Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Alasan Mengata-ngatai Mantan Bisa Bikin Cepat Move On

Siapa di sini yang suka ngatain mantan?

Astri Amalia

Hal yang paling sulit ketika putus cinta adalah proses move on. Wajar saja jika banyak orang membutuhkan waktu yang lama untuk bisa sepenuhnya lepas dari bayang-bayang sosok mantan. 

Akan tetapi, ada cara ampuh yang bisa membantu kita lebih cepat move on, salah satunya dengan mengata-ngatai mantan. Yup! Walaupun hal ini mungkin belum tentu produktif, tetapi kamu bisa mendapatkan kelegaan emosional lho, Bela, asalkan nggak dilakukan secara berlebihan.

Berikut alasan mengapa mengata-ngatai mantan bikin kamu cepat move on, mengutip laman Bolde.

1. Dapat membantumu memproses emosi

unsplash.com/Aleksandra Sapozhnikova

Alasan pertama adalah membantumu memproses emosi. Membongkar tentang sosok mantan dengan sahabat atau keluarga bisa membantumu memproses dan melepaskan emosi negatif yang mungkin masih melekat setelah putus.

Selain itu, dengan mengungkapkan perasaan kamu pun bisa lebih memahami situasi dan mendapatkan titik akhir dari hubunganmu, bahkan jika kamu nggak menyadarinya saat ini.

Lalu setelah melakukan refleksi, kamu mungkin hanya perlu mengatasi beberapa emosi sulit yang kamu pendam selama ini.

2. Membantumu mendapatkan perspektif yang bikin kamu lebih bijaksana

Pexels.com/Josh Hild

Mengata-ngatai mantan juga bisa membantumu mendapatkan perspektif yang membuatmu lebih bijak. Kamu bisa memahami hubunganmu dan apa yang salah di dalamnya.

Dengan melihat situasi secara objektif, kamu dapat belajar dari pengalamanmu dan menggunakan pengetahuan baru ini untuk maju.

Mendapatkan sudut pandang semacam ini mungkin perlu waktu yang cukup lama, tapi ketika waktu itu datang, kamu akan mendapatkan kelegaan.

3. Dapat mengurangi stres

independent.co.uk

Alasan lainnya adalah dapat membantumu meredakan stres dan dapat membantu mengurangi kecemasan, bahkan hingga depresi. Membicarakan pengalamanmu dapat membantumu mengendalikan emosi dan bikin kamu nggak terlalu kewalahan.

Seperti yang kita ketahui, menyimpan hal-hal yang terpendam dalam diri hanya akan membuat kita merasa lebih tegang dan kesal. Maka dari itu, dengan menyuarakan apa yang terjadi di dalam dirimu, kamu dapat melepaskan stres yang terkurung selama ini.

4. Kamu bisa dapatkan kekuatanmu kembali

Pexels.com/Анастасия Беккер

Mengata-ngatai mantan dapat sangat membantumu mendapatkan kembali kekuatan dan kendali. Jika kamu merasa tersakiti dalam hubungan, itu bisa menjadi cara untuk menegaskan diri sendiri dan mendapatkan kembali harga dirimu. Kamu juga akan merasakan efek positifnya pada kesehatan jiwamu.

5. Cara yang baik untuk memperkuat support system-mu

pexels.com/Alexander Suhorucov

Melampiaskan ke teman atau terapis tepercaya juga dapat membantumu merasa nggak terlalu sendirian. Membicarakan pengalamanmu dengan seseorang yang mendengarkan dan menawarkan arahan akan menyoroti betapa terhubungnya kamu dengan orang lain. Begitu kamu menyadari bahwa ada orang-orang di sekitarmu yang peduli dan dapat membantu, kondisimu akan berubah menjadi lebih baik dan siap untuk move on.

6. Membantu menyembuhkan dirimu pasca putus cinta

Freepik.com

Percaya atau nggak, mengata-ngatai mantan bisa menjadi bagian penting dari proses penyembuhan, karena ini dapat membantumu mengatasi apa yang kamu rasakan dan apa yang telah terjadi, serta menunjukkan kepada diri sendiri bahwa masih ada masa depan yang lebih cerah.

Dengan membicarakan pengalaman putus cinta dan memproses emosi, kamu mampu mulai melepaskan masa lalu dan fokus untuk membangun kehidupan yang bahagia dan lebih sehat.

Jadi itulah 6 alasan mengata-ngatai mantan bisa bikin kamu cepat move on. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Single