Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Penyebab Perempuan Nggak Merasakan Nikmat Saat Berhubungan Intim

Stres dapat memengaruhi, lho

Dina Lathifa

Sebagian perempuan sulit menikmati saat bercinta dengan pasangannya, dan ini merupakan masalah umum yang rumit untuk dipecahkan. Ada banyak penyebab perempuan nggak merasakan nikmat saat berhubungan intim. Mulai dari masalah dari tubuhnya sendiri, masalah psikologis, bahkan keduanya.

Ketika nggak merasakan kenikmatan dalam berhubungan seksual, hal itu akan memengaruhi pada hubungannya dengan pasangan secara keseluruhan. Perempuan dan pasangannya akan merasakan kedekatan emosional yang berkurang. Karena itu, penting untuk mencari tahu penyebab wanita tidak merasakan nikmat saat berhubungan intim.

1. Merasa cemas dengan keadaan tubuh

Pixabay.com/Mandy Fontana

Melansir dari Insider, faktanya seks merupakan situasi yang dapat membuat seseorang merasa rentan dan lemah terhadap tubuhnya sendiri. Ketika perempuan merasa cemas dengan keadaan fisiknya serta selalu berpikir negatif terhadap tubuhnya sendiri, hal itu akan menghalangi dirinya untuk merasakan kenikmatan seks.

2. Trauma dengan pengalaman seks masa lalu

Pixabay.com/StockSnap

Pasanganmu mungkin pernah mengalami kejadian seksual yang kurang menyenangkan di masa lalu dan itu meninggalkan trauma dalam pikirannya. Jika benar, hal itu yang menjadi penyebab wanita tidak merasakan nikmat saat berhubungan intim. Ia masih terbayang-bayang dengan pengalaman buruk tersebut sehingga menghalanginya untuk merasakan nikmat saat bercinta.

3. Rendahnya libido

Pexels.com/Zun Zun

Boleh jadi pasanganmu memiliki libido yang rendah sehingga sulit untuk menikmati aktivitas seksual denganmu. Libido rendah ini dapat disebabkan konsumsi obat-obatan tertentu, seperti pil kontrasepsi, antidepresan, obat anti-anxiety, obat untuk tekanan darah, dan obat untuk alergi. Libido rendah juga dapat disebabkan perawatan medis tertentu. Jadi jika pasanganmu sedang menjalani pengobatan, mungkin saja hal itu memengaruhi level libidonya.

4. Seks terasa menyakitkan karena kondisi kesehatan tertentu

Pexels.com/Daria Shevtsova

Kondisi kesehatan tertentu dapat membuat seks terasa menyakitkan pada perempuan. Misalnya, pasanganmu mengalami gangguan autoimun, kondisi kulit tertentu, kondisi sakit karena saraf yang terlalu berkembang, endometriosis, dan vaginismus. Karena itu, nggak ada salahnya untuk mendorong pasangan agar mau memeriksakan kondisinya ke dokter sehingga mendapatkan penanganan yang tepat dan kehidupan seks dapat kembali menyenangkan.

5. Posisi seks yang kurang nyaman

Pixabay.com/Stokpic

Mungkin kamu ingin mencoba hal baru dengan pasangan. Namun, kamu harus memikirkan kenyaman pasangan dalam melakukannya. Penyebab wanita tidak merasakan nikmat saat berhubungan intim adalah posisi seks yang kurang nyaman dilakukannya. Jadi sebelum atau saat mencobanya, perhatikan raut wajah pasangan dan tanyakan jika ia merasa nyaman melakukannya. Jika nggak, akan sulit bagi perempuan untuk merasakan kenikmatan bercinta denganmu.

6. Pasangan merasa kurang nyaman denganmu

Pexels.com/Zun Zun

Seks membutuhkan kenyamanan secara intim pada satu sama lain. Ketika salah satu merasa kurang nyaman, hal itu akan membuatnya sulit merasakan kenikmatan seksual. Coba bicarakan dengan pasangan jika ia merasa kurang nyaman berhubungan intim denganmu. Boleh jadi ada hal mengganjal dalam hatinya yang perlu kalian diskusikan bersama, seperti adanya trauma dari masa lalu, merasa belum percaya sepenuhnya, atau merasa insecure dengan dirinya sendiri.

7. Pasangan kurang menjaga kesehatan dirinya

Pexels.com/Lucas Andrade

Penyebab wanita tidak merasakan kenikmatan saat berhubungan intim adalah dia kurang menjaga kesehatan dirinya sendiri. Coba perhatikan pola hidup pasangan. Apakah ia menjaga kesehatan dirinya dengan baik belakangan ini? Apa ia memiliki waktu tidur yang cukup? Apa pasanganmu sedang mendapatkan banyak kerjaan yang menguras tenaga, pikiran, dan perasaannya? Apa ia mengalami stres? Hal-hal seperti ini dapat menghalanginya untuk merasakan kenikmatan bercinta.

8. Pasangan baru saja melahirkan

Pexels.com/J carter

Kondisi baru melahirkan dapat menjadi penyebab wanita tidak merasakan nikmat saat bercinta. Pada dasarnya, dokter menyarankan pada pasangan untuk nggak melakukan hubungan seks selama 6 minggu atau lebih setelah melahirkan karena tubuh perempuan sedang dalam proses penyembuhan. Namun, rentang waktu tersebut berbeda pada masing-masing orang. Dokter juga menambahkan jika kondisi menyusui dapat menurunkan level estrogen, yang membuat organ intim kurang terlubrikasi dengan baik dan kurang elastis. Kondisi ini menyebabkan seks terasa menyakitkan.

9. Takut dengan kehamilan atau penyakit menular seksual

Pixabay.com/Julia Fiedler

Aktivitas seks dapat menyebabkan kehamilan dan/atau menyebarnya penyakit menular seksual. Jika pasangan memikirkan salah satu di antara kedua konsekuensi ini, itu menjadi alasan perempuan sulit merasakan nikmat saat bercinta. Kamu dapat membicarakan hal ini dengan pasangan dan mencoba menemukan cara untuk melakukan aktivitas seks yang lebih aman.

10. Belum siap untuk melakukan seks

Pexels.com/Tirachard Kumtanom

Tubuh dan pikiran seseorang harus siap ketika ingin melakukan seks. Misalnya, seseorang yang pulang ke rumah dengan keadaan lelah akan sulit untuk mendapatkan kenikmatan ketika melakukan aktivitas seksual. Boleh jadi pasanganmu merasa belum siap sepenuhnya untuk bercinta denganmu, dan jika dipaksakan, ia nggak akan menikmatinya.

11. Nggak mencapai orgasme

Pexels.com/ Dương Nhân

Melansir dari Cleveland Clinic, sekitar 10-20 persen perempuan sulit mencapai orgasme, dan hal itu yang membuat mereka sulit untuk merasakan kenikmatan bercinta. Maka, boleh jadi pasanganmu mengalami isu kesehatan ini sehingga ia nggak dapat menikmati aktivitas seksnya bersamamu.

Ada banyak penyebab wanita tidak merasakan nikmat saat berhubungan intim, namun pasanganmu belum tentu dapat memberitahukan padamu. Bahkan, boleh jadi ia sendiri nggak tahu sebab yang dialaminya sehingga sulit untuk menikmati setiap momen denganmu. Karena itu, diskusikan hal ini dengan pasangan untuk menemukan solusi terbaik. Karena hubungan seks yang kurang sehat, dapat membuat jalinan asmara di antara kamu dan pasangan menjadi renggang.

IDN Media Channels

Latest from Sex