Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Mood Booster yang Ampuh, Bisa Membuatmu Bahagia Kembali

Mulai dari hal sederhana

Nafi' Khoiriyah

Ada kalanya kita merasa lelah secara emosional. Entah itu karena lelah bekerja, patah hati, atau karena hal-hal kecil lainnya. Hal itu memengaruhi suasana hati menjadi lebih buruk hingga memicu stres. 

Bad mood semacam itu jika dibiarkan saja tidak akan hilang. Bahkan saat dipaksa untuk bekerja sekalipun tidak akan menjadi maksimal. Maka dari itu, kamu perlu mencari mood booster agar kebahagiaan kembali lagi. 

Ada berbagai aktivitas mood booster yang bisa kamu jadiakan ide saat sedang bad mood. Apa saja aktivitas itu? Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Keluar ruangan dan melihat pemandangan alam

pexels.com/Andrea Piacquadio

Jika kamu sedang berada di dalam ruangan saat sedang bad mood, maka keluarlah dan hirup udara segar. Nikmati pemandangan alam di sekitarnya, entah itu pepohonan atau tanaman yang ada di sana. 

Meskipun tidak terlalu istimewa, tetapi melihat pemandangan dan mendengar tiupan angin bisa menjadi salah satu mood booster yang ampuh. Pikiran menjadi lebih tenang, suasana hati lebih indah, dan kekhawatiran pun menjadi berkurang. 

2. Nyalakan lagu yang menyenangkan

pexels.com/cottonbro studio

Kamu mungkin sedang melakukan pekerjaan yang sulit hingga membuat stres dan bad mood. Namun, saat lagu favoritmu tiba-tiba diputar, tentu suasana hatimu menjadi lebih menyenangkan dan bahagia. 

Apalagi dengan melodi ceria yang bisa memberi energi baru. Tanpa sadar, kakimu pun akan mengetuk menyesuaikan alunan musik dan bernyanyi bersama. Hal itu bisa memberikan manfaat untuk suasana hati, meredakan ketegangan, dan meningkatkan fokus pada beberapa orang. 

3. Menikmati makanan favorit

pexels.com/Andrea Piacquadio

Di antara banyaknya mood booster, makanan favorit tentu menjadi satu hal yang paling bisa membuatmu bahagia kembali. Sesibuk apapun kamu, jangan lupa luangkan waktu untuk makan dan berhenti sejenak dari pekerjaanmu. 

Lalu, tanyakan pada dirimu sendiri apa makanan yang bisa membuatmu bahagia. Sebab, beberapa makanan memiliki hormon kebahagiaan bernama serotonin yang bisa membuat kita lebih gembira, tenang, dan tidur nyenyak. Di antaranya adalah, pisang, kiwi, dan nanas yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu buat smoothie atau semacamnya. 

4. Gunakan produk aromaterapi

pexels.com/Ion Ceban

Indra penciuman bisa terhubung dengan bagian otak yang mengatur emosi. Maka dari itu, aroma bisa memicu ingatan positif atau nostalgia yang membantu meredakan kecemasan atau ketegangan. 

Wangi yang harum dari aromaterapi juga bisa membuatmu nyaman karena hubungan antara otak dan indra penciuman itu. Biasanya, aromaterapi yang dipakai adalah essential oil, sabun, atau lotion favorit. Selain itu, kamu bisa langsung mencium bunga-bunga yang liar ataupun membuat teh beraroma di dapur. 

5. Mencari hiburan lucu yang membuatmu tertawa

pexels.com/Ketut Subiyanto

Kondisi bad mood biasanya memang terjadi karena pekerjaan atau beban lainnya. Nah, mood booster yang bisa kamu temukan tanpa harus jauh-jauh keluar ruangan adalah dengan melihat lelucon atau komentar yang kocak. 

Kamu bisa mengunjungi YouTube dan melihat video lucu, buku lucu, atau unggahan lucu yang bisa membuatmu tertawa. Selain itu, kamu juga bisa membagikannya kepada teman-temanmu supaya mereka juga ikut tertawa. Dengan hiburan lucu, mood yang buruk sebelumnya akan hilang begitu saja. 

6. Melakukan kebaikan

pexels.com/cottonbro studio

Ada kalanya kita merasa terjebak dalam sebuah situasi sehingga tidak menemukan jalan keluar dari masalah tersebut. Daripada kamu berfokus pada hal itu, maka cobalah untuk memfokuskan energi pada orang lain. 

Caranya adalah dengan melakukan kebaikan untuk orang lain dan membuat mereka tersenyum. Kebaikan itu bisa bermacam bentuknya, mulai dari memberi sesuatu kepada orang yang membutuhkan, memberikan bantuan kepada teman kerja, atau bahkan memberikan makanan kepada hewan peliharaan. 

7. Memanggil orang yang kamu cintai

pexels.com/Lê Minh

Mood booster yang terakhir adalah dengan memanggil orang yang kita cintai untuk datang dan menghabiskan waktu bersama. Sebelumnya, kamu mungkin mengalami hari yang melelahkan dan membuatmu stres. 

Nah, sebuah cinta dan dukungan dari orang yang kamu cintai, baik itu pasangan, keluarga, maupun sahabat bisa membantumu menghilangkan suasana hati yang suram itu. Kegugupan dan kekhawatiran pun menjadi sirna digantikan dengan kebahagiaan. 

Itulah macam-macam mood booster yang bisa kamu lakukan saat suasana emosional sedang buruk. Semoga aktivitas di atas bisa membuat harimu menjadi lebih menyenangkan ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Single