Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Begini Lho Cara Mengatasi Bibir Pecah pecah yang Ampuh

Dijamin bibirmu akan tampak lebih indah!

Jennifer Alexis

Bibir yang lembap dan tampak kemerahan menjadi tanda kalau kamu memiliki bibir yang sehat. Sayangnya, banyak faktor yang membuat tampilan bibir jadi kurang indah. Salah satu masalah yang cukup sering dialami adalah bibir pecah-pecah. Selain faktor udara dan kesehatan tubuh yang sedang menurun, penggunaan produk lipstik yang kurang tepat pun ikut jadi penyebabnya. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Supaya lebih sehat, ini tujuh cara mengatasi bibir pecah-pecah yang bisa kamu ikuti!

1. Cukupi kebutuhan cairan

medicalnewstoday.com

Salah satu penyebab bibir pecah-pecah adalah kurangnya cairan dalam tubuh. Tubuh menjadi dehidrasi sehingga membuat kulit menjadi kering, termasuk bagian bibir. Agar hal ini tidak terjadi, pastikan kamu mencukupi kebutuhan cairan harianmu dengan meminum minimal delapan gelas air putih per hari.

2. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

asianjournal.com

Tidak hanya baik bagi pencernaan, mengonsumsi buah dan sayur juga baik bagi kesehatan mulut lho. Konsumsilah buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C agar bibir lebih sehat dan tampak cerah.

3. Sikat bibir saat gosok gigi

blog.stylewe.com

Bibir pecah-pecah merupakan salah satu tanda adanya penumpukkan sel kulit mati pada bibir. Salah satu cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan menyikat bibir dengan lembut selagi menggosok gigi. Dijamin bibirmu akan tampak lebih lembut setelahnya.

4. Eksfoliasi bibir secara rutin

willotreesoapcompany.com

Selain menyikatnya, cara mengatasi bibir pecah-pecah yang nggak kalah ampuh adalah dengan mengeksfoliasinya secara rutin dengan menggunakan scrub. Kamu bisa menggunakan lip scrub yang ada di pasaran atau gunakan diy scrub yang terbuat daru gula pasir dan madu alami.

5. Aplikasikan lip balm setiap hari

burst.shopify.com

Bibir pecah-pecah akan terlihat kering dan tidak sehat. Oleh karena itu, untuk mengatasinya jangan lupa untuk selalu menggunakan lip balm agar bibirmu tetap halus dan lembut. Aplikasikan juga di malam hari sebelum tidur dan gosok dengan lembut esok paginya. Nggak akan ada lagi deh bibir pecah-pecah yang mengganggu!

6. Hindari kebiasaan menjilat bibir

refinery29.com

Punya kebiasaan menjilat bibir? Yuk, hentikan kebiasaan tersebut dari sekarang! Menjilati bibir hanya akan membuatnya semakin kering hingga akhirnya tampak pecah-pecah. 

7. Jangan gunakan lipstik matte untuk sementara

bkyrouncefield.com

Jika bibirmu sedang dalam keadaan pecah-pecah yang cukup parah, sebaiknya hindari penggunaan lipstik matte untuk sementara. Cukup aplikasikan lip balm atau lip butter agar bibirmu tetap terawat. Jika memang butuh untuk memberikan sedikit warna, kamu bisa menggunakan lip tint atau lip gloss.

Yuk, segera dicoba cara mengatasi bibir pecah-pecah yang ampuh ini, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Health