Dalam hubungan romantis, terdapat tiga aspek yang memengaruhinya. Aspek tersebut dinamakan"The Connection Trifecta" . Dalam hal itu, yang pertama adalah chemistry antara pasangan, yang terdiri dari sebuah percikan, ketertarikan seksual, dan daya tarik.

Kemudian yang kedua adalah kompatibilitas dan intelektual. Maknanya adalah, kamu dapat menemukan topik pembicaraan yang menarik, memiliki minat yang sama, dan kecocokan selera humor. Yang ketiga adalah hubungan emosional atau ikatan batin, inilah hal yang sangat penting.

Hubungan emosional atau ikatan batin ialah berbagi bahasa yang tak terucapkan dengan pasanganmu. Hal ini akan menjadi sinergi antara dua kepribadian yang menciptakan keseimbangan. Ikatan batin seperti ini akan menyatukan hubunganmu dengan si dia. Namun, tak semua pasangan bisa memilikinya. 

Inilah 7 tanda kamu dan pasangan memiliki ikatan batin yang kuat yang dikutip dari laman PureWow sebagai berikut.

1. Kamu dan pasangan saling mengembangkan pengalaman bersama

7 Tanda Kamu dan Pasangan Memiliki Ikatan Batin yang KuatPexels.com/Melike Benli

Ikatan batin ini adalah bagaimana dirimu dan pasangan mengembangkan pengalaman bersama tentang kehidupan yang pernah dilalui. Seperti melakukan perjalanan, mengerjakan stau proyek, melakukan hobi bersama, dan lainnya. Menemukan banyak kesamaan akan membuat hubungan romantis ini menjadi kuat. Semakin banyak peristiwa yang kalian miliki, semakin besar kemungkinan kamu memiliki ikatan batin dengan si dia.

2. Dapat melakukan percakapan yang mendalam

7 Tanda Kamu dan Pasangan Memiliki Ikatan Batin yang KuatPexels.com/Andrea Piacquadio

Hubungan emosional ini bukan berarti kamu berbicara tanpa henti. Lebih dari itu, ikatan batin dengan pasangan ialah kalian mampu untuk melakukan percakapan yang mendalam tentang berbagai hal. Umumnya, mereka akan membicarakan apa pun, seperti tentang teman, keluarga, tujuan hidup, dan lainnya. Selain itu, ikatan batin yang kuat dapat membuatmu menikmati kebersamaan meskipun hanya duduk dalam keheningan

3. Terbuka dengan pasangan dengan setiap kejadian

7 Tanda Kamu dan Pasangan Memiliki Ikatan Batin yang KuatPexels.com/Andrea Piacquadio

Ketika kamu mendapatkan berita besar, seperti mendapatkan promosi jabatan atau nenekmu sedang sakit, kira-kira siapa orang pertama yang akan kamu beritahu? Jika kamu tidak memberi tahu pasanganmu terlebih dahulu, ikatan batin itu akan menjadi sebuah pertanyaan. Karena, jika kamu memiliki ikatan batin yang kuat dengan pasangan, tanpa berpikir dahulu, kamu akan memberi tahu secepatnya kepada pasangan. 

4. Dapat memercayai pasanganmu dengan berbagi rahasia

7 Tanda Kamu dan Pasangan Memiliki Ikatan Batin yang KuatPexels.com/Andrea Piacquadio

Jika kamu tidak memiliki ikatan batin dengan pasangan, mungkin saja kamu akan menahan diri dari pasanganmu dengan beberapa alasan. Alasan pertama, kamu tidak sepenuhnya percaya dengan si dia jika dirimu membagikan rahasia tersebut. Kamu akan berpikir akankah si dia dapat menangani ini secara emosional? Atau merusak kepercayaanmu dengan memberi tahu orang lain? Pasangan yang memiliki kekuatan ikatan batin akan selalu berbagi rahasia dengan sesama, karena itu keinginanmu sendiri untuk saling berbagi cerita.

5. Kamu dan si dia saling bertanggung jawab

7 Tanda Kamu dan Pasangan Memiliki Ikatan Batin yang KuatPexels.com/cottonbro

Dengan hubungan emosional ini, kamu dan pasangan akan saling mengandalkan satu sama lain untuk membangun kebiasaan yang lebih sehat. Jika kalian membicarakan sesuatu, si dia akan mendengarkannya dengan bersungguh-sungguh. Dalam hal itu, pasanganmu akan beri respons dengan membuatmu lebih baik, begitu pun sebaliknya.

6. Kalian bisa saling merasakan sesuatu yang salah

7 Tanda Kamu dan Pasangan Memiliki Ikatan Batin yang KuatPexels.com/Anastasiya Lobanovskaya

Pasangan yang memiliki ikatan batin yang kuat cenderung akan sangat intuitif dengan pasangannya. Tanpa menunggu si dia mengatakan sedang mengalami hari-hari yang buruk, kamu sudah terlebih dahulu merasakannya. Misalnya, kamu mengetahui itu karena melihat wajah mereka setelah pulang dari kantor, atau hal itu muncul ketika mengirim pesan teks singkat.

Kamu dapat mengetahui kapan si dia merasa marah dan bersikap defensif. Selain itu, kamu juga tahu bagaimana cara berbicara dengan pasanganmu jika mereka berada dilanda kesedihan.

7. Kamu dapat menebak bagaimana reaksi atau perilaku pasanganmu

7 Tanda Kamu dan Pasangan Memiliki Ikatan Batin yang KuatPexels.com/Ajay Donga

Pasangan yang memiliki hubungan emosional seperti ini dapat menebak bagaimana reaksi atau perilaku pasanganmu. Pasalnya, kamu telah memahami bagaimana cara si dia berpikir, apa yang pasanganmu lakukan atau jika dia sedang berbohong. Kamu juga mungkin memiliki keyakinan yang kuat tentang kepribadian pasanganmu, hingga kelebihan dan kekurangannya.

Itulah 7 tanda kamu dan pasangan memiliki ikatan batin yang kuat. Apakah kamu dan pasanganmu merasakannya, Bela?

Baca Juga: 6 Zodiak yang Utamakan Ikatan Emosional dalam Hubungan, Ini Caranya

Baca Juga: 5 Cara Agar Kamu dan Pacar Punya Ikatan Emosional yang Dekat

Baca Juga: 5 Tanda Trauma Bonding, Sebuah Ikatan Emosional yang Toxic