Memiliki rasa yang manis dan segar, pir menjadi salah satu buah yang paling disukai banyak orang. Nggak hanya lezat, buah yang umumnya berbentuk seperti lonceng ini juga menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari masalah pencernaan hingga menjaga kesehatan kulit. Lantas, apa saja manfaat mengonsumsi buah pir? Langsung intip aja yuk!

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Mampu Cegah Penuaan Dini Pada Kulit, Ini 7 Manfaat Buah Pirmedicalnewstoday.com

Siapa yang sering bermasalah dengan pencernaan? Nah, mungkin mulai saat ini kamu harus ruting mengonsumsi buah pir. Pasalnya, buah pir merupakan salah satu buah dengan sumber serat tinggi  yang dapat menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, buah pir juga mengandung banyak air yang berfungsi untuk mengeluarkan racun dan memperlancar buang air besar.

2. Membantu menurunkan berat badan

Mampu Cegah Penuaan Dini Pada Kulit, Ini 7 Manfaat Buah Pirdailymail.co.uk

Karena memiliki kandungan serat dan air yang tinggi, buah pir juga dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama, jadi keinginan untuk makan menjadi lebih kecil. Sehingga, berat badan akan berangsur berkurang dan tubuh ideal bisa kamu dapatkan. Tentu saja, selain mengonsumsi buah pir, jangan lupa untuk rutin melakukan olahraga, ya! 

3. Mengurangi risiko kanker

Mampu Cegah Penuaan Dini Pada Kulit, Ini 7 Manfaat Buah Pirdrslack.net

Mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh, buah pir juga dapat mengurangi risiko muncul dan berkembangnya sel kanker. Selain itu, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa kandungan flavanoid di buah pir dapat menurunkan risiko kanker payudara dan ovarium. Jadi, buah pir bagus banget untuk dikonsumsi para perempuan.

4. Menangkal radikal bebas

Mampu Cegah Penuaan Dini Pada Kulit, Ini 7 Manfaat Buah Pirsacredtaoacupuncture.com

Seperti kira tahu, vitamin C terbukti kaya akan anti-oksidan dan berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Nah, karena kaya akan kandungan vitamin C, buah pir juga dipercaya dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. 

5. Menurunkan risiko diabetes

Mampu Cegah Penuaan Dini Pada Kulit, Ini 7 Manfaat Buah Pirpinterest.com

Salah satu manfaat buah pir adalah mampu menurunkan risiko diabetes. Karena, kadar serat yang tinggi dalam buah pir dapat membuat penyerapan makanan menjadi lebih lambat, sehingga kenaikan gula darah lebih terkontrol. Selain itu, beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa senyawa pada kulit pir termasuk anthocyanin, berfungsi sebagai anti-diabetes dan anti-inflamasi.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mampu Cegah Penuaan Dini Pada Kulit, Ini 7 Manfaat Buah Pirbeautiquemedspa.com

Buah pir mengandung banyak sekali vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu flavanoid, vitamin K, dan tembaga yang ada di dalam buah ini juga dapat melawan inflamasi dan peradagan yang terjadi di dalam tubuh. 

7. Mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini di kulit

Mampu Cegah Penuaan Dini Pada Kulit, Ini 7 Manfaat Buah Pirtheinformationminister.com

Tak hanya menjaga kesehatan organ tubuh, mengonsumi buah pir juga bermafaat untuk kulit salah satunya adalah mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Karena, kandungan vitamin C, vitamin K, dan tembaga merupakan nutrisi yang penting untuk pembentukan kolagen di kulit dan berfungsi sebagai antioksidan. 

Wah, ternyata banyak banget ya manfaat buah pir untuk kesehatan. Jadi, mulai sekarang jangan lupa untuk selipkan buah pir di menu harian kamu ya!

Baca Juga: Kaya Manfaat, Ini 7 Jus Buah Terbaik yang Harus Kamu Konsumsi

Baca Juga: Jangan Salah, 7 Buah di Pasaran Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Baca Juga: 7 Buah yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet