulit terlindungi dari paparan zat berbahaya di luar kulit.

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, kandungan ini sangat bermanfaat. Sebab, zat lilin tersebut dapat menjadi perisai kulitmu. Sehingga, kulitmu akan terhindar dari reaksi alergi atau yang sering disebut dengan hypoallergenic.

9. Membantu menyembuhkan dan memudarkan bekas luka dingin

Pexels.com/Shvets Production

Bela, apakah di kulitmu terdapat luka dingin atau bekas luka yang sulit memudar? Jika iya, kamu bisa menggunakan jojoba oil untuk meredakan dan memudarkan bekas luka tersebut.

Dalam jojoba oil terdapat kandungan yang bernama doconasol. Kandungan ini mampu mematikan dan menghambat penyebaran bakteri pada luka. Efeknya, bakteri tersebut tidak mampu menyentuh kulitmu yang luka, sehingga lukamu dapat lebih cepat mereda dan memudar.

10. Sebagai pembersih riasan

Pexels.com/Sora Shimazaki

Kamu yang memiliki kulit sensitif dapat menggunakan jojoba oil sebagai pembersih riasan alami. Caranya, usapkan beberapa tetes jojoba oil pada wajah yang masih menggunakan riasan. Diamkan beberapa menit, kemudian bersihkan menggunakan kapas. 

Memanfaatkan jojoba oil sebagai pembersih riasan akan membuat kulitmu tetap terjaga kelembapannya, sehingga kulit akan tetap terlihat sehat.

Itulah tadi manfaat jojoba oil untuk kecantikan. Membaca manfaatnya di atas, apakah kamu ingin mencobanya, Bela?

TOPIC

IDN Media Channels

Latest from Skin