Segala sesuatu yang dipakai secara berlebihan memang bisa berdampak buruk pada penampilan maupun kesehatan. Termasuk 9 hal di bawah ini. Simak yah!

1. Primer makeup

9 Rutinitas Kecantikan Ini Nggak Boleh Terlalu Sering Dilakukanpopsugar.com
Sebagian besar primer mengandung silikon dan hal ini berbahaya bagi kulit wajah. Sebaiknya, cukup dipakai saat dibutuhkan saja dan pastikan untuk membersihkan wajah dengan teliti. 

2. Petroleum Jelly

9 Rutinitas Kecantikan Ini Nggak Boleh Terlalu Sering DilakukanRefinery29.com
Faktanya, petroleum jelly dapat membuat lapisan yang mencegah kelembapan atau udara penetrasi sehingga membuat kulit jadi lebih kering dari sebelumnya.

3. Sikat pembersih wajah

9 Rutinitas Kecantikan Ini Nggak Boleh Terlalu Sering DilakukanAliExpress.com
Sebagian dari kita pasti senang menggunakan sikat pembersih wajah elektronik, karena kulit jadi terasa sangat bersih. Namun, rupanya hal ini kulit menjadi kering bahkan berjerawat. Sebaiknya, cukup digunakan saat tertentu saja seperti ketika menggunakan makeup berlebih. 

4. Eyelash extension

9 Rutinitas Kecantikan Ini Nggak Boleh Terlalu Sering DilakukanRefinery29.com
Jika terlalu sering, eyelash extension dapat merusak bulu mata alami akibat penggunaan lemnya. Jadi, batasi pemakaian eyelash extension atau ganti dengan bulu mata palsu sekali pakai. 

5. Body scrub

9 Rutinitas Kecantikan Ini Nggak Boleh Terlalu Sering Dilakukanstylist.co.uk

Scrub biasanya mengandung eksfoliator seperti mutiara. Bahan ini dapat mengangkat kolagen alami kulit dan menyebabkan kulit rentan pada bakteri dan matahari.

6. Masker rambut

9 Rutinitas Kecantikan Ini Nggak Boleh Terlalu Sering DilakukanSouthernliving.com
Pastikan untuk nggak menggunakan hair mask lebih dari seminggu sekali karena produk ini dapat membuat rambut lepek, nggak mengembang, dan susah untuk ditata.

7. Matte liquid lipstick

9 Rutinitas Kecantikan Ini Nggak Boleh Terlalu Sering DilakukanYoutube.com/ Cosmobyhaley
Formula produk ini dapat mengeringkan bibir dan membuatnya menjadi terkelupas. Karenanya, hindari penggunaannya setiap hari dan gantilah dengan lip balm

8. Kondisioner

9 Rutinitas Kecantikan Ini Nggak Boleh Terlalu Sering Dilakukanpagalparrot.com

Aplikasikan kondisioner jangan sampai akar rambut, dan cuci selama semenit untuk menghindari produk masih menempel di rambut. 

9. Dry shampoo

9 Rutinitas Kecantikan Ini Nggak Boleh Terlalu Sering Dilakukanpinterest.com

Dry shampoo yang berlebihan dapat membuat produk mengendap di kulit kepala dan susah dibersihkan. Semakin sering digunakan, bahan dry shampoo dapat menghalangi kulit kepala bernafas sehingga menghambat pertumbuhan rambut baru. Sebaiknya, cukup digunakan seminggu sekali saja. 

 

BACA JUGA: Buat Kamu yang Pemula, Cukup dengan 5 Langkah Ini Kamu Akan Tampil Beda, Bela!