Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 10 Cara Membahagiakan Orangtua yang Nggak Berkaitan dengan Materi

Hayo, mau kapan lagi?

Rosita Meinita

Sebagai anak, tentunya kamu punya tekad yang besar untuk membahagiakan orangtuamu. Sebenarnya, banyak cara untuk menunjukkan rasa sayangmu kepada mereka, nggak hanya berupa materi karena bahagianya orangtua bukan diukur dari situ. 

Apalagi jika kamu berada di luar kota untuk bekerja, waktu yang kamu berikan nggak akan cukup untuk orangtua melepas rindu. Nggak melulu dengan uang, ini cara membahagiakan orangtua

1. Rutin telepon orangtuamu

freepik.com/rawpixels

Hal ini terdengar sangar simpel, tetapi sangat berarti untuk mereka. Menelepon berarti kamu membagikan kabar dan menanyakan bahwa mereka baik-baik saja. Kamu bisa meneleponnya seminggu sekali jika sibuk, atau jika longgar teleponlah sepulang kerja. 

2. Mengunjungi mereka

freepik.com/freepik

Jika kamu sudah berkeluarga, mungkin akan jarang untuk melihat orangtuamu setiap waktu. Cobalah untuk sesekali di sela-sela rutinitasmu untuk pulang dan mengunjunginya. Orangtua akan senang untuk mendengar ceritamu dengan pasangan ataupun tumbuh kembang anakmu. 

3. Mengantar berbelanja atau berobat

Pexels.com/Anthony Shkraba

Jika dahulu kamu sering diantar jemput oleh orangtua, kini saatnya kamu yang mengantar 
orangtuamu. Kamu bisa mengantarnya berbelanja bersama ataupun sekadar mengecek 
kesehatan. Inilah waktu yang tepat untukmu berbicara banyak, sambil mengemudi kamu bisa bernostalgia ataupun cerita tentang masa kecilmu. 

4. Beri ucapan pertama untuk ulang tahunnya

freepik.com/asier-relampagoestudio

Terkadang akan merasa spesial jika kamu akan menjadi yang pertama di hari spesialnya. Hal ini bisa kamu tunjukkan walaupun kamu sudah jauh ataupun berumah tangga. Bukan hadiahnya, tetapi orangtua akan senang jika kamu selalu ingat hari spesialnya. 

5. Belikan makanan kesukaan mereka

Pexels.com/Quang Nguyen Vinh

Tidak harus menunggu hari-hari spesial, kamu bisa kapan saja memberikan makanan kesukaan orangtuamu. Memberikan makanan kesukaan menunjukkan kepedulian kamu pada mereka. Nggak harus mahal, karena cara ini cukup untuk membuat mereka merasa diperhatikan oleh anaknya.

6. Perlakukan spesial mereka di Hari Ibu ataupun Hari Ayah

freepik.com/jcomp

Lakukan hal yang terbaik di Hari Ibu ataupun Hari Ayah. Beri mereka kartu ucapan dengan 
kalimat indah di dalamnya. Katakan kalian senang dan bangga menjadi anak mereka. Jika kamu nggak bisa bersama di hari itu, kamu bisa mengirimi hadiah kecil untuknya. Nggak harus mahal, kamu bisa membelikannya sesuatu kecil yang berkesan. 

7. Mengajak liburan bersama

freepik.com/freepik

Hal ini bisa kamu lakukan setahun 2x atau mungkin lebih intens. Jika kamu longgar di liburan, mengajak orangtua untuk pergi ke luar kota ataupun menikmati alam akan menjadi opsi yang tepat untukmu. Jika dahulu kamu yang diajak liburan, inilah saatnya kamu yang mengajaknya liburan. 

8. Mendengarkan nasihatnya

Pexels.com/Brett Sayles

Orangtua akan merasa bahagia saat anaknya mau mendengar dan mengikuti nasihatnya. Jadi saat orangtua memberi nasihat untukmu, baik itu seputar pekerjaan, hubungan asmara, atau apa pun, coba diikuti, ya.

9. Luangkan waktu untuk mengobrol

Pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Jika kamu sudah berkeluarga atau tinggal berjauhan dengan orangtua, maka sebisa mungkin kamu selalu meluangkan waktu untuk mengobrol dengan mereka. Jika tak bisa mengunjungi secara langsung, maka cara terbaik adalah dengan menelepon atau video call dengan mereka. Jangan hanya menelepon untuk berkeluh kesah, ya, dengarkan juga cerita mereka.

10. Sering ajak anakmu untuk bermain bersama orangtua

freepik.com/freepic.diller

Satu hal yang akan membuat orangtuamu senang adalah melihat tumbuh kembang cucunya. Disadari atau tidak, mereka akan bahagia karena kamu sudah memberikannya cucu untuknya. Beri kesempatan lebih banyak untuk anakmu bisa dekat dengan kakek dan neneknya.

Faktanya, cara membahagiakan orangtua itu mudah, bahkan nggak membutuhkan biaya yang banyak untuk melakukannya. Mulai sekarang, yuk bahagiakan orangtuamu selagi mereka masih ada.

IDN Media Channels

Latest from Single