Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tuai Kecaman, Ini 7 Fakta Pernikahan Selebgram Adhiguna dan Sabrina

Sabrina menikah saat masih SMA

Windari Subangkit

Pasangan selebgram, Muhammad Adhiguna Sosiawan dan Sabrina Salsabila, tengah menjadi perbincangan hangat sejak beberapa waktu terakhir. Keduanya jadi viral lantaran memutuskan menikah muda. Bahkan, Sabrina dipersunting oleh Adhiguna saat dirinya baru berusia 16 tahun dan masih duduk di bangku SMA.

Keduanya pun membagikan perjalanan pernikahan mereka melalui kanal YouTube “Adhiguna dan Sabrina”. Sayangnya, kisah mereka justru menuai pro dan kontra di kalangan warganet. Beberapa ada yang ikut baper dan jadi ingin cepat menikah. Tapi, tak sedikit juga yang menilai pasangan ini telah mengglorifikasi pernikahan usia anak. Seperti apa fakta sebenarnya di balik pernikahan Adhiguna Sosiawan dan Sabrina Salsabila? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Sabrina menikah saat masih kelas 2 SMA

Instagram.com/sabrinasosiawan

Adhiguna dan Sabrina melangsungkan pernikahan pada 26 Agustus 2019 lalu. Saat itu, Sabrina baru berusia 16 tahun dan masih duduk di bangku SMA. Lewat video yang mereka unggah di YouTube, Adhiguna dan Sabrina mengaku hanya berkenalan selama 36 hari sampai akhirnya mereka melangsungkan akad nikah. Cepat banget, ya?

2. Keluarga keduanya sudah saling mengenal sejak lama

Instagram.com/sabrinasosiawan

Meski hanya berkenalan selama 36 hari, tapi sebenarnya ibu mereka sudah bersahabat sejak masa kuliah. Tak hanya itu, sepupu Sabrina juga merupakan teman dekat dari Adhiguna. Jadi dengan kata lain, keluarga mereka memang sudah saling mengenal meskipun Adhiguna dan Sabrina tak pernah saling berkomunikasi sebelumnya.

3. Adhiguna sempat gagal menikah

Instagram.com/sabrinasosiawan

Sebelum mempersunting Sabrina, Adhiguna awalnya akan melangsungkan pernikahan dengan perempuan lain. Bahkan, saat itu Sabrina didapuk menjadi among tamu di pernikahan Adhiguna. Namun entah apa yang terjadi, Adhiguna gagal menikah dengan perempuan tersebut dan akhirnya bertemu dengan Sabrina. Hanya butuh 2 hari PDKT, laki-laki yang berprofesi sebagai arsitek ini mantap melamar Sabrina di hadapan orangtuanya.

4. Menikah sebelum UU Perkawinan direvisi

Instagram.com/sabrinasosiawan

Sabrina merasa beruntung lantaran saat dirinya menikah, masih berlaku peraturan pemerintah yang lama. Kala itu, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan belum direvisi sehingga perempuan boleh menikah setelah berusia 16 tahun, sedangkan laki-laki setelah 19 tahun. Setelah revisi disahkan pada 16 September 2019, siapa pun kini baru bisa menikah jika sudah berumur 19 tahun.

5. Beda usia 9 tahun

Instagram.com/sabrinasosiawan

Adhiguna dan sang istri rupanya memiliki perbedaan usia yang cukup jauh. Seperti diketahui, saat menikah, usia Sabrina masih 16 tahun, sementara Adhiguna berusia 25 tahun. Meski terpaut jarak 9 tahun, keduanya tampak serasi dan selalu mesra di segala suasana. Menariknya, Adhiguna dan Sabrina sama-sama lahir di tanggal 14 Januari, lho!

6. Pernikahan mereka mendapat kecaman

Instagram.com/sabrinasosiawan

Video-video yang mereka unggah di YouTube menuai beragam komentar dari para warganet. Banyak yang ikut baper dan ingin cepat menikah. Namun, tak sedikit juga yang melayangkan kecaman terhadap Adhiguna dan Sabrina. Sebab, keduanya dianggap telah mempromosikan, mengglorifikasi, maupun meromantisasi pernikahan usia anak (PUA)

7. Sabrina hamil anak pertama

Instagram.com/sabrinasosiawan

Sabrina sendiri kini diketahui sedang mengandung buah cinta pertamanya dengan Adhiguna. Lewat akun Instagramnya, perempuan berhijab ini menunjukkan hasil testpack dan foto USG yang memperlihatkan janin yang ada di kandungannya. Kehamilannya kini telah berusia sekitar 4 bulan.

Hmm... kalau menurutmu sendiri bagaimana, Bela? Setuju nggak dengan keputusan nikah muda seperti Sabrina Salsabila ini?

IDN Media Channels

Latest from Married