Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

#IAMREAL: Karina Nadila, Ini Rahasia Cantik Puteri Indonesia

Cantik itu terawat

Niken Ari Prayitno

Saat berusia 25 tahun, Karina Nadila Niab tidak pernah menyangka bahwa ia bisa mendapatkan gelar Puteri Indonesia Pariwisata 2017 sekaligus mewakili provinsi Nusa Tenggara Timur, kampung halamannya. Padahal sebelum berani mengambil keputusan untuk mengikuti ajang pemilihan Puteri Indonesia, perempuan yang lahir pada 21 Agustus 1992 ini harus bekerja ekstra keras untuk mendapatkan kulit yang bersih.

“Memang kan aku kulitnya sensitif banget dan sempat jerawatan parah banget dari muda. Jadi waktu mau ikutan Puteri Indonesia itu aku bener-bener cari cara supaya jerawat di wajah tuh berkurang banget.”

Ditemui belum lama ini saat sesi pemotretan kampanye #IAMREAL dengan isu Natural Beauty bersama Popbela di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Karina bercerita bagaimana pengalamannya mengikuti pemilihan Puteri Indonesia, bagaimana ia menutupi kekurangan tubuhnya, dan menunjukkan kebanggaan akan kelebihan dirinya.

Popbela.com/Photographer: Bona Soetirto

Perawatan Alami untuk Tubuh

Kembali ke masalah kulit berjerawat yang pernah Karina alami, ia mengaku merawat wajahnya dengan cara alami. Salah satu yang ia lakukan adalah dengan rutin mengonsumsi honey lemon shots setiap pagi.

“Sejujurnya aku orang yang super cuek dengan masalah perawatan tubuh, tapi beruntung mamiku perhatian banget dengan apa yang terjadi dengan anaknya ini. Mamiku setiap pagi selalu bikinin aku honey lemon shots.”

Selain honey lemon shots, yang tak kalah penting untuk menjaga penampilan fisik, terutama wajahnya, agar tetap prima adalah dengan rutin mengonsumsi air putih yang cukup. “Semenjak menginjak usia 26 tahun, baru bener-bener serius untuk rutin minum air putih. Dulu-dulu aku cuek banget sama diriku sendiri, terlebih dengan asupan air putih,” jelasnya.

“Natural Beauty akan Terpancar Kalau Kita Bersyukur”

Perempuan mana yang tidak ingin tampil cantik di berbagai kesempatan? Berbagai cara dilakukan agar penampilannya selalu menarik. Namun menurut Karina, cantik natural akan muncul dengan sendirinya dari dalam diri.

“Kalau menurut aku natural beauty itu akan terpancar kalau kita happy and positif walaupun itu susah banget. Karena manusia penuh dengan keinginan, nggak puas, susah bersyukur. Tapi natural beauty itu akan terpancar kalau kita pintar bersyukur. Kalau kita percaya Tuhan akan selalu ada di setiap langkah kita, kita akan selalu positif apapun yang terjadi. Tapi kalau natural beauty itu lebih kepada fisik, aku percaya natural beauty akan terpancar kalau selalu bahagia dan bisa menyebarkan hal yang positif ke orang lain,” katanya.

Popbela.com/Photographer: Bona Soetirto

Percaya Diri dengan Menonjolkan Kelebihan Tubuh

“Sepertinya bohong kalau ada orang yang bilang nggak punya bagian tubuh yang membuatnya merasa nggak pede, makanya ada kelebihan lain yang kamu tonjolkan untuk menutupinya,” jelas Karina saat ditanya soal bagian tubuh yang membuatnya merasa nggak percaya diri.

“Kalau dari wajah sih, sebetulnya aku merasa cukup semua tapi aku merasa lebih pede dari sisi sebelah kiri dibandingkan sebelah kanan. Alasannya, sisi sebelah kanan aku lebih chubby. Tapi kalau bagian tubuh, aku cukup puas dengan apa yang aku punya sekarang.”

Kelebihan lain dari Karina yang membuatnya percaya diri adalah mata. Alasannya? “Because it is speak so well, especially in the camera,” curhatnya.

Jangan Bandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Salah satu kampanye kecantikan yang Karina usung semenjak meraih gelar Puteri Indonesia adalah meyakinkan kepada semua millennials kalau kecantikan itu terpancar dari dalam dan terawat. Bagi Karina, kalau kulit kita sehat dan terawat, cantik alami akan muncul dengan sendirinya. Salah satu hal lain yang bisa memancarkan kecantikan pada diri setiap orang ialah berpikir positif, menerima keadaan fisik sendiri dan bersyukur dengan apa yang kita punya..

“Kalau mendengar komentar orang juga kan nggak akan ada habisnya. Jadi untuk menghadapinya ya disyukuri saja. Caranya dengan rutin olahraga dan merawat diri, supaya target apapun yang diinginkan tercapai,” kata mahasiswi magister di PPM School of Management ini.

Popbela.com/Photographer: Bona Soetirto

Pernyataan Karina memang benar adanya, bayangkan deh bagaimana kalau kita terus-terusan memikirkan penilaian orang lain atau bahkan rasa tak percaya diri yang kamu rasakan karena sering kali membandingkan diri dengan orang lain. Padahal, perspektif tersebut salah besar, Karina pun menyetujuinya.

“Don’t compare yourself with another person. Karena membandingkan itulah yang sebenarnya membuat kita nggak pede. Kita harus sadar uniknya kita apa, cantiknya kita apa. Kalau sudah tahu, biar itu yang akan kita gali dan diperlihatkan ke orang lain sebagai kelebihan yang kita punya,” tutup perempuan yang memiliki tinggi 170 cm ini. 

Popbela.com/Photographer: Bona Soetirto

Photo Credit:

Photographer: Bona Soetirto

Makeup & Hair: Archangela Chelsea

Stylist: Alia Husin

Fashion Editor: Michael Richards

Asst. Photographer: Ahmad Wahyudi

Asst. Stylist: Scarlett Koswara, Lizda Fathia

Wardrobe: H&M

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Make Up