Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Self-Care Terbaik Berdasarkan Moon Sign yang Kamu Miliki 

Supaya self-care yang kamu lakukan jadi lebih maksimal.

Elga Windasari

Mungkin kamu masih belum familiar dengan istilah moon sign atau tanda bulan, ya. Masih seputar Astrologi, bedanya dengan zodiak yang selama ini dilihat dari tanggal lahir, moon sign dilihat lebih spesifik mulai dari tanggal, waktu, hingga tempat kita lahir.

Menurut peramal dan penulis The Astrology Deck, Lisa Stardust, tanda bulan mengatur sifat emosional seseorang dan bagian dari diri yang nggak dapat diungkapkan secara harfiah, tapi bisa dirasakan pada tingkat yang dalam dan penuh perasaan.

Tanda bulan juga mewakili ingatan, ide mengenai kenyamanan, dan tindakan yang bisa kamu ambil untuk memelihara diri sendiri dan orang lain. Itulah mengapa beda tanda bulan, beda juga bagaimana cara kamu melakukan self-care yang terbaik untuk diri sendiri.

Bagaimana mengetahui Moon Sign (tanda bulan) yang kamu miliki?

Pexels.com/Maksim Goncharenok

Nggak seperti zodiak yang nggak akan pernah berubah, moon sign akan berganti tanda setiap 2-2,5 hari.

Untuk menentukan kamu memiliki moon sign apa, kamu bisa menggunakan kalkulator moon sign yang biasanya tersedia di web khusus astrologi. Pastikan saja kamu perlu mengetahui tiga hal ini: tanggal lahir, waktu lahir, dan lokasi tempat dilahirkan.

Setelah mengetahui apa moon sign kamu, cek di bawah ini untuk mengetahui self-care apa yang terbaik untukmu.

1. Moon sign Aries: bermeditasilah

freepik.com/pressfoto

Kamu yang memiliki tanda Bulan di Aries, mungkin memiliki sifat impulsif. Akibatnya, kamu harus memasukkan meditasi teratur ke dalam rutinitas. "Ini akan membantu menenangkan tekanan internal sehingga kamu tahu bagaimana menghadapi emosi yang panas," kata Lisa.

2. Moon sign Taurus: manjakan dirimu

hellosehat.com

Lisa mencatat bahwa tanda bulan akan "ditinggikan" di Taurus. Untuk itu, dia menyarankan kamu untuk memanjakan diri dengan pergi ke spa untuk mandi mewah, massage, dan bahkan facial.

3. Moon sign Gemini: bicarakan tentang emosimu

Pexels.com/Ketut Subiyanto

Gemini dikenal sebagai social butterfly. Komunikasi adalah kekuatan dan juga metode mereka memproses dunia. Singkatnya, tanda bulan di Gemini memahami kehidupan mereka dengan membicarakan semuanya. Untuk self-care, Lisa menyarankan journaling atau menulis jurnal.

4. Moon sign Cancer: rangkullah inner child-mu

freepik.com/freepik

Kamu yang memiliki tanda bulan ini adalah orang yang senang memelihara dan sentimental. Lisa merekomendasikan untuk merangkul inner child diri dengan cara yang sama seperti kamu merawat orang lain. Misalnya, pergi ke taman rekreasi atau nonton film kesayangan, apa pun kegiatan yang memicu perasaan nostalgia.

5. Moon sign Leo: memberi kepada orang lain

Kekuatan super tanda bulan ini adalah kemurahan hati. Untuk melakukan self-care, kamu harus mempertimbangkan untuk memberi kepada orang lain. Pada dasarnya, lakukan sesuatu untuk orang lain, seperti merencanakan acara, membeli bunga, membuat makan malam, atau mengungkapkan perasaan.

6. Moon sign Virgo: istirahatlah secara mental

poorlittleitgirl.com

Kamu yang memiliki tanda bulan ini, nggak hanya merasakan emosi tapi juga menganalisisnya. Menurut Lisa, kamu ingin memahami batin sendiri dan mengekspresikannya sejelas mungkin, tapi hal ini bisa membuatmu jadi stres. Jadi, lakukan kegiatan yang mengistirahatkan pikiran, seperti menonton TV, membuat kerajinan, atau mendengarkan buku audio.

7. Moon sign Libra: kelilingi diri dengan keindahan

pexels.com/@dariabuntaria

Tanda bulan ini suka merasa selaras dengan lingkungan mereka. Karena itu, kamu harus mempertimbangkan untuk merasa penuh perhatian di ruang yang menyenangkan, seperti museum.

8. Moon sign Scorpio: lepaskan perasaanmu

resveralife.com

Tanda bulan ini sangat intens dan penuh gairah. Untuk melepaskan perasaan tersebut, kamu mungkin membutuhkan dorongan ekstra. Sebagai tindakan self-care, Lisa merekomendasikan untuk memproses—dan melepaskan—masa lalu melalui ritual detoksifikasi emosional dengan menuliskan semua yang kamu rasakan, lalu merobeknya.

9. Moon sign Sagitarius: jelajahi duniamu

popbela.com/AyuUtami

Mereka yang lahir dengan tanda bulan di Sagitarius mendambakan kebebasan, kata Lisa. Untuk self-care, dia merekomendasikan untuk bepergian atau menjelajahi lingkungan agar pikiran lebih segar. Jika itu nggak memungkinkan, pelajari tentang dunia melalui buku atau podcast.

10. Moon sign Capricorn: mintalah bantuan

Shutterstock/paulaphoto

Kamu yang memiliki tanda bulan ini mungkin bangga dengan kemandirian yang dimiliki. Tapi kamu nggak bisa melakukannya sendirian sepanjang waktu. "Kamu harus mengizinkan seseorang untuk merawatmu karena kamu selalu menjaga orang lain," kata Lisa.

11. Moon sign Aquarius: buat dirimu merasa berarti

Pexels.com/Rodnae Productions

Memiliki sifat kemanusiaan, tanda bulan ini peduli dengan "gambaran besar" dunia. Jadi, penting bagimu untuk terlibat dengan tujuan yang sangat disukai, contohnya melakukan kegiatan amal atau organisasi lokal. Membuat dirimu merasa berarti akan menyembuhkan masalah.

12. Moon sign Pisces: kembangkan imajinasimu

Boredpanda.com/ carolinelinsph

Lisa menggambarkan orang-orang dengan tanda bulan ini sebagai orang yang memberi dan intuitif. Untuk self-care, sebaiknya memanfaatkan intuisi melalui sisi kreatif dan imajinatifmu, misalnya dengan menari, memainkan alat musik, fotografi, membuat sketsa, dan menulis kreatif.

Nah, setelah tahu self-care mana yang terbaik untukmu sesuai dengan moon sign (tanda bulan) yang dimiliki, semoga self-care yang kamu lakukan jadi lebih maksimal dan membuatmu merasa segar kembali ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Zodiac