Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Film Dewasa yang Diadaptasi Dari Novel 

Bukan hanya Fifty Shades of Grey, lho!

Raizza Monik Setiawanti

Selain genre horror, romantis, dan komedi, film yang menampilkan adegan dewasa juga cukup digemari oleh banyak orang dan memiliki pangsa pasarnya sendiri. Selain itu, bukan hanya genre umum yang bisa diadaptasi dari sebuah novel menjadi film, tetapi film dewasa pun juga bisa.

Meski memang terkadang realisasi film dan cerita asli dari novelnya bisa berbeda, tetap saja esensi adegan dewasa masih tetap ditampilkan untuk membubuhkan keseruan cerita yang menggairahkan.

Berikut ini Popbela memiliki 7 daftar film dewasa yang diadaptasi dari novel. 

1. Fifty Shades of Grey

moviefone.com

Banyak dari kita pasti sudah tidak asing dengan judul film dewasa yang satu ini. Yup, Fifty Shades of Grey diadaptasi dari novel pertama dalam trilogi E.L James 2011 dengan judul yang sama. Dibintangi oleh Dakota Johnson sebagai Anastasia Steele, seorang mahasiswi sekaligus pekerja paruh-waktu yang memulai hubungan sadomasokis dengan seorang pengusaha miliarder muda Christian Grey, yang diperankan oleh Jamie Dornan.

Pertemuan mereka bermula ketika Anastasia menggantikan teman sekamarnya, Kate Kavanagh, yang sedang jatuh sakit untuk mewawancarai Christian, untuk keperluan surat kabar perguruan tinggi. Dari situlah timbul rasa ketertarikan dan keduanya menjadi intens.

Ana perlahan menyadari bahwa ia telah terperangkap dengan daya pikat Christian yang erotis, sensual, lembut, perhatian, super dominan, sekaligus menyakitkan. Ia membiarkan nafsu, libido, gairah, dan pengalaman seksualnya berjibaku dengan Christian, bahkan ia berani memberikan keperawanannya. Ana memberikan consent dan menikmati semua permainan seksual penuh gairah dan menyimpang yang diperkenalkan Christian.

Namun, semakin lama, Ana makin menyadari bahwa Grey menyimpan banyak sisi gelap dan memiliki gangguan seksual yang membuatnya selalu menyiksa pasangannya ketika berhubungan seksual.

2. Muse

asianwiki.com

Dari industri film Korea ada juga sebuah film dewasa yang diadaptasi dari novel berjudul A Muse (Eungyo). Film tahun 2012 ini diadaptasi dari novel Eun-gyo karya penulis terkenal Park Bum-shin yang menjadi tempat debut aktris Kim Go-eun di layar lebar dan langsung membesarkan namanya. Di film erotis ini bahkan, Kim Go Eun harus beradegan ranjang tanpa busana.

Mengisahkan tentang Lee Jeok-yo, pria berusia 70 tahun yang merupakan penyair yang disegani. Dia mengadopsi novelis muda laki-laki bernama Seo Ji-woo untuk menjadi anak didiknya. Namun, dunia kedua pria ini terguncang ketika siswa sekolah menengah berusia 17 tahun Han Eun-gyo muncul. Pikiran dan hasrat seksual mereka pun terbangun.

Muncullah konflik cinta segitiga di antara mereka, yang membuat mereka saling bersaing dan membenci. Ji-woo jadi dihadapkan dengan keputusan antara mengejar mimpi sebagai penulis dan kesetiaannya terhadap mentor, atau cinta serta nafsunya.

3. Jakarta Undercover

dok.internet

Film-film Indonesia beberapa tahun silam memang banyak mengangkat tema erotis dan berani menampilkan adegan dewasa. Namun, ada salah satu judul film dewasa yang diadaptasi dari novel, yaitu Jakarta Undercover. Film ini diadaptasi dari novel karya Moammar Emka yang fenomenal dengan memaparkan kisah yang sensual dan erotis tanpa harus gamblang seperti novel porno kebanyakan. 

Mengangkat kisah pengkhiantan setiap masing-masing tokoh yang tinggal di Ibu Kota. Mulai dari Jarwo (Lukman Sardi) seorang pemimpin redaksi dari sebuah majalah yang terpaksa harus berkhianat dari idealismenya sebagai seorang jurnalis, demi keberlangsungan majalah yang ia pimpin. 

Lalu, Laura (Tiara Eve) seorang model yang juga harus mengkhianati dan mencoreng nama profesinya, karena juga bekerja sebagai pelacur demi menutupi masalah perekonomian yang dialaminya. Ada pula Awink (Ganindra Bimo) yang mengkhianati jati dirinya dengan menjadi kaum penyuka sesama jenis, meski memiliki gambaran luar sebagai sosok laki-laki macho.

4. After

imdb.com

After adalah film drama romantis Amerika tahun 2019 yang disutradarai oleh Jenny Gage dan diadaptasi dari novel yang sangat populer di platform Wattpad tahun 2014 dengan judul yang sama karya Anna Todd. Film After memiliki plot yang sangat mirip dengan bukunya, meskipun ada sedikit perubahan. Cerita asli dalam novel menampilkan tokoh fanfiction yang menyertakan member One Direction, yakni Harry Styles, Liam Payne, dan Zayn Malik.

Film dimulai dengan Tessa pindah ke perguruan tinggi barunya ketika dia bertemu teman sekamarnya, seorang gadis bertato, Steph. Ibu Tessa mencoba membujuknya untuk pindah kamar, tetapi dia bersikeras itu akan merepotkan. Tessa kemudian bertemu bertemu dengan Hardin Scott, mahasiswa populer yang dikenal misterius. Keduanya akhirnya dekat dan menjalin hubungan yang menggairahkan.

5. Untold Scandal

netflix.com

Permainan yang dimainkan seseorang sering kali memiliki konsekuensi yang nyata dan tragis, terutama ketika mereka mempengaruhi emosi dalam hubungan intim. Akan tetapi, selalu ada orang-orang yang tidak berperasaan dan kejam yang senang memanfaatkan orang lain untuk menuruti keinginan mereka. Seperti halnya dalam film Korea Untold Scandal yang diadaptasi dari novel klasik Prancis, Dangerous Liaisons

Film ini mengambil setting waktu menjelang berakhirnya kekuasaan dinasti Joseon yang menampilkan banyak adegan seksual panas dan menggairahkan. Menceritakan tentang Madam Joh yang hidup sebagai istri setia, tapi ternyata diam-diam memiliki hubungan rahasia dengan banyak laki-laki termasuk Jo Won, seorang sarjana ulung yang terampil dalam seni bela diri dan suka merayu wanita.

Keduanya terlibat dalam hubungan panas dan permainan rayuan cinta. Madam Joh kemudian menyuruh Jo Won merayu So Ok, perempuan polos yang akan menjadi selir suaminya. Namun, yang terjadi justru Jo Won tertarik pada Lady Sue, seorang Katolik yang taat dan tetap suci sejak kematian suaminya sembilan tahun sebelumnya

6. Wetlands

imdb.com

Selanjutnya, ada juga film drama Jerman yang juga berisi adegan dewasa, yaitu Wetlands atau Feuchgebiete, yang diadaptasi dari novel yang terbit tahun 2008 karangan Charlotte Roche. 

Film Wetlands menceritakan tentang feminisme dan seksualitas atas badan yang dimiliki oleh remaja perempuan bernama Helen yang merupakan tokoh utama dalam film. Dalam adegannya, Helen diceritakan mau melakukan apa saja untuk bereksperimen dengan tubuhnya, seperti menggunakan buah dan sayuran untuk mendapatkan kepuasan seksual nya.

Tidak hanya seks, ia juga dengan senang hati bereksperimen dengan obat-obatan. Hal ini terjadi karena Helen merasa sendirian dan tidak dicintai di dunia. Hanya sahabatnya Corinna yang membuatnya merasa nyaman. Bersama-sama mereka melanggar banyak hal yang dianggap tabu masyarakat.

7. The Reader

europeanfilmawards.eu

The Reader adalah sebuah film drama romantis tahun 2008 yang disutradarai oleh Stephen Daldry, berdasarkan pada novel Jerman tahun 1995 dengan judul yang sama karya Bernhard Schlink.

Michael Berg (David Kross), seorang remaja di Jerman pasca perang, memulai hubungan gelap dengan Hanna Schmitz (Kate Winslet), seorang wanita tua yang senang membacakan novel klasik untuknya. Singkat cerita, hubungan keduanya semakin intim dan kerap kali berhubungan badan, mulai dari yang santai hingga seks yang menggairahkan. 

Namun, suatu ketika Hanna menghilang secara misterius, meninggalkan Michael yang patah hati dan bingung. Bertahun-tahun kemudian, Michael, yang sekarang menjadi mahasiswa hukum, mendapat kejutan dalam hidupnya ketika dia melihat Hanna diadili atas kejahatan perang Nazi.

Itulah tadi 7 daftar film dewasa yang diadaptasi dari novel. Bagaimana, kamu sudah menontonnya belum?

IDN Media Channels

Latest from Sex