Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Girl Power, Ini 11 Ilustrasi yang Perlu Dilihat Setiap Perempuan

Nggak usah minder lagi ya!

Luthfia Miranda Putri

Sudah sejak zaman dahulu kalau perempuan itu selalu dianggap sosok yang lemah dan nggak bisa diandalkan. Apalagi sejak kecil kita selalu diajarkan budaya patriarki bahwa perempuan harus selalu menjadi sosok yang penurut, bertutur kata lemah lembut, dan berpakaian yang sopan sesuai norma yang berlaku. Di Indonesia seringkali perempuan sebagai pemeran kedua setelah laki-laki sehingga mereka seringkali diremehkan. 

Sebagai perempuan masa kini, sudah menjadi kewajiban kita untuk bisa menunjukkan bahwa perempuan juga bisa jadi lebih kuat dan mandiri. Pesan inilah yang ingin dituangkan ilustrator bernama Sabrina Brugmann ke dalam karya ilustrasinya. Biar makin semangat yuk ingat-ingat beberapa quotes dalam ilustrasi berikut ini, Bela! 

1. Siapa sih yang nggak risi selalu ditegur harus berpakaian seperti ini itu? Penampilan sama sekali nggak ada hubungannya dengan pemikiran dan perilaku. Selama kamu nggak menyakiti orang lain, kamu pun punya hak untuk merasa nyaman memakai baju yang kamu sukai.

instagram.com/sasa_elebea

2. Kamu memang nggak bisa mengontrol apa yang orang katakan kepadamu, namun kamu bisa mengontrol pikiranmu untuk nggak memikirkan hal tersebut. Cukup diam dan terus bersikap baik adalah langkah yang tepat. Mereka yang suka meremehkanmu hanya karena penampilan adalah orang yang hanya bisa berkomentar dan berpikiran sempit.

instagram.com/sasa_elebea

3. Nggak ada orang yang bisa benar-benar menghargaimu kecuali dirimu sendiri. Penting kamu sadari bahwa dirimu berharga, jadi jangan pernah merasa 'kecil' hanya karena merasa kurang dari mereka. Percayalah bahwa dengan kelebihanmu kamu bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

instagram.com/sasa_elebea

4. Kamu memang nggak sesempurna seperti para top model, namun bukan berarti kamu nggak bernilai di mata orang lain. Banyaklah membaca buku, banyaklah bergaul, dan banyaklah mencari pengalaman. Buatlah kamu bangga dengan apa yang kamu miliki. Maka kamu akan bisa memahami arti cantik dengan cara yang lain.

instagram.com/sasa_elebea

5. Kamu pun nggak perlu merasa bersalah dan meminta maaf hanya karena kamu memutuskan pilihan yang orang lain nggak setujui. Kamu sendiri yang bisa memahami apa yang kamu inginkan. Terkadang kamu memang harus masa bodoh dengan pendapat orang lain. Setuju nggak?

instagram.com/sasa_elebea

6. Bela, apakah pacarmu pernah menyuruh untuk berhenti melakukan yang kamu sukai? Bisa saja alasan yang sebenarnya karena ia merasa minder karena kamu dianggap lebih punya banyak potensi daripada dirinya. Jika ia sering memaksamu untuk berhenti, maka sadarilah bawa ia bukanlah sosok yang pantas untuk sebanding denganmu.

instagram.com/sasa_elebea

7. Kenapa perempuan selalu dilarang untuk bilang "nggak"? Padahal setiap orang punya hak kebebasan masing-masing untuk menentukan pilihan demi masa depannya. Sesekali cobalah dengarkan kata hatimu, barangkali hal itulah yang selama ini kamu cari.

instagram.com/sasa_elebea

8. Menjadi perempuan yang hanya bisa diam dan penurut hanya akan membuatmu sosok yang lemah. Berkata jujur itu nggak salah selama kamu nggak menyakiti perasaan orang lain. Dengan jujur mengungkapkan hal yang nggak kamu sukai, kamu bisa menjadi lebih lega dan nyaman dengan dirimu sendiri. Coba deh!

instagram.com/sasa_elebea

9. Kamu pasti pernah merasa ragu memilih untuk menuruti permintaan orangtua atau mengikuti passion yang kamu mau. Sama sekali bukan masalah kalau kamu mengikuti kata hatimu. Kamu berhak untuk bahagia, maka dari itu janganlah hidup hanya untuk menyenangkan orang lain.

instagram.com/sasa_elebea

10. Ingat-ingat selalu perkataan ini, "Selalu ikuti kata hatimu!" Kamu nggak akan tahu takdir apa yang sudah ditentukan oleh Tuhan untukmu. Bisa saja tanpa disangka kamu bisa mendapatkan sesuatu yang butuhkan daripada sekadar hal yang kamu inginkan.

instagram.com/sasa_elebea

11. Bekerja keras mengejar impianmu bukanlah larangan. Bahkan kamu malah semakin bisa membanggakan dirimu sendiri. Jadikan omongan mereka sebagai motivasi dan percayalah bahwa hasil nggak akan pernah mengkhianati. Cheer up, Bela!

instagram.com/sasa_elebea

Nah, itu dia ilustrasi yang bisa membuatmu jadi lebih tangguh. Jadi sudah siapkah untuk untuk menjadi perempuan yang lebih kuat dan mandiri?

IDN Media Channels

Latest from Single