Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Pelajaran yang Bisa Kamu Petik dari Film ‘A Simple Favor’ 

Ketika rahasia jatuh ke orang yang salah

Mega Dini

Can you keep a secret?

Itulah tagline dari film yang sedang tayang di bioskop Indonesia, A Simple Favor. Film yang dibintangi oleh Blake Lively, Anna Kendrick dan Henry Golding ini merupakan salah satu film yang paling ditunggu-tunggu di bulan Oktober tahun ini. Ber-genre thriller komedi, A Simple Favor menawarkan tontonan yang nggak biasa karena memberikan hiburan dengan candaan para pemainnya tapi juga bikin dahi penonton berkerut sambil mengikuti misteri yang ada di balik setiap tokohnya.

Film yang diadaptasi dari novel berjudul A Simple Favor karya Darcey Bell ini memang nggak sepenuhnya mengikuti cerita asli. Ada banyak detail dan tokoh yang diubah sehingga hasilnya sedikit mengecewakan bagi orang yang sudah membaca novelnya terlebih dahulu. Tapi bukan berarti film ini nggak layak kamu saksikan. Lagipula, ada beberapa pelajaran penting yang bisa kita ambil dari film berdurasi 2 jam ini. Apa saja?

1. Hati-hati dengan orang yang baru kamu kenal

imdb.com/Lionsgate 2018

Oversharing. Mungkin itulah kata yang bisa menggambarkan awal permasalahan yang ada di film ini. Persahabatan Emily (Blake Lively) dan Stephanie (Anna Kendrick) yang baru bertemu dan bersahabat memutuskan untuk saling menceritakan rahasia terdalam mereka. Sayangnya, rahasia yang seharusnya disimpan baik-baik didengar oleh orang yang salah.

2. Kehidupan manusia selalu abu-abu

imdb.com/Lionsgate 2018

Dalam film ini, nggak ada karakter yang benar-benar baik atau benar-benar jahat. Masing-masing memiliki masalah dan masa lalu yang kelam, pernah melakukan kesalahan dan sama-sama ingin memperbaiki masa depan. Penonton diajak untuk nggak mudah menghakimi satu tokoh dengan cepat.

3. Semua ada sejarahnya

imdb.com/Lionsgate 2018

Sikap yang diambil seseorang di masa sekarang tentu ada alasan dan sejarahnya. Masa muda Stephanie dan Emily telah membentuk mereka sedemikian rupa. Lingkungan mereka berbeda, begitu juga dengan bagaimana cara mereka tumbuh dan cara mereka memandang lawan jenis. Maka nggak adil rasanya jika kita mudah menghakimi seseorang karena mereka berbeda dengan kita.

4. Selingkuh karena keadaan

imdb.com/Lionsgate 2018

Sean, suami Emily, merasa nyaman dengan kehadiran Stephanie yang seolah mampu menggantikan sosok Emily. Padahal, Emily adalah sosok yang sempurna di mata Sean. Sean yang terlanjur bilang cinta di hadapan Stephanie justru mengaku tetap memilih Emily di depan istrinya. Di sini kita bisa melihat bahwa Sean selingkuh karena keadaan. Emily absen dari hidup Sean. Biasanya, laki-laki yang memilih untuk berpaling dari pasangannya adalah karena mencari sesuatu yang nggak dia temukan dalam diri pasangannya atau karena merasa butuh ketika nggak bersama pasangannya.

5. Biarkan anak-anak tetap menjadi anak-anak

imdb.com/Lionsgate 2018

Kehadiran dua anak lucu yaitu Nicky dan Miles mungkin nggak begitu penting dari keseluruhan cerita. Namun interaksi para orangtuanya dengan mereka bisa dijadikan pelajaran. Jika diperhatikan, mereka bersikap lebih berhati-hati saat di dekat anaknya dan nggak membebankan mereka dengan permasalahan orang dewasa. Novelnya sendiri bisa dijadikan sebagai referensi tentang parenting.

Apakah kamu tertarik untuk menonton filmnya di pekan ini? Jangan lupa untuk membaca novelnya juga, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Single