Bela, siapa di sini yang merasa nggak akan bisa memulai hari sebelum minum kopi? Kopi adalah salah satu jenis minuman yang mengandung kafein yang bisa menjadi tambahan energi untuk seseorang. Bukan cuma menambah energi, ternyata kafein apabila terkandung dalam produk skincare juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit lho!

Kalau kita lihat nih, sekarang sudah mulai banyak brand skincare yang menambahkan kafein di dalam kandungan produknya lho. Jadi sebenarnya apa sih manfaat kafein untuk kulit yang terkandung dalam produk skincare? Buat kamu penggemar kafein, yuk baca artikel ini.

1. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Ternyata, Ini Manfaat Kafein untuk Kecantikan Kulithealthline.com

Kandungan antioksidan pada kafein ternyata cukup tinggi hampir sama dengan blueberry dan green tea. Dengan adanya kandungan antioksidan yang tinggi, kulit lebih terlindungi saat harus terpapar sinar UV dalam kegiatan sehari-hari. Selain itu, antioksidan juga dipercaya dapat memerangi tanda-tanda penuaan dini yang disebabkan oleh sinar UV seperti garis-garis halus, flek hitam dan juga kulit yang menjadi lebih kering.

2. Menyamarkan Noda Gelap Pada Area Bawah Mata

Ternyata, Ini Manfaat Kafein untuk Kecantikan Kulithealthline.com

Kafein disebut-sebut menjadi salah satu kandungan yang dapat mengurangi noda gelap pada area bawah mata dan juga tampilan puffy eyes. Kandungan antioksidan pada kafein ternyata mengurangi pembengkakan pada area mata. Lalu bagaimana hasilnya? Hasilnya tampilan area mata lebih fresh dan juga cerah. Nggak heran deh sekarang banyak banget produk eye treatment yang menggunakan kafein di dalam kandungannya!

3. Melawan Radikal Bebas

Ternyata, Ini Manfaat Kafein untuk Kecantikan Kulitallure.com

Lagi, karena kandungan kafein yang cukup tinggi, kafein dapat melawan radikal bebas. Produksi radikal bebas pada kulit akan berkurang apabila kita menggunakan produk skincare dengan kandungan kafein yang tinggi. Nah, biasanya radikal bebas inilah penyebab utama terjadinya tanda-tanda penuaan pada kulit. Selain itu kamu harus tau bahwa kafein juga memiliki kandungan asam amino yang tinggi sehingga dapat memproduksi kolagen pada kulit.

4. Mengurangi Peradangan dan Kemerahan

Ternyata, Ini Manfaat Kafein untuk Kecantikan Kulithealthline.com

Kandungan kafein juga ternyata punya manfaat untuk sistem peredaran darah yang juga sangat dekat dengan kulit. Kafein dapat mengontrol peredaran darah dan mengurangi kemerahan pada kulit. Kandungan kafein pada skincare bisa menjadi alternatif buat para skincare enthusiast yang memiliki rosacea atau memiliki kulit yang mudah teriritasi. Nah, untuk mengurangi peradangan dan kemerahan, biasanya kafein ada di dalam produk body scrub, facial cleanser yang memiliki bahan dasar kopi atau teh.

5. Mencegah Munculnya Selulit

Ternyata, Ini Manfaat Kafein untuk Kecantikan Kulitniagebara.com

Nah, buat kamu yang takut banget punya selulit di tubuh, kamu bisa coba body care yang mengandung kafein nih. Kandungan kafein pada body care ternyata sejak dulu sudah dipercaya dapat melawan pertumbuhan selulit pada tubuh. Kafein memiliki kemampuan untuk membatasi penyimpanan lemak pada di dalam sel tubuh dan membantu penurunan lemak melalui proses yang disebut lipolysis.

Ternyata nggak hanya memberikan energi tambahan, kafein juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Walaupun begitu, pastikan untuk menggunakan produk-produk skincare mengandung kafein yang sudah terpercaya ya Bela! Kamu bisa mengecek apakah produk skincare yang sedang kamu incar sudah tersertifikasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebelum memutuskan untuk membelinya.

Baca Juga: 5 Manfaat Kafein untuk Tubuh yang Perlu Kamu Simak

Baca Juga: 7 Manfaat Argan Oil untuk Kecantikan Kulit

Baca Juga: 7 Manfaat Argan Oil untuk Kecantikan Kulit