Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Mau coba diet yang satu ini?

Dina Lathifa

Pernah mendengar ten-step skincare routine? korea selatan menjadi negara yang memperkenalkan pemakaian banyak produk skincare dalam satu rutinitas. Umumnya seseorang akan mengaplikasikan produk-produk esensial, seperti facial wash, toner, serum, essence, moisturizer, dan sunscreen

Sebagai tambahan, sebagian orang mungkin akan menambahkan produk lainnya, seperti eye cream dan lotion. Namun, rutinitas skincare ini rupanya mulai berganti dengan tren yang baru. 

Di negara yang sama, turut memperkenalkan tren skincare baru bernama Skincare Diet. Ini menjadi tren terbaru yang mulai digemari oleh masyarakat Negeri Ginseng. Apa yang dimaksud dengan skincare diet? Melansir dari WomanlyLive, ini yang perlu kamu ketahui soal skincare diet.

1. Diet langkah skincare yang terlalu panjang

Pexels.com/Polina Tankilevitch

Secara sederhana, diet skincare merupakan langkah mengurangi pemakaian skincare dalam rutinitas kecantikanmu. Jadi jika biasanya menggunakan 6-10 produk (atau lebih) dalam satu waktu, kamu hanya akan menggunakan sekitar 3-4 produk. Dalam rutinitas diet skincare ini, kamu akan menggunakan produk esensial saja untuk merawat kulit, yaitu cleanser, moisturizer, dan SPF.

2. Mengurangi risiko iritasi pada kulit

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Faktanya, memakai banyak produk skincare dalam satu waktu dapat meningkatkan risiko iritasi pada kulit. Youtuber Liah Yoo dalam artikel yang sama mengungkapkan kalau mereka yang memakai banyak lapisan skincare mengalami kemerahan, sensitivitas, hingga dermatitis. Ia pun memutuskan untuk mengadopsi tren diet skincare untuk mengurangi risiko kerusakan pada kulit akibat terpapar berbagai macam bahan kimia.

Para dermatolog pun mengatakan kalau orang-orang yang menggunakan banyak produk skincare dalam satu kali pemakaian umumnya akan mengalami iritasi kulit. Jika sudah mengalami ini, sangat disarankan untuk melakukan diet skincare dan membuang produk yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

3. Membantu dalam melihat kinerja skincare pada kulit

Pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Dermatolog juga menjelaskan kalau diet skincare membantumu melihat kinerja produk pada kulit. Jika selama ini telah menggunakan berbagai macam produk dan nggak melihat hasil yang diinginkan, sangat disarankan untuk mencoba mengurangi skincare yang dipakai. Dengan begitu, kamu dapat melihat produk yang bekerja dengan efektif dan nggak memberikan hasil. Coba melakukan diet skincare selama 1 bulan dan lihat reaksi pada kulitmu.

4. Banyak idol dan artis yang melakukannya

Instagram.com/Liahyoo

Youtuber Liah Yoo bukan hanya satu-satunya orang yang melakukan diet skincare. Ada banyak orang, termasuk idol dan artis dari Korea Selatan turut menerapkan diet skincare ini. Ahli kecantikan Korea dan founder merk kecantikan Angela Kim menerapkan tren baru ini karena merasa diet skincare lebih realistis ketimbang rutinitas sebelumnya. Menurutnya, rutinitas yang nggak konsisten nggak akan memberikan hasil yang diinginkan.

Ada juga Idol K-Pop Hani ‘EXID’ yang hanya menggunakan 2 produk skincare setiap harinya dan merasa kulitnya menjadi lebih baik. Jae ‘Day6’ pun mengungkapkan pada penggemarnya kalau rutinitas skincare-nya hanya foam cleanser.

5. Cocok untuk pemilik kulit mudah berjerawat

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Jika memiliki kulit berjerawat, tren diet skincare ini sangat pas untukmu. Pasalnya, diet skincare membantu membersihkan kulit wajah dengan mengurangi pemakaian produk yang mengandung bahan-bahan keras, mengandung fragrance, dan essential oil. Kesemuanya dapat memicu jerawat pada kulit.

Selain itu, diet skincare ini juga sangat cocok untuk mereka yang tinggal di negara tropis. Sebab, banyak lapisan skincare pada kulit dapat meninggalkan rasa lengket. Jadi, mengurangi lapisan skincare pada kulit dapat memberikan rasa ringan pada kulit.

6. Cukup dengan tiga produk

Pinterest.com/Chnar Design Co.

Jika ingin melakukan diet skincare, produk apa saja yang tetap dipakai dan apa saja yang harus dibuang atau disimpan? Umumnya, ada 3 produk yang dianggap sebagai esensial, di antaranya face wash, moisturizer, dan sunscreen.

  • Face wash berfungsi untuk membersihkan wajah dari kotoran dan debu. Jika menggunakan makeup, jangan lupa untuk melakukan double cleansing dengan menggunakan cleansing oil sebelum cleanser.
  • Moisturizer berfungsi untuk menjaga hidrasi kulit. Untuk menjaga kekenyalan kulit, pilih moisturizer yang kaya kandungan antioksidan dan hyaluronic acid.
  • Sunscreen berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat merusak kulit.

Jika merasa rutinitas skincare-mu saat ini nggak memberikan hasil yang optimal, atau justru memicu iritasi, coba untuk melakukan diet skincare ini, Bela. Cukup gunakan 3 produk, pencuci wajah, pelembap, dan tabir surya. Kamu juga bisa mencoba diet skincare ala idol, seperti Jae ‘Day6’ yang hanya menggunakan cleanser. Coba terapkan dan lihat hasilnya pada kulitmu.

IDN Media Channels

Latest from Skin