Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Alasan Kita Diwajibkan untuk Menghormati Orangtua dan Guru

Telah diperintahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa

Anatasia Anjani

Sebagai seorang pelajar, ada hal penting yang harus dilakukan yaitu menghormati orangtua dan guru. Alasan mengapa kita wajib untuk menghormati orangtua dan guru, yaitu karena mereka adalah sosok yang berperan penting dalam kehidupan anak dan murid. Menghormati orangtua dan guru juga merupakan bentuk bakti kepada mereka.

Selain itu, guru dan orangtua adalah sosok yang berjasa dalam kehidupan. Mereka mengajarkan hal-hal yang belum diketahui dan mendidik kita dengan sepenuh hati.

Kira-kira apa saja alasan yang tepat mengapa kita diwajibkan untuk menghormati orangtua dan guru? Yuk, simak di sini jawabannya!

1. Perintah dari Tuhan

pexels.com/Pavel Danilyuk

Tuhan telah memerintahkan umat-Nya untuk menghormati dan berbakti kepada orangtua dan guru. Tanpa kehadiran orangtua, kita tidak akan terlahir di dunia. Sedangkan tanpa guru, murid nggak akan bisa membaca, menulis, dan berhitung.

Sebagai manusia yang beradab, rasa syukur adalah harus selalu dimiliki oleh setiap anak karena adanya keterlibatan peran orangtua dan guru dalam kehidupan. Selain itu, Tuhan juga menciptakan manusia agar dapat saling mengasihi satu sama lain.

Nggak hanya seorang anak dan murid saja yang harus menghormati orangtua dan guru. Begitu pun sebaliknya, orangtua yang memutuskan memiliki anak harus bertanggung jawab atas pertumbuhan dan perkembangannya.

Sedangkan guru, ia harus bertanggung jawab mendidik anak di lingkungan sekolah dengan tepat.

2. Berbakti terhadap orangtua dan guru

unsplash.com/sofatutor

Berbakti terhadap orangtua dan guru bukanlah hal sulit. Kita bisa melakukannya dengan mendengarkan nasihat-nasihatnya, berbicara dengan sopan, menyimak penjelasan guru saat sedang menjelaskan, aktif di kelas, dan lain sebagainya.

Adapun, berbakti terhadap orangtua dan guru merupakan kewajiban karena mereka nggak henti-hentinya mendoakan yang terbaik untuk kita. Tidak ada orangtua dan guru yang menginginkan hal buruk untuk anaknya.

3. Telah berjasa dalam kehidupan

Pexels/ Iqwan Alif

Seorang anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik berkat didikan dari orangtua dan guru. Mereka memiliki kewajiban untuk merawat, menjaga, dan mendidik anak sejak lahir hingga beranjak dewasa dengan penuh kasih sayang.

Oleh sebab itu, sudah menjadi keharusan bagi kita untuk menghormati mereka, karena tanpa bantuannya, anak tidak bisa menjadi orang yang cerdas.

4. Selalu mendoakan kita

pexels.com/Gabby K

Alasan mengapa kita diwajibkan untuk menghormati orangtua dan guru selanjutnya adalah karena mereka selalu mendoakan kita. Doa dari orangtua dan guru adalah doa yang paling mustajab dan kuat. Orangtua selalu mendoakan anaknya agar menjadi sosok yang baik, pintar, dan hal-hal positif lainnya.

Sedangkan, guru juga selalu mendoakan agar para muridnya dapat menjadi orang yang sukses, cerdas, dan berprestasi. Karena keduanya selalu mendoakan kita yang baik-baik, jangan sampai kita membuat mengecewakannya dan berbuat hal buruk.

5. Mendapatkan manfaat duniawi

Pexels/ Arif Syuhada

Tahukah kamu jika menghormati orangtua dan guru kamu akan merasakan manfaat duniawi yang tak terduga? Ada beberapa hikmah yang akan diperoleh seorang anak jika sudah berbakti kepada orangtua dan guru, yaitu:

  1. Akan mendapatkan pahala berlipat ganda dan rida Allah. Perlu diingat rida Allah dan murka Allah terletak pada orangtua.
  2. Dilancarkan segala urusan duniawi.
  3. Terhindar dari orang-orang yang ingin menyakiti dan hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Cinta tulus dan kuat berasal dari orangtua

Pexels/ Gustavo Fring

Ada cinta yang tak tertandingi di dunia, yaitu kasih sayang orangtua. Oleh sebab itu, penting untukmu agar selalu berbakti kepada orangtua dan membalas jasa-jasanya.

Cinta orangtua terhadap anak termasuk cinta paling tulus yang pernah ada setelah cinta Tuhan ke makhluk-Nya dan cinta Nabi Muhammad kepada umatnya. Orangtua juga telah memberikan segala kasih sayang dan hal-hal lainnya agar sang anak dapat tumbuh dengan baik.

7. Orangtua kedua di sekolah adalah guru

Pexels.com/Max Fischer

Saat di sekolah, orangtua kedua adalah seorang guru. Guru mendidik murid dengan ilmu yang bermanfaat dan dapat berguna di kemudian hari. Ia juga mengajarkan muridnya agar disiplin dan taat serta bertanggung jawab.

Si pahlawan tanpa jasa ini pantas mendapatkan rasa hormat dari seorang murid.

Nah itulah alasan mengapa kita diwajibkan untuk menghormati orangtua dan guru. Jangan lupa dilakukan, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Single