Tak dapat dipungkiri bahwa bagi perempuan, rambut tak hanya dianggap sebagai pelindung kepala saja, tetapi juga dianggap sebagai penyempurna penampilan. Maka penting sekali untuk memperhatikan bagian yang satu ini biar bisa tampil lebih maksimal. 

Salah satu masalah rambut yang sangat mengganggu penampilan ialah rambut lepek. Rambut lepek, yang disebabkan penumpukan minyak pada kulit kepala ini membuat banyak perempuan ingin mencari solusinya. 

Kini, di tengah perawatan rambut yang tersedia tentunya kamu juga membutuhkan solusi terbaik yang dapat kamu ubah melalui kebiasaanmu dalam merawat rambut. Hmm kira-kira apa saja ya cara mengatasi rambut lepek tersebut? Baca terus sampai habis ya!

1. Mencuci rambut secara rutin

Cara Mengatasi Rambut Lepek yang Wajib Kamu Lakukangoodhousekeeping.com

Cara mengatasi rambut lepek yang pertama ialah dengan mencuci rambut secara rutin dibanding dengan orang normal lainnya. Karena penyebab rambut lepek ialah kelenjar minyak yang memproduksi minyak berlebih di kulit kepala yang kemudian tercampur dengan debu dan kotoran, maka rambut juga harus sering dibersihkan.

2. Keramas dengan menggunakan air hangat

Cara Mengatasi Rambut Lepek yang Wajib Kamu Lakukantoptengama.com

Air hangat dipercaya dapat membuat kulit kepala terasa lebih kering. Hal ini mungkin menjadi sesuatu yang harus dihindari bagi sebagian orang. Namun, bagi si pemilik kulit rambut lepek, hal tersebut malah menjadi salah satu cara mengatasi rambut lepek lho!

3. Hindari penggunaan kondisioner

Cara Mengatasi Rambut Lepek yang Wajib Kamu Lakukanbustle.com

Kondisioner memang dikenal sangat bagus dalam memberikan kelembapan dan nutrisi pada rambut, namun kondisioner juga malah bisa menjadi bencana bagi pemilik rambut lepek. Sebaiknya buat kamu yang berambut lepek, hindari penggunaannya dan sebaiknya ganti dengan sampo yang sudah memiliki kandungan vitaminnnya.

4. Rutin menggunting rambut

Cara Mengatasi Rambut Lepek yang Wajib Kamu Lakukanthelist.com

Perlu diketahui bahwa rambut panjang dan berat dapat menjadi penyebab rambutmu lepek lho! Pasalnya, rambut yang sudah lama tak dipotong akan tumbuh secara tak beraturan dan terlalu tebal sehingga dapat memicu kelenjar minyak dalam menghasilkan minyak pada rambut.

5. Menggunakan dry shampoo

Cara Mengatasi Rambut Lepek yang Wajib Kamu LakukanYouTube.com

Cara mengatasi rambut lepek yang paling praktis adalah dengan menggunakan produk hits yang satu ini. Dry shampoo memang diciptakan untuk mengatasi rambut lepek dengan menyemprotkannya pada kulit kepala sehingga rambut lepekmu seketika akan kembali normal. 

6. Mengaplikasikan lemon

Cara Mengatasi Rambut Lepek yang Wajib Kamu Lakukanprideofhair.com

Lemon memang dikenal sebagai bahan alami yang dapat mengontrol minyak berlebih. Untuk itulah, buah yang satu ini cocok sekali digunakan sebagai cara mengatasi rambut lepek yang wajib kamu lakukan setelah keramas. Cukup aplikasikan buah lemon yang sudah diiris tipis dan gosokkan secara perlahan. Tetapi, jangan terlalu sering ya Bela, agar kulit kepalamu tak terlalu kering.

7. Mengurangi penggunaan aksesori kepala terlalu sering

Cara Mengatasi Rambut Lepek yang Wajib Kamu Lakukanshutterstock.com

Tak dapat dipungkiri bahwa ternyata penyebab rambut lepek tak hanya dari seringnya menggunakan helm tetapi juga seringnya menggunakan aksesori kepala seperti topi, bandana, jepit rambut, dan masih banyak lagi. Hal tersebut terjaid karena gesekan aksesori dengan kulit kepala yang merangsang keluarnya minyak di kepala. Sebaiknya, hindari penggunaan aksesori yang terlalu sering ya!

Itulah 7 cara mengatasi rambut lepek yang bisa kamu bangun menjadi kebiasaan dalam merawat rambut sehari-hari. Cukup mudah kan Bela? Semoga artikelnya bermanfaat ya!

Baca Juga: Ini Tips Mengatasi Rambut Rontok