Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Istri Gugat Cerai Suami Menolak, Apa yang Harus Dilakukan?

Kamu salah satu yang mengalaminya, Bela?

Windari Subangkit

Setiap orang tentu berharap pernikahannya berjalan bahagia dan langgeng sampai akhir hayat. Namun, permasalahan yang ada dalam rumah tangga seringkali menjadi alasan seseorang ingin menyudahi pernikahannya lewat perceraian. Meski bergitu, kadangkala ada situasi di mana hanya salah satunya saja yang ingin bercerai, sementara pasangannya ingin tetap mempertahankan rumah tangganya.

Tentunya kamu sudah tahu, perceraian adalah berakhirnya hubungan suami istri dari ikatan pernikahan yang sah menurut aturan agama dan negara. Perceraian dianggap jadi jalan terakhir bagi suami istri untuk menyelesaikan masalah dalam rumah tangganya. Namun, bagaimana jika hanya istri saja yang ingin bercerai, sementara suami menolak? Jangan bingung, Popbela akan membahas tentang apa yang harus dilakukan ketika istri gugat cerai suami menolak.

1. Mengajukan gugatan cerai

newatlas.com

Banyak yang mengira jika pengajuan cerai baru bisa dilakukan ketika sudah ada kesepakatan dari kedua belah pihak. Padahal kenyataannya, kalau kamu memang sudah memutuskan ingin bercerai, kamu dapat mengajukan gugatan langsung ke Pengadilan, baik dengan adanya kesepakatan cerai maupun tanpa adanya kesepakatan cerai dari suami. 

2. Menuliskan kronologis perceraian secara lengkap

bbc.co.uk

Setelah mengajukan gugatan cerai, kamu perlu menuliskan kronologis permasalahan rumah tangga kalian secara lengkap. Kronologis ini berisi cerita tentang pernikahan kalian, mulai dari awal pernikahan, penyebab perselisihan, sampai akhirnya memutuskan bercerai. Tulislah dengan detail, jelas, dan sebenar-benarnya agar hakim dapat mudah mengerti alasanmu ingin mengakhiri pernikahan kalian. Ini juga bisa membantu proses perceraian kalian meskipun suamimu menolak.  

3. Siapkan bukti-bukti yang valid

ft.com

Proses perceraian memang cukup panjang, tapi bisa berjalan lancar jika keduanya sudah sama-sama sepakat untuk berpisah. Namun, jika istri gugat cerai suami menolak, maka proses perceraian ini pun akan semakin rumit nantinya. Maka dari itu, untuk memudahkan proses perceraianmu, siapkanlah bukti-bukti yang valid mengenai permasalahan rumah tangga mereka. Misalnya, kamu ingin bercerai karena KDRT yang dilakukan suami, maka lampirkan surat keterangan dari rumah sakit yang membuktikan bahwa kamu mengalami luka karena kekerasan dari suami. 

4. Hadirkan saksi yang dapat membantu

quillette.com

Selain bukti yang valid, kamu juga perlu menghadirkan saksi-saksi yang dapat memperkuat alasan perceraianmu. Contohnya, tetangga yang memang sering menyaksikan saat kamu diperlakukan buruk oleh suamimu. Saksi-saksi tersebut akan dihadirkan saat sidang perceraian berlangsung. Dengan begini, hakim akan menilai bahwa pernikahanmu masih bisa diselamatkan atau justru memang harus diselesaikan di meja pengadilan. 

5. Menyewa jasa pengacara

ellevest.com

Ada banyak hal yang terjadi ketika istri gugat cerai suami menolak. Mulai dari proses perceraian yang cukup alot, rumit, dan berkepanjangan. Belum lagi jika kamu bukan hanya mengajukan gugatan cerai, tapi juga hak asuh anak dan harta gono-gini, maka bukan mustahil hal ini akan membuat proses perceraiannya semakin lama.

Oleh sebab itu, nggak ada salahnya kamu meminta bantuan pengacara untuk menyelesaikan perceraianmu. Meski biaya yang dikeluarkan cukup besar, tapi ini menjadi salah satu jalan keluar ketika kamu ingin bercerai tapi suamimu bersikukuh mempertahankan rumah tangga kalian. 

Perceraian adalah perkara yang cukup berat dalam rumah tangga. Maka dari itu, nggak heran jika ada salah satu pihak yang menolak diceraikan pasangannya. Kondisi di mana istri gugat cerai suami menolak seperti ini mungkin banyak terjadi di masyarakat. Tetap semangat ya, Bela! 

TOPIC

IDN Media Channels

Latest from Married