Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Rambut Kamu Mudah Lepek

Salah satunya adalah stres.

Shavira Annisa Putri

Secara umum, rambut lepek terjadi karena kita hidup di Iklim tropis, cuaca panas, dan tingkat polusi yang tinggi. Tapi ternyata, kebiasaan yang sering kita lakukan menjadi penyebab utama timbulnya rambut lepek lho, Bela. Kira-kira apa saja kebiasaan tersebut? Langsung simak aja yuk!

1. Salah menggunakan produk

freepik.com

Rambut lepek dapat terjadi ketika kamu salah menggunakan produk perawatan. Untuk kamu yang memiliki oily scalp, sebaiknya hindari produk yang dapat melembapkan. Karena, akan membuat rambut kamu terasa berminyak. Jadi, pilih produk yang sesuai dengan kondisi rambut, ya! 

2. Keramas menggunakan air panas

freepik.com

Keramas menggunakan air panas akan membuat tubuh terasa lebih rileks. Namun, hal ini akan membuat rambutmu menjadi mudah lepek. Suhu air yang panas dapat meningkatkan produksi sebum berlebih pada kulit kepala. Sebaiknya gunakan air dengan suhu normal saja. 

3. Mengaplikasikan conditioner di kulit kepala

freepik.com

Sampai saat ini, banyak orang yang masih mengaplikasikan conditioner pada kulit kepla. Padahal, kulit kepala kamu tidak membutuhkan conditioner lho. Justru, jika kamu melakukan hal ini, maka membuat rambut jadi mudah berminyak dan terlalu lembap. Sehingga, rambut lepek tidak bisa kamu hindari. 

4. Mengikat rambut dalam keadaan basah

hairstylecamp.com

Selain menimbulkan ketombe, mengikat rambut dalam keadaan basah juga menjadi salah satu penyebab rambut lepek. Karena, rambut yang basah lalu diikat tidak dapat bernapas dan memicu produksi minyak berlebih. 

5. Sering menyentuh rambut

freepik.com

Bagi sebagian orang, sering menyentuh rambut sudah menjadi kebiasaan. Tetapi, tangan yang kotor akan mentransfer kotoran atau minyak ke rambut. Sehingga tanpa disadari rambut jadi cepat berminyak.

6. Menggunakan sisir yang kotor

pinterest.com

Sisir menjadi salah satu benda yang rentan mengalami kotor yang berasal dari sisa produk rambut atau debu. Kotoran-kotoran tersebut tentu akan pindah ke rambut kamu saat sedang menyisir. Jadi, jangan lupa untuk rutin membersihkan sisir kamu, ya! 

7. Stres

pinterest.com

Selain memengaruhi kesehatan tubuh, stres juga dapat menyebabkan rambut rontok, cepat timbul uban, rontok, berminyak hingga terjadinya kebotakan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk redakan stress kamu dengan melakukan aktivitas yang membiat kamu bahagia dan rileks.

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Hair