Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Melepas Kuku Palsu yang Mudah, Aman, dan Cepat

Nggak bikin kuku rusak

Nafi' Khoiriyah

Memakai kuku palsu menjadi hobi banyak perempuan untuk membuat kuku terlihat lebih menawan. Namun, hal yang paling menyebalkan dari memakai aksesori ini adalah cara melepas kuku palsu

Kamu harus memiliki metode yang tepat untuk membuat kuku yang dilepaskan tidak merusak kuku aslimu. Sebab jika sembarangan, bukan hanya merusak saja, tetapi jari-jarimu juga bisa terluka. 

Nah, Popbela.com akan memberitahu beberapa langkah melepas kuku palsu dengan mudah, cepat, dan tentunya aman. Simak ya, Bela!

1. Kikir kuku terlebih dahulu

lorealparisusa.com

Cara melepas kuku palsu yang pertama dimulai dari mengikir permukaan kuku terlebih dahulu. Dengan mengikir permukaan kuku, kuku akan menjadi lebih kasar sehingga akan membuat kuku palsu lebih melunak dengan aseton. 

Namun, berhati-hatilah supaya tidak sampai mengikir kuku aslimu. Setelah mengikir kuku, kamu juga bisa membasahinya dengan minyak kutikula. Hal ini digunakan untuk menjaga kuku tetap lembap selama proses pelepasan kuku palsu. 

2. Bungkus kuku dengan aseton

byrdie.com

Setelah itu, siapkan aseton untuk diletakkan di setiap kuku. Sebenarnya, ada dua cara menggunakan aseton, yakni dengan mencelupkan tangan ke mangkuk berisi aseton atau merendam kapas kemudian dibungkus dengan aluminium foil ke dalam kuku. 

Jika ingin memakai metode aluminium foil, lebih dulu basahi kapas dengan aseton. Setelah itu, letakkan kapas tepat di atas kuku palsu sampai menutupi seluruh kuku. Setelah itu, bungkus dengan aluminium foil seperti pada gambar. 

3. Tunggu selama kurang lebih 20 menit

kxan.com

Jika semua kuku telah tertutupi dengan aseton dan aluminium foil, cara melepas kuku palsu selanjutnya adalah dengan mendiamkannya terlebih dahulu. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit sebelum melepaskan aluminium foil. Waktu tersebut akan memudahkan kamu untuk mengangkat kuku palsu. 

4. Lepaskan kuku palsu

beautyheaven.com

Setelah 20-30 menit, gunakan pendorong kutikula atau alat lainnya untuk mengangkat kuku palsu. Kamu bisa mendorongnya secara perlahan atau mengikisnya dengan pendorong kutikula. Namun apabila belum berhasil, kamu bisa mengulangi proses sebelumnya sampai kuku palsu bisa diangkat. 

5. Bersihkan plat kuku

byrdie.com

Nah, cara melepas kuku palsu yang terakhir adalah dengan menggosok perlahan residu yang tersisa dengan kikir halus atau penggosok. Gosoklah kuku dengan lembut untuk menghilangkan sisa produk dan menghaluskan permukaan. 

Setelah selesai, cuci tangan dengan minyak kutikula dan pelembap agar kuku kembali terhidrasi. Penggunaan krim tangan atau pelembap juga disarankan untuk membuat tangan lebih terhidrasi. 

Itulah cara melepas kuku palsu secara bertahap. Sekarang, kamu tak perlu khawatir lagi akan kesulitan melepas kuku palsu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Make Up