Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Hendak Memilih Jenis Foundation

Wajib diperhatikan nih!

Vidya Nathania

Sebagai alas bedak, foundation merupakan salah satu produk makeup yang sangat dibutuhkan untuk menghasilkan riasan yang sempurna. Namun, seringkali masih banyak yang salah dalam memilih produk foundation. Memilih foundation memang memiliki tantangan tersendiri, untuk itulah betapa pentingnya untuk mempelajari kesalahan-kesalahan yang tidak kamu sadari di bawah ini. Simak terus ya!

1. Menyamakan warna foundation dengan warna kulit tangan

lubloggt.de

Mungkin hal yang satu ini masih menjadi suatu hal yang dilakukan jutaan orang di dunia yaitu mengaplikasikan produk tester foundation pada tanganmu. Padahal, warna kulit tanganmu dan kulit wajahmu sangatlah berbeda. Hal ini yang dapat membuatmu memilih warna foundation yang salah, seperti warna yang telalu gelap atau terang. Sebaiknya, tes pada bagian jawline atau dagu untuk mengetahui shades foundation yang tepat untuk kamu.

2. Memilih jenis foundation yang tak sesuai dengan jenis kulit

thelist.com

Banyak perempuan yang mencoba-coba suatu produk foundation karena mengikuti tren saja dan tidak mencocokkan terlebih dahulu dengan jenis kulit wajahnya. Seperti contohnya, sebagian perempuan membeli foundation dengan hasil akhir dewy, padahal jenis kulitnya adalah kulit berminyak dan hal inilah yang malah membuat hasil makeup terkadang menjadi tidak sempurna. Untuk itulah perlu sekali lebih memperhatikan tipe kulit masing-masing dan jangan membeli produk hanya karena tren saja ya.

3. Tidak cek dengan teliti apakah foundation yang hendak dibeli cepat teroksidasi

picswe.com

Beberapa produk foundation dapat menggelap pada wajah setelah beberapa jam usai diaplikasikan pada kulit wajah, hal ini yang disebut sebagai foundation yang mudah teroksidasi. Sebelum memilih suatu produk, sebaiknya cari tahu dahulu apakah foundation tersebut mudah teroksidasi atau tidak. Jika iya, pilih warna yang lebih terang satu tingkat di atas warna kulitmu.

4. Memilih shades yang tidak sesuai dengan undertone

simplysona.com

Foundation memang memiliki banyak shades, namun tak cukup sekedar terang, medium dan gelap saja lho. Karena setiap warna kulit memiliki undertone yang berbeda-beda, sebaiknya hal yang satu ini wajib diperhatikan. Ada sebagian perempuan yang memiliki undertone hangat seperti kuning langsat, ada juga yang memiliki undertone dingin yaitu fair white dan ada juga yang memiliki undertone netral, warna kulit perpaduan antara hangat dan dingin. Untuk mengetahui undertone-mu apa, cek melalui warna urat nadimu. Jika urat nadimu berwarna biru keunguan berarti kamu si undertone dingin, jika urat nadimu berwarna hijau berarti kamu si undertone hangat dan jika kamu memiliki kedua warna tersebut, berarti kamu memiliki undertone netral.

5. Hanya memilih satu warna foundation saja

shoppinginromania.com

Mungkin, masih banyak perempuan yang beranggapan bahwa satu warna foundation saja cukup, padahal jarang sekali untuk menemukan shades yang benar-benar sesuai dengan warna kulitmu. Untuk itu, sebaiknya kamu memiliki minimal dua warna foundation yang dapat dicampur untuk menghasilkan shades yang sesuai dengan warna kulitmu.

Nah, kelima hal di atas wajib kamu perhatikan ya sebelum memilih produk foundation yang tepat agar terhindar dari produk foundation yang salah!

IDN Media Channels

Latest from Make Up