Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Jenis Pelukan, Arti Serta Manfaatnya

Pelukan ada banyak jenisnya, lho!

Dina Lathifa

Pelukan, bahasa tubuh sederhana yang selalu kamu butuhkan saat merasakan emosi apa pun. Entah itu saat bahagia, entah saat sedih, entah saat mengalami kondisi emosi lainnya. Mengutip dari Wikipedia sendiri, arti pelukan adalah bentuk rasa sayang yang universal berlaku di seluruh kalangan.

Berpelukan merupakan aktivitas antara 2 orang yang menempatkan lengannya pada leher, punggung, dan pinggang satu sama lain serta menahannya dekat-dekat. Faktanya, salah satu teori mengungkapkan jika kata asli 'hug' (bahasa Inggris dari 'peluk/pelukan') boleh jadi berhubungan dengan kata 'hugga' dari Old Norse (bahasa Jerman Utara) yang berarti 'nyaman'.

Jenis Pelukan

Pelukan, terkadang beriringan bersama ciuman, termasuk ke dalam bentuk komunikasi non-verbal. Tergantung dari budaya, konteks, dan hubungan, sebuah pelukan dapat menunjukkan keakraban, cinta, gairah, pertemanan, persaudaraan, atau simpati. Mengutip dari Everydayknow, ada berbagai jenis pelukan yang perlu kamu ketahui.

1. The tight Squezee

Unsplash.com/Sobhan Joodi

Jenis pelukan ini umumnya dilakukan oleh dua orang yang sudah lama nggak bertemu dan saling merindukan satu sama lain. Masing-masing pihak saling memeluk erat hingga merasa sesak. Emosi terpancar kuat saat berpelukan seperti ini.

2. The long hold

Unsplash.com/Dio Ezar

Pelukan seperti ini biasanya kamu dapatkan dari pasangan yang merasa terluka, atau yang merasa kelelahan. Bahasa tubuhnya ini seakan mengatakan kalau dirinya membutuhkan dukungan. Selain itu, orang yang memberikan pelukan ini juga menganggap kalau kamu adalah sosok yang dapat membuatnya lebih baik.

3. The back hug

Unsplash.com/Kate Kalvach

Ini merupakan pelukan intim yang membuatmu merasa sangat dicintai. Dipeluk dari belakang oleh orang yang kamu sayang menandakan kalau dirinya sangat menyayangimu.

4. The back stroke

unsplash.com/Priscilla Du Preez

Ini merupakan pelukan yang tulus dan penuh makna. Berpelukan dengan tangan yang mengusap punggung belakang ini menunjukkan bahasa tubuh kalau kamu mengharapkan yang terbaik untuk orang tersebut. Jika mendapat pelukan dengan gerakan tangan ini, tandanya orang itu mendoakan yang terbaik untukmu.

5. The straddle hug

Unsplash.com/Davids Kokainis

Pada dasarnya, pelukan tipe ini dilakukan dengan satu pihak berada duduk di pangkuan pihak lainnya dan menghadap dirinya, dengan kaki dan tangan yang sama-sama memeluk mengelilingi tubuhnya. Pelukan seperti ini umumnya dilakukan oleh sepasang kekasih karena membutuhkan kepercayaan dan keterbukaan, serta melibatkan perasaan romantis di antara keduanya.

6. The around the waist

Unsplash.com/Jared Sluyter

Dipeluk dengan tangan yang berada di pinggang ini menunjukkan kalau seseorang merasa sangat memercayaimu dan senang melihatmu. Pelukan seperti ini juga merupakan bentuk tulus untuk menunjukkan kalau seseorang sangat peduli dan mau terbuka padamu.

7. The quick pat

Unsplash.com/Artem Beliaikin

Berpelukan dengan memberikan tepukan halus pada punggung ini biasanya dilakukan oleh dua laki-laki yang merasa canggung dan takut terlihat kurang maskulin karena melakukan ini. Selain itu, pelukan ini juga biasanya dilakukan oleh dua orang yang merasa kurang nyaman dengan satu sama lain.

8. The slow dance

Pexels.com/Lood Goosen

Pelukan ini biasanya dilakukan sembari bergerak, seperti berdansa, dengan tangan masih mendekap satu sama lain. Tipe pelukan ini biasanya dilakukan oleh kekasih yang berkencan, atau dua orang yang baru ingin menjalin hubungan. Pelukan ini cukup intim dan penuh perasaan.

9. The london bridge

Unsplash.com/Frank McKenna

Ini merupakan berpelukan yang dilakukan dua orang karena terpaksa, namun harus tetap melakukannya agar terlihat sopan. Model pelukan ini melibatkan bagian tubuh atas mendekap erat namun bagian tubuh bawah tetap menjaga jarak.

10. The alternating arms

Unsplash.com/Yared Leura

Ini merupakan pelukan bersahabat, di mana kedua tanganmu yang mendekap berada di atas tangan orang lain, atau sebaliknya. Pelukan ini mengisyaratkan jika kamu nyaman berada dalam lingkaran tangannya, namun belum cukup nyaman untuk terbuka sepenuhnya padanya. Biasanya, pelukan seperti ini dilakukan oleh teman lama yang baru saja bertemu atau kedua orang yang hanya ingin terlihat formal.

11. The one arm reach

Unsplash.com/Jose Chomali

Tipe pelukan seperti ini biasanya dilakukan dengan cara orang tersebut melingkarkan satu tangannya pada bahu atau pinggangmu. Pelukan ini sering dilakukan ketika sedang duduk berdampingan. Ada banyak makna di balik pelukan ini. Jika dilakukan oleh pasangan, artinya ia ingin melindungimu dan menjagamu tetap dekat dengannya. Jika dilakukan oleh teman, ia ingin memberikan dukungan dan kenyamanan yang sedang kamu butuhkan.

Manfaat Pelukan

Bahasa tubuh yang penuh keintiman dan perasaan ini nggak hanya membuatmu merasa lebih nyaman dan dicintai, pelukan pun memiliki manfaat kesehatan yang menguntungkanmu. Melansir dari Healthline, ini manfaat pelukan yang bisa kamu dapatkan:

  1. Mengurangi stres. Sebuah penelitian mengungkapkan jika berpelukan dapat mengurangi stres. Nggak hanya yang menerima pelukan, dampak sama juga dialami oleh pihak yang memberi pelukan.
  2. Melindungi dari penyakit tertentu. Berpelukan dapat membantu mengurangi stres, artinya secara nggak langsung tubuhmu merasa lebih sehat. Melalui sebuah penelitian yang melibatkan 400 orang dewasa, para ahli menemukan kalau berpelukan dapat mengurangi risiko terkena penyakit. Ini karena pelukan memberikan support sistem sehingga membuat tubuh jadi nggak gampang sakit atau mengalami gejala penyakit apa pun.
  3. Meningkatkan kesehatan jantung. Manfaat pelukan lainnya adalah meningkatkan kesehatan jantung. Melalui sebuah penelitian, para ahli menemukan jika berpelukan dapat mengurangi tingkat tekanan darah dan detak jantung. Efek ini menyebabkan jantung menjadi lebih sehat.
  4. Membuatmu jadi lebih bahagia. Berpelukan mendorong tubuh merilis hormon oksitosin, hormon yang berkaitan dengan kebahagiaan. Produksi hormon oksitosin yang meningkat ini membantu mengurangi tingkat tekanan darah serta meringankan kinerja hormon norepinephrine, hormon yang bekerja mengurangi tekanan darah.
  5. Mengurangi ketakutan. Faktanya, peneliti menemukan jika berpelukan dapat mengurangi kecemasan pada orang-orang dengan self-esteem yang rendah. Berpelukan juga mencegah seseorang mengisolasi dirinya sendiri serta membantu mengurangi ketakutan.
  6. Mengurangi rasa sakit. Penelitian mengungkapkan jika berpelukan dapat mengurangi rasa sakit. Ini karena pelukan mendorong tubuh merilis endorpin sehingga menghadang jalur nyeri dan meningkatkan sirkulasi ke jaringan lunak.
  7. Membantu berkomunikasi dengan orang lain. Pelukan merupakan salah satu bentuk komunikasi non-verbal yang dapat menyampaikan pesan dari satu orang ke orang lainnya. Berpelukan membantumu mengekspresikan perasaan tanpa mengeluarkan kata-kata.

Lebih dari sekadar mendekap erat dekat dengan seseorang, pelukan merupakan gerakan tubuh yang membantu mengekspresikan perasaan dan hubungan di antara orang yang melakukannya. Berpelukan pun bermanfaat untuk kesehatan tubuhmu. Jadi, jangan lupa berpelukan!  

IDN Media Channels

Latest from Single