Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

12 Arti Bunga Mawar Berdasarkan Warnanya

Kalau putih artinya apa?

Mega Dini

Mengekspresikan perasaan bisa dengan berbagai cara, salah satunya yaitu lewat bunga. Setiap bunga pun juga mewakili makna yang berbeda. Salah satu bunga yang paling sering digunakan untuk mengekspresikan perasaan yaitu bunga mawar.

Bunga mawar terbagi dalam beberapa warna. Setiap warna yang dimiliki juga mengandung arti yang beragam.

Lalu apa saja arti bunga mawar dilihat dari warnanya? Berikut penjelasannya.

1. Bunga mawar merah

Unsplash.com/Ivan Jevtic

Mawar merah menjadi warna yang paling populer ketika menyatakan cinta. Arti bunga mawar merah (Rosa Centifolia) sendiri adalah mewakili perasaan seseorang yang memberikannya, seolah mengatakan bahwa ia mencintaimu. Nggak cuma itu, mawar merah juga sebagai simbol penghormatan atau pengabdian. Pilihan warna yang tepat jika dia memberikan mawar merah sambil memujimu.

2. Bunga mawar kuning

pexels.com/SuzyHazellwod

Karena kuning sering dikaitkan dengan keceriaan, maka arti bunga mawar kuning (Rosa Foetida Perciana) ini nggak jauh dari lambang sukacita. Sedikit berbeda dengan mawar merah yang diberikan kepada orang terkasih, mawar kuning diberikan kepada sahabat atau orang yang selama ini peduli dengan kita.

3. Bunga mawar pink

Unsplash.com/Jerru Wang

Bunga mawar yang satu ini juga nggak kalah indah dan romantis dengan mawar merah. Arti mawar pink (Rosa Felicia) adalah cinta yang bersemi atau perasaan yang tengah berbunga-bunga. Mawar pink sangat cocok diberikan ketika hubungan asmara kalian masih hangat atau baru jadian. Romantis banget, kan?

4. Bunga mawar putih

Unsplash.com/Skyle Design

Putih sering dikaitkan dengan suatu hal yang suci. Arti bunga mawar putih (Rosa Alba) yaitu simbol kemurnian dan kedamaian. Jika kamu ingin mengatakan bahwa perasaanmu kepadanya begitu tulus dan suci, maka mawar putih menjadi alternatif terbaik. Namun karena juga melambangkan simpati, maka mawar putih juga sering dipakai sebagai lambang dukacita.

5. Bunga mawar hijau

commons.wikimedia.org/JesnaThomas

Memang bukan hal yang umum, namun bunga mawar hijau (Rosa chinensis Viridiflora) juga memiliki arti tersendiri. Arti mawar hijau melambangkan kesejahteraan dan kesuburan. Harapan di balik bunga ini yaitu awal yang baik dari kehidupan yang baru. Namun sisi negatif dari warna ini yaitu menandakan kecemburuan.

6. Bunga mawar hitam

outoftownblog.com

Hitam jauh dari kesan indah, apalagi jika pada bunga. Arti bunga mawar hitam (Ningrum Rosis) memang melambangkan duka atau kematian. Namun ada sisi positif yang ditunjukkan mawar hitam, yaitu kebangkitan dan memulai sesuatu yang baru.

7. Bunga mawar biru

flickr.com

Misterius dan jarang ditemui. Oleh karena itu, maka salah satu arti mawar biru adalah unik. Kamu adalah satu-satunya. Selain itu, bunga mawar biru memberikan harapan bahwa apa yang nggak mungkin bisa saja terjadi, begitu juga warna biru pada mawar.

8. Bunga mawar ungu

pexels.com/ElizabethLienberg

Warna ungu identik dengan warna yang agung dan berkelas. Dari arti warnanya, bunga mawar ungu juga dapat diartikan sebagai keagungan, kemewahan, dan bentuk rasa kekaguman.

Pesona mawar ungu ini memancarkan daya tarik ini cocok kamu hadiahkan ke orang yang kamu kagumi. Kamu bisa menghadiahkannya untuk acara kelulusan atau acara syukuran. Lewat bunga ini, kamu bisa menyampaikan ucapan syukur dan kekaguman kamu padanya.

9. Bunga mawar jingga

freepik.com

Selanjutnya, bunga mawar jingga yang cerah dan penuh energi ini. Arti bunga mawar jingga bisa berbeda-beda, lho. Dalam persahabatan, mawar jingga melambangkan persahabatan sejati. Mawar jingga juga dapat menyimbolkan rasa cinta yang mendalam. 

Dengan memberikan bunga mawar jingga, kamu bisa menyampaikan pesan "aku bangga padamu" pada orang tersebut. Agar pesannya makin memancarkan energi positif, kamu juga bisa menyelipkan pesan motivasi di buketnya.

10. Bunga mawar peach

unsplash.com/MagdaSmolen

Memiliki corak warna dari paduan warna pink dan orange, bunga mawar peach berikan nuansa kalem serta tenang. Siapa sangka, bunga satu ini memiliki makna yang mendalam. Mawar peach mempunyai arti khusus yang berarti ketulusan, kerendahan hati, dan syukur. 

Mengirimkan buket bunga peach jadi pilihan terbaik untuk mengekspresikan rasa syukur dan terima kasih pada orang yang kamu kasihi. Dalam pernikahan, mawar peach juga kerap digunakan sebagai bentuk ketulusan pada pasangan.

11. Bunga mawar lavender

pexels.com/Muverrihhanim

Lagi cari bunga untuk diberikan pada cinta pertamamu? Mawar warna lavender adalah jawabannya. Mawar lavender kerap digunakan untuk mengungkapkan cinta pada pandangan pertama dan kegembiraan. 

Dari maknanya yang romantis itu, kamu bisa mengirimkan buket bunga mawar lavender kepada seseorang yang sudah menarik perhatianmu. Tertarik untuk menghadiahkan mawar ini pada cinta pertamamu, Bela?

12. Bunga mawar warna warni

unsplash.com/Uriel

Kegembiraan dan kebahagiaan itulah arti bunga mawar warna warni ini. Warna cerah yang ditampilkan mampu memberikan energi positif dan perasaan bahagia bagi penerimanya. Pilihan warna ini sangat sempurna untuk merayakan momen bahagia yang penuh suka cita.

Itulah arti bunga mawar berdasarkan warnanya yang bisa kamu jadikan referensi sebelum memberikannya kepada seseorang. Dari 12 warna di atas, yang mana yang jadi favoritmu?

IDN Media Channels

Latest from Single