Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Alasan Kamu Sulit untuk Berkencan, Kriteria Terlalu Tinggi?

Ada hal-hal yang harus diselesaikan sebelum berkencan

Raden Putri

Apakah kamu mengalami kesulitan dalam menemukan pasangan? Atau bahkan setiap hubungan yang kamu alami selalu berakhir dengan kegagalan? Ini bisa jadi tanda jika kamu terlalu pilih-pilih atau terlalu mengkritik orang lain.

Pasangan kamu juga mungkin mengeluh tentang kebiasaanmu yang satu ini dan menganggap kamu terlalu menjengkelkan. Alhasil, hubungan apa pun yang sedang kamu jalani tidak pernah bertahan lama dan berujung perpisahan.

Dilansir dari Times of India, terdapat beberapa alasan mengapa kamu sulit untuk berkencan. Apa saja? Simak informasinya berikut ini, yuk!

1. Standar terlalu tinggi

Pexels.com/cottonbro studio

Alasan pertama mengapa kamu sulit untuk berkencan adalah karena kamu memiliki standar yang terlalu tinggi. Hal ini menyebabkan kamu memiliki ekspektasi yang tidak realistis atau terlalu menuntut dari pasanganmu. Ekspektasi inilah yang membuat kamu akan kesulitan menemukan seseorang yang memenuhi kriteriamu. Pasangan atau orang yang sedang dekat denganmu mungkin akan merasa terbebani untuk memenuhi harapan yang terlalu tinggi itu.

2. Takut membuka hati untuk orang lain

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Takut untuk terbuka dengan hubungan baru dapat mencegah berkembangnya suatu hubungan emosional yang lebih dalam. Selain itu, saat kamu terbuka kepada pasangan, kamu juga membiarkan pasanganmu mengetahui bagaimana dirimu yang sebenarnya. Hal inilah yang kemudian akan membantu memperkuat hubungan itu sendiri. Tetapi, jika kamu menolak perubahan itu karena masih takut untuk terbuka, maka kamu tak jauh berbeda seperti sedang menghentikan diri sendiri untuk hubungan yang lebih serius.

3. Kurang kompromi

Pexels.com/Chevanon Photography

Kompromi dapat membentuk suatu hubungan. Dua orang yang akan merajut sebuah hubungan harus berkompromi dengan caranya sendiri untuk mempertahankan hubungan itu. Tetapi, jika salah satunya tidak mau atau tidak kooperatif dalam berkompromi, tentu akan sulit untuk mempertahankan hubungan yang sehat. Dalam hal lain, ini juga bisa disebut dengan berkorban pada hubungan.

4. Kesulitan memahami kebutuhan

Pexels.com/Chevanon Photography

Kesulitan untuk memahami kebutuhan dan keinginan sendiri dapat mempersulit membentuk hubungan yang kuat. Hal ini terjadi karena pasangan jadi sulit memahami satu sama lain dan bingung bagaimana cara membuat hubungan berjalan lancar. Saat memahami kebutuhan diri sendiri saja sulit, untuk apa menambah kesulitan dengan memikirkan pasangan? Jadi, ada baiknya untuk bisa memahami diri sendiri dahulu sebelum memulai suatu hubungan.

5. Masalah harga diri

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Harga diri yang rendah dapat membuat kamu kesulitan untuk percaya jika seseorang dapat benar-benar mencintai dan menerima kamu apa adanya. Alhasil, kamu akan kesulitan untuk membentuk suatu hubungan yang sehat karena selalu merasa tidak pantas untuk bersama orang lain. Jika masalah ini tidak diatasi sesegera mungkin, pasti akan ada saat di mana pasanganmu merasa kesulitan untuk membuatmu mengerti tentang besarnya perasaan yang mereka miliki untukmu. Akhirnya, bukan tidak mungkin mereka akan menyerah pada hubungan ini

6. Takut berkomitmen

Pexela.com/Burst

Takut akan komitmen atau tidak siap untuk hubungan yang serius dapat membuat kamu sulit untuk berkencan. Pasalnya, sulit untuk menemukan seseorang yang mau memberikan waktu dan energinya ke dalam hubungan yang tidak jelas kelanjutannya. Jadi, jika kamu menjalin hubungan dan ingin bersama orang tersebut sepanjang waktu, kamu harus bisa mengatasi masalah komitmen yang kamu miliki ini. Tujuannya adalah agar hubungan ini dapat bertahan bertahan sesuai dengan yang diharapkan.

IDN Media Channels

Latest from Single