Kuku adalah bagian dari tubuh yang juga perlu dirawat. Penampilan kuku yang sehat dan cantik dapat meningkatkan rasa percaya diri, khususnya pada seorang perempuan. Bagaimana sih cara merawat kuku agar tidak rapuh dan tetap cantik?

Nah buat kamu yang masih belum menemukan cara merawat kuku yang simpel tetapi berpengaruh, ini dia 5 cara untuk merawat kuku yang bisa dilakukan di rumah. Dilakukan rutin ya, biar bikin kuku makin sehat dan cantik!

1. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Nail Polish

Biar Nggak Rapuh, Ini 7 Cara Merawat Kuku yang Bisa Dilakukan di Rumahhealthline.com

Kandungan bahan kimia pada cat kuku atau nail polish cukup keras dan mampu membuat kuku rapuh. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak terlalu sering mengecat kuku. Berikanlah jeda dalam pewarnaan kuku agar bisa bernapas. Selain nail polish yang mengandung bahan kimia yang membuat kuku rapuh, nail remover atau aseton juga mengandung alkohol tinggi yang menyebabkan kuku rapuh dan tidak bersinar.

2. Jangan Menggunakan Kikir Kuku Terlalu Sering

Biar Nggak Rapuh, Ini 7 Cara Merawat Kuku yang Bisa Dilakukan di Rumahthelist.com

Membentuk kuku memang menyenangkan karena membuat penampilannya lebih cantik. Tetapi ternyata mengikir kuku ini tidak boleh dilakukan terlalu sering karena akan membuat kuku lebih rapuh. Pastikan kamu tidak terlalu sering mengkikir kuku apabila tidak ingin menjadi rapuh dan mudah patah ya, Bela!

3. Menggunakan Vitamin Khusus Kuku

Biar Nggak Rapuh, Ini 7 Cara Merawat Kuku yang Bisa Dilakukan di Rumahdok.Internet

Untuk mendapatkan kuku yang tidak rapuh, tentu kita harus memperkuatnya. Cara memperkuat kuku antara lain adalah dengan aplikasi vitamin kuku. Setelah melakukan perawatan kuku seperti manicure, pastikan juga menggunakan vitamin kuku yang dapat membuat kuku lebih kuat dan juga sehat ya.

4. Gunakan Growth Serum

Biar Nggak Rapuh, Ini 7 Cara Merawat Kuku yang Bisa Dilakukan di Rumahhealthline.com

Hampir sama fungsinya dengan vitamin kuku, growth serum adalah produk khusus perawatan kuku yang dapat merangsang pertumbuhannya. Hal ini tentu mengatasi permasalahan kuku yang rapuh dan mudah patah. Aplikasikan growth serum pada kuku seminggu 2 kali untuk mengembalikan keadaan kuku yang rapuh seperti semula dan lebih sehat.

5. Menggunakan Minyak Zaitun

Biar Nggak Rapuh, Ini 7 Cara Merawat Kuku yang Bisa Dilakukan di Rumahcookist.com

Selain untuk kulit, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk merawat kuku yang rapuh. Kandungan di dalam minyak zaitun dapat memperkuat kuku. Gunakan minyak zaitun kemudian pijat perlahan untuk memastikan kandungan minyak zaitun masuk ke dalam kuku sehingga ternutrisi dengan baik.

6. Gunakan Lidah Buaya

Biar Nggak Rapuh, Ini 7 Cara Merawat Kuku yang Bisa Dilakukan di Rumahhealthline.com

Ingin mendapatkan tampilan kuku yang kuat dan juga bercahaya? Lidah buaya disebut-sebut sebagai bahan yang dapat membantu kamu mendapatkan kuku idaman tersebut. Cara penggunaannya cukup mudah, oleskan gel lidah buaya secara rutin seminggu tiga kali pada permukaan kuku yang telah dibersihkan.

7. Menggunakan Hand Cream

Biar Nggak Rapuh, Ini 7 Cara Merawat Kuku yang Bisa Dilakukan di Rumahwhich.co.uk

Selain menggunakan berbagai produk khusus kuku, kamu juga bisa menjaga kelembapan kulit sebagai tempat kuku menempel dengan penggunaan hand cream. Kulit yang terawat tentu membantu agar kuku pun lebih sehat dan kuat sehingga tidak mudah patah. Pastikan kamu memilih hand cream yang mengandung kandungan yang menutrisi kulit seperti vitamin E, shea butter dan masih banyak lagi.