Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 MBTI yang Mudah Dipercaya, Jadi Pendengar yang Baik!

Kamu dapat mengandalkan mereka untuk menjaga rahasiamu

Anatasia Anjani

Kita semua pasti pernah berada di dalam situasi saat berbagi informasi dengan seseorang tentang diri sendiri atau orang lain. Saat curhat dengan orang lain, kita membutuhkan seseorang yang dapat dipercaya dan diandalkan.

Orang-orang yang dapat dipercaya berpegang teguh pada kata-kata mereka dan tidak membiarkanmu kesulitan. Ternyata, sifat ini mungkin ada hubungannya dengan tipe kepribadian masing-masing atau Myers Briggs Type Indicator (MBTI), lho.

Walaupun MBTI adalah pseudo science (pengetahuan yang tidak mengikuti metode ilmiah), beberapa ahli percaya ada kepribadian yang dijuluki malaikat pendengar. Mereka akan menjaga rahasiamu dengan aman, simak lebih lanjut untuk mengetahui daftar MBTI-nya.

1. ISFJ

Pexels.com/ketut subiyanto

ISFJ adalah orang yang setia dan dapat diandalkan. Sifat penginderaan dan perasaan mereka dapat membuatnya menjadi teman dan mitra yang baik.

Menurut edukator seks, Nina Nguyen, sosok ISFJ tidak suka menghakimi masalah yang dihadapi orang lain.

“Tipe ISFJ adalah teman yang baik dan pasangan yang lebih fleksibel. Mereka pandai menjaga rahasia tanpa terlalu menghakimu dan bersimpati kepadamu,” ujar Nina dikutip dari Best Life.

Mereka juga akan melindungi orang yang dicintainya dan rela melakukan apa pun. Selain pandai menangani orang lain, ISFJ juga mengurus apa pun seperti nilai, komunitas, tradisi positif, hingga alam.

2. ESFJ

Pexels.com/Pixabay

Tipe ekstrover, sensing, feeling, dan judging (ESFJ) akan menjaga rahasiamu tetap aman. ESFJ juga dikenal sebagai pengasuh, mereka cenderung ekstrovert, ramah, setia, berhati lembut, dan terorganisir.

ESFJ tidak ingin mempercayai sesuatu yang negatif tentang teman atau pasangan mereka, dan ingin memastikan bahwa kamu merasa dicintai. ESFJ menjunjung tinggi tanggung jawab sosial, mereka mengerti betapa buruknya ketika merusak kepercayaan orang yang dicintainya.

Jadi ESFJ cenderung melakukan yang terbaik untuk membuktikan ketulusannya.

3. ISTJ

Pexels.com/Mentatdgt

Tipe MBTI lain yang dapat diandalkan adalah ISTJ dengan sifat introvert, peka, pemikir, setia, dan protektif saat menjalin hubungan. ISTJ sangat menghormati kata-katanya dan komitmen yang mereka buat.

Psikolog dari Masood Hospital Shazmin Rafaqat mengatakan saat kamu menyuruh ISTJ untuk menjagamu mereka akan melakukannya sepenuh hati.

“Jika ISTJ adalah seorang temanmu, mereka pasti akan menjaga rahasia dan melindungimu,” ujar Shazmin.

ISTJ juga memegang teguh keyakinanannya, kamu bisa mempercaya mereka dapat memegang rahasia dan tidak akan mengkhianati kepercayaan yang kamu berikan kepada mereka.

4. INTJ

Pexels.com/ana tarazevich

Hampir sama dengan ISTJ, INTJ dikenal sangat cerdas dan bisa dipercaya sebagai teman curhat. Mereka sangat menyadari pentingnya kepercayaan dalam hubungan manusia. Kepribadian ini selalu fokus melakukan apa yang mereka katakan dan akan dilakukan, ia juga mengharapkan orang lain melakukan hal yang sama.

Fakta uniknya, INTJ juga MBTI yang jarang dimiliki oleh orang-orang. Jika INTJ adalah sahabatmu, kamu harus menghargai persahabatanmu dan percaya bahwa mereka akan mendukungmu sepenuhnya.

5. ESTJ

Pexels/ John Diez

Ekstrovert, sensing, thinking, dan judging (ESTJ), adalah tipe yang bisa dijadikan sebagai orang kepercayaan. Mereka juga selalu menanggapimu saat sedang curhat, kepribadiannya juga setia, dan menghindari sesuatu yang berbelit-belit.

“Mereka juga cenderung blak-blakan tentang berbagai hal, yang terkadang bisa dianggap kasar atau tidak sensitif,” ujar pakar kesehatan Janet Coleman.

ESTJ terkadang hanya menginginkan hal sederhana, jika kamu merasa mereka kasar atau terlihat tidak peduli, itu salah satu cara untuk melindungi dirinya dengan menjadi terlalu jujur.

Sosok ini juga berpegang teguh pada fakta, ketika mereka mengatakan sesuatu, ESTJ bersungguh-sungguh dengan perkataannya.

“Mereka juga sangat mandiri dan tidak membutuhkan persetujuan orang lain untuk melakukan sesuatu,” ujar Janet.

Itu dia MBTI yang bisa dipercaya dan pendengar yang baik, kamu punya teman dengan MBTI tersebut, nggak, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single