Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sense of Belonging Adalah Kebutuhan Psikis, Ini Cara Meningkatkannya

Coba berpikiran terbuka

Natasha Cecilia Anandita

Bela, kamu mungkin pernah mendengar kata sense of belonging, tapi tahukah kamu bahwa ini memiliki makna yang sangat penting? Mengutip dari Very Well Health, sense of belonging adalah kebutuhan emosional manusia untuk berafiliasi dan diterima oleh anggota suatu kelompok.

Misalnya, kebutuhan untuk menjadi bagian dari kelompok pertemanan di sekolah, diterima oleh rekan kerja, sampai menjadi bagian dari kelompok keagamaan. Sense of belonging melibatkan lebih dari sekadar berkenalan dengan orang lain. Ini berpusat pada mendapatkan penerimaan, perhatian, dan dukungan dari anggota kelompok serta memberikan perhatian yang sama kepada anggota lainnya.

Sense of belonging adalah hal mendasar bagi manusia untuk mengatur dirinya sendiri dan ini sangat terkait dengan kesehatan fisik dan mental. Ikatan sosial yang menyertai sense of belonging merupakan faktor yang membantu mengelola stres dan masalah perilaku lainnya. Berikut ada 5 cara meningkatkan atau memperkuat sense of belonging dengan orang lain. 

1. Berusaha terlibat

unsplash.com

Cara paling penting untuk membangun sense of belonging atau rasa memiliki adalah usaha. Kamu tidak bisa diterima oleh orang lain jika kamu tidak memilih untuk berusaha terlibat dengan orang tersebut.

Mungkin terasa tidak nyaman pada awalnya untuk bertemu orang baru, tetapi seiring berjalannya waktu, kamu akan bisa. Kamu mungkin perlu berlatih berbicara sendiri pada awalnya, dan kemudian itu akan menjadi lebih natural.

2. Perhatikan orang lain

pexels.com/jopwell

Kurangi memikirkan diri sendiri saat bersama orang lain dan jadikan orang lain atau kelompok yang kamu masuki sebagai fokusmu. Menciptakan percakapan dengan mereka sangat penting untuk meningkatkan sense of belonging. Penting untuk saling bertanya, berbasa-basi, mengungkapkan jati diri, dan mendengarkan tanggapan orang.

3. Cobalah berpikiran terbuka

unsplash.com/istockphoto

Cobalah aktivitas baru dan bertemu orang baru. Pertimbangkan juga cara berpikir yang baru. Carilah aktivitas dan kelompok yang memiliki minat yang sama denganmu. Orang cenderung tertarik dan melekat pada orang-orang lainnya dengan hobi dan pandangan dunia yang sama.

4. Latihlah sikap menerima

pexels.com/elina-fairytale

Ketahuilah bahwa orang lain memiliki cara hidup yang berbeda, dan kamu tidak harus berubah mengikutinya. Fokus pada kesamaan daripada perbedaan. Kesamaan cenderung meningkatkan ikatan. Jika kamu merasa orang tidak menyukaimu, kamu bisa mengalihkan fokusmu pada tujuan yang hendak kalian capai bersama.

5. Dorong dialog terbuka dan tunjukkan rasa hormat

pexels.com/fauxels

Sediakan kesempatan bagi orang-orang untuk membagikan pemikiran dan perasaan mereka tanpa takut akan dihakimi. Cobalah bentuk dialog terbuka untuk memberi setiap anggota kelompok atau pasanganmu waktu dan perhatian yang cukup sehingga mereka dapat menyuarakan perspektif mereka.

Sesi ini dapat mengarah pada interaksi sosial yang jujur ​​dan meningkatkan chemistry. Tunjukkan juga rasa hormat pada teman atau pasanganmu dan gunakanlah bahasa yang sopan serta positif dan memotivasi. 

Itulah 5 cara untuk meningkatkan sense of belonging yang adalah kebutuhan dasar manusia. 

IDN Media Channels

Latest from Single