Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Begini 5 Cara Memperbaiki Persahabatan yang Sudah Rusak

Selagi ada kesempatan, cobalah perbaiki

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Mempersatukan persahabatan yang rusak terkadang memang agak sulit, apalagi jika berpisah karena pertengkaran besar. Namun, ketika kamu dulunya memiliki kedekatan emosional dengan mereka, seharusnya masih bisa diperbaiki kembali. Persahabatan yang membaik akan memberi kita banyak hikmah serta pengalaman dalam hidup. Mengutip dari Symbis Assessment, ini 5 cara untuk memperbaiki persahabatan yang sudah rusak. Yuk, simak!

1. Memperhitungkan semuanya kembali

Pexels.com/cottonbro studio

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan apakah persahabatan yang rusak ini masih bisa diperbaiki atau tidak. Sebab, jika itu adalah pertemanan toxic, ini nggak akan berguna. Apalagi kalau harus memaksamu untuk menghilangkan prinsip atau mengabaikan harga dirimu. Sahabat yang baik akan memahami dan menghargai sudut pandangmu. Kalau memang sudah nggak sehat, maka lebih baik sudahi saja. Tetapi, kalau ikatan persahabatan itu berkualitas, kamu bisa pulihkan kembali.

2. Membuka percakapan bermakna

Freepik.com/diana.grytsku

Untuk memperbaiki persahabatan yang rusak, mulailah dengan menelepon atau mengirim pesan yang bermakna. Seperti contoh, “Persahabatan kita sangat berharga untukku, dan aku kangen banget sama kamu. Apakah ada cara agar kita bisa menyelesaikan masalah ini?".

Hal ini merupakan salah satu cara untuk membuka pintu perdamaian. Di saat seperti ini, kamu ngga perlu mengeluh dengan sahabatmu lagi. Kamu hanya mencoba untuk melihat apakah mereka bersedia mencari solusinya.

3. Renungkan permasalahan yang sudah terjadi

Pexels.com/Min An

Setiap kejadian buruk yang dialami, kita bisa mengambil hikmah di dalamnya, dan merenungkan permasalahan itu agar nggak terjadi di masa depan. Tentunya kita akan menganalisis segala masalah yang membuat hubungan retak. Pada dasarnya, kita nggak bisa melihat sesuatu secara hitam putih. Jadi jangan memendam masalah, lebih baik selesaikan secara bersama-sama. 

4. Memaafkan sepenuh hati

Freepik.com

Memang sulit untuk melepaskan rasa sakit begitu saja. Bahkan, perasaan untuk balas dendam wajar terjadi. Tindakan balas dendam mungkin akan memberi kepuasan, tetapi kemungkinan besar mereka akan melakukan hal yang sama denganmu. Ini nggak baik untuk kalian.

Dengan memaafkan sepenuh hati, situasi tak sehat seperti itu akan berakhir dengan sendirinya. Kamu harus mengesampingkan ego dan mencoba melihat sudut pandang dari semua sisi. Masalah persahabatan nggak melulu salah satu pihak saja, lho.

5. Membangun kembali rasa saling menghargai

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Cara terakhir dalam memperbaiki persahabatan yang rusak adalah membangun kembali rasa saling menghargai dan hormat. Kalau kamu pernah merasa tersakiti, cobalah untuk memperhatikan sifat-sifat mengagumkan dari sahabat yang memberi inspirasi bagimu untuk menjadi orang yang lebih baik. Hal ini bertujuan untuk membangun kembali rasa menghargai dengan menonjolkan kualitas yang paling kamu sukai.

Kalau kamu memang memiliki penyesalan dan ingin kembali bersama mereka, cobalah lakukan 5 cara di atas ini, agar persahabatan yang rusak itu kembali membaik. Semoga bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Single