Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Hal yang Bikin Kamu Tampak Lebih Tua dari Usiamu, Sadar Nggak? 

Definisi boros di muka nih

POND'S

Pernah nggak sih kamu melihat ada orang yang terlihat lebih tua melebihi dari usianya? Itu bukan faktor dari makeup lho ya, sebab ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Salah satunya disebabkan oleh skin aggressors

Penyebab skin aggressors secara eksternal meliputi paparan sinar matahari (UV), polusi, asap, hingga paparan blue light dari gadget. Nah, buat Bela yang merasa kulit wajahnya tampak lebih tua dari usiamu yang semestinya, mungkin penyebabnya ada di salah satu hal berikut ini.

1. Photoaging, proses penuaan akibat paparan sinar matahari (UV)

Shutterstock/Quality Stock Arts

Kamu harus catat nih waktu yang paling ideal untuk berjemur, jangan sampai kamu jadi kebablasan. Soalnya, terlalu lama di bawah sinar matahari juga bisa lho merusak kulit, menyebabkan kulit jadi lebih kusam, menimbulkan flek hitam, dan mempercepat kerutan-kerutan di wajah, apalagi kalau kamu nggak menggunakan tabir surya yang memiliki SPF.

Sekadar informasi ya Bela, setidaknya sinar matahari ini menyumbang 80% dalam proses penuaan kulit wajah. Tuh, siapa yang diantara kamu lebih banyak beraktivitas di luar ruangan? Wajib waspada ya, apalagi kalau wajahmu juga sering terpapar polusi udara. Ini diperkuat dengan penelitian Krutmann yang pada saat itu meneliti orang Jerman dan Cina dan menemukan bintik-bintik di pipi yang meningkat 25% akibat polusi udara. Wajib perhatian ekstra nih mulai sekarang!

2. Penggunaan HP yang berlebihan pada malam hari

Shutterstock/PR Image Factory

Bela termasuk orang yang gemar begadang sambil rebahan main HP? Buruan hentikan kebiasaan itu ya Bella. Hal itu karena sinar biru (blue light) yang keluar dari HP dapat menyebabkan terjadinya gangguan tidur. Nggak hanya itu, sinar biru ini juga bisa memperlambat produksi kolagen kulit dan mengakibatkan kulit kita jadi lebih rentan alami penuaan dini.

Kamu harus tahu nih Bela, bahwa proses perbaikan sel-sel tubuh di malam hari adalah waktu yang paling optimal. Maka ketika kamu menggunakan HP secara berlebihan di malam hari, justru mengganggu proses regenerasi alami tubuhmu sendiri lho. Istirahatkan mata dan tubuhmu dari HP yuk, dan atur jadwal tidur malammu. Pasti jadi lebih berkualitas deh.

3. Salah skincare perawatan kulit wajah

Shutterstock/Doucefleur

Ternyata, salah pemilihan skincare bisa jadi salah satu penyebab penuaan dini. Apalagi kalau Bela sudah memasuki usia 20 tahun ke atas. Di usia 25 tahun, Bela sudah bisa menggunakan produk skincare yang mengandung anti aging, hal ini guna mencegah penuaan dini. Bela bisa mencari produk skincare yang tepat untuk jenismu, pastikan kandungannya aman bagi kulit juga ya. 

Untuk perawatan skincare dengan anti-aging, Bela bisa percayakan pada POND’S Age Miracle, karena POND’S Age Miracle mengandungan 2x kekuatan krim pencerah dan Retinol-C Complex yang lembut di kulit tetapi bekerja efektif mencerahkan kulit, menghaluskan tekstur kulit, dan menyamarkan garis-garis halus yang mulai muncul di kulit. 

POND’S Age Miracle juga memiliki rangkaian perawatan untuk pagi dan malam dengan kandungan yang aman bagi kulit. Untuk perawatan rutin pagi hari, Bela bisa menggunakan POND’S Age Miracle facial treatment cleanser, double action serum, day cream dan eye cream. Sementara untuk perawatan di malam hari, Bela bisa menggunakan POND’S Age Miracle facial treatment cleanser, double action serum, night cream dan eye cream

Popbela.com/Anastasia Desire

POND’S Age Miracle ini juga baru saja meluncurkan kemasan baru untuk Day Cream dan Night Cream lho. Formula POND’S Age Miracle juga ditingkatkan, diperkaya dengan: 4D Hyaluronic Acid, Prebiotic, 10% Retinol + Vitamin B3 complex, gabungan kekuatan Retinol-C Complex dan 2x kekuatan Vitamin B3 yang bekerja secara sinergis dan lebih baik untuk mempercepat regenerasi kulit baru. 

Dengan formula terbarunya ini, POND’S Age Miracle memberikan manfaat pada kulit untuk hasil lebih maksimal. Klik di sini untuk info lengkapnya ya. 

4. Salah posisi tidur bisa mempercepat proses penuaan

Shutterstock/Gengwit Wattakawigran

Bela sering tidur dengan posisi tertentu? Ternyata hal ini mempengaruhi proses penuaan dini lho. Posisi tidur yang tidak tepat membuat kerutan di wajah bisa muncul. Biasanya kerutan di wajah ini disebabkan oleh bantal yang perlahan bisa menjadi permanen. Posisi yang sebaiknya kamu hindari adalah posisi tidur tengkurap. Coba ubah posisi tidurmu ya Bela. 

5. Jarang berolahraga

Shutterstock/Teerawit Chankowet

Kalau sudah sering tidur larut malam, begadang main HP dalam gelap, lalu paginya Bela ‘mager’ dan malas berolahraga jadi paket komplit mendapat penuaan dini nih. Padahal olahraga rutin membantu melancarkan peredaran darah, yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk darah yang mengalir ke wajah. 

Dengan rutin berolahraga juga memberikan dampak yang baik bagi wajah. Maka dari itu, buat Bela yang jarang atau bahkan nggak pernah olahraga, yuk mulai olahraga demi tubuh yang lebih sehat dan kulit yang awet muda. 

Jadi, gimana Bela? Nggak mau ‘kan disangka lebih tua dari usia asli? Yuk mulai kurangi kebiasaan di atas. Selamat mencoba Bela! (CSC)

IDN Media Channels

Latest from Skin