Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Menikah Lewat Ta'aruf, Rumah Tangga 8 Artis Ini Berujung Cerai

Ada yang pernikahannya cuma beberapa bulan saja

Windari Subangkit

Menikah tanpa melalui pacaran, atau dalam Islam dikenal dengan istilah ta’aruf, tampaknya kini semakin diminati oleh para anak muda. Tak hanya masyarakat biasa, beberapa artis Tanah Air pun ada yang memilih menikah melalui ta’aruf.

Namun, menikah lewat ta’aruf tidak menjamin rumah tangga akan langgeng selalu. Beberapa pasangan artis ada yang memutuskan bercerai meski usia pernikahannya baru seumur jagung. Tentunya kita tidak bisa menyalahkan ta’aruf karena banyak pula pernikahan yang berhasil awet meski tanpa pacaran.

Berikut ini Popbela telah merangkum 8 pasangan artis yang menikah lewat ta’aruf, tapi berujung cerai.

1. Dodi Hidayatullah dan Auliya Fadlilah

Instagram.com/auliyafadlilah

Penyanyi, Dodi Hidayatullah, melepas masa lajangnya usai mempersunting seorang dokter bernama Auliya Fadlilah pada 2 Juni 2011. Sebelum menikah, keduanya lebih dulu melakukan proses ta'aruf untuk saling mengenal. Pernikahan tersebut bahkan sempat viral dan jadi perbincangan netizen lantaran Dodi memberikan mahar kepada sang istri berupa lantunan surah Ar-Rahman. 

Pernikahan Dodi dan Auliya berjalan harmonis hingga mereka dikaruniai tiga anak. Namun, secara mengejutkan tiba-tiba Dodi mengumumkan bahwa dirinya sudah resmi bercerai dari Auliya pada 14 Desember 2022. Dodi sendiri tak membuka penyebab perceraian mereka. Kendati demikian, personel grup ADAM Musik ini mengucapkan terima kasih kepada Auliya yang sudah menemaninya membangun rumah tangga selama 11 tahun.

2. Rizki D'Academy dan Nadya Mustika

Instagram.com/nadyamustikarahayu

Tak lama setelah putus dari Lesti Kejora, Rizki D'Academy melangsungkan pernikahan dengan Nadya Mustika Rahayu pada 17 Juli 2020. Yang mengejutkan, keduanya hanya kenal tiga hari sebelum memutuskan untuk menjalani ta'aruf dan menikah. Pernikahan mereka kala itu sempat jadi sorotan karena Lesti ikut hadir bersama keluarganya.

Sebulan menikah, Rizki menjatuhkan talak pada sang istri yang kala itu sedang dalam kondisi hamil. Hubungan mereka kembali membaik setelah Nadya melahirkan putra mereka, Syaki, pada 13 April 2021. Bahkan, Rizki kembali mengucap ijab kabul dengan Nadya pada 20 Juli 2021 di Medan. Sayangnya, keharmonisan mereka tak bertahan lama. Akhirnya, Rizky resmi menggugat cerai Nadya pada 23 November 2021.

3. Reza Zakarya dan Valda Alviana

Instagram.com/ficellephoto

Pedangdut Reza Zakarya melepas lajangnya dengan perempuan dari kalangan non selebriti bernama Valda Alviana. Keduanya menggelar pernikahan pada 17 Januari 2021 dengan mengusung konsep a la Timur Tengah. Rupanya, Valda awalnya adalah penggemar Reza. Merasa saling cocok, keduanya pun memutuskan melakukan proses ta'aruf dan akhirnya menikah.

Tapi siapa sangka, baru empat bulan hidup bersama, Reza dan Valda memutuskan untuk berpisah. Jebolan Dangdut Academy Asia 3 itu pun terang-terangan mengumumkan sudah resmi bercerai dengan Valda per tanggal 14 September 2021. Di hadapan media, Reza mengaku alasan perceraiannya karena Valda tidak siap memiliki suami seorang artis. Merasa sudah tak sanggup lagi hidup bersama, Reza pun mengembalikan Valda pada orangtuanya dan menggugat cerai sang istri.

4. Alvin Faiz dan Larissa Chou

Instagram.com/alvin_411

Alvin Faiz sempat membuat publik heboh lantaran memutuskan menikah di usia 17 tahun. Putra sulung mendiang Ustaz Arifin Ilham ini menikahi Larissa Chou, seorang mualaf keturunan Tionghoa, pada 6 Agustus 2016. Keduanya melangkah ke pelaminan setelah menjalani proses ta’aruf selama dua bulan.

Tampak adem ayem dan jauh dari gosip miring, sayangnya pasangan beda usia 3 tahun ini tiba-tiba mengumumkan perpisahan mereka. Pada 20 Mei 2021, Larissa Chou menggugat cerai suami yang telah menemaninya selama 5 tahun itu. Meski bercerai, Alvin dan Larissa sepakat untuk tetap kompak membesarkan putra semata wayang mereka, Yusuf.

5. Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran

Instagram.com/laudyacynthiabella

Laudya Cynthia Bella resmi dipersunting oleh pengusaha asal Malaysia, Engku Emran, pada 8 September 2017. Bella dan Emran pertama kali berkenalan lewat artis Malaysia, Nora Danish, pada April 2017. Merasa cocok, keduanya pun menjalani masa perkenalan atau ta'aruf selama 5 bulan sebelum akhirnya menikah.

Setelah menikah, kehidupan Bella dan Emran tampak bahagia. Meski memiliki sejumlah perbedaan, mulai dari status, kewarganegaraan, hingga usia yang terpaut jauh, nyatanya hal ini tak jadi masalah bagi keduanya. Sayang, pernikahan mereka justru berakhir dengan perceraian pada Juli 2020.

6. Taqy Malik dan Salmafina Sunan

Instagram.com/hijazpictura

Sebelum menikah dengan Sherel Thalib, Taqy Malik pernah membangun rumah tangga dengan Salmafina Sunan. Keduanya mengaku melakukan ta'aruf dan memutuskan menikah muda pada 16 September 2017. Saat itu, usia Taqy baru 20 tahun sedangkan Salma 18 tahun. Baru menikah, keduanya harus menjalani hubungan jarak jauh lantaran Taqy melanjutkan pendidikan ke Mesir.

Sayangnya, pernikahan mereka hanya bertahan lima bulan karena Salma dan Taqy resmi bercerai pada 21 Februari 2018. Perceraian mereka pun diwarnai drama saling bongkar aib ke publik. Setelah bercerai, Salma mengaku sebenarnya ia dan Taqy tidak menjalani ta'aruf, tapi memang berpacaran sebelum menikah. Putri pengacara Sunan Kalijaga itu menilai kebohongan tersebut membuat Tuhan marah.

7. Risty Tagor dan Stuart Collin

Dok. internet

Setelah bercerai dari Rifky Balweel, Risty Tagor menikah lagi dengan Stuart Collin pada 19 April 2015. Keduanya menikah setelah menjalani proses ta'aruf yang terbilang cukup singkat. Banyak yang mengira pernikahan keduanya dengan Stuart bakal langgeng. Selain karena sama-sama dari dunia hiburan, Stuart juga tampak sudah dekat dengan anak Risty dari pernikahan sebelumnya.

Namun tak disangka, baru beberapa bulan menjalani pernikahan, Risty memutuskan untuk menggugat cerai Stuart. Padahal, saat itu Risty sendiri sedang hamil anak dari Stuart. Keduanya juga sempat saling sindir di media sosial sebelum akhirnya resmi bercerai pada 24 Maret 2016.

8. Muzdalifah dan Khairil Anwar

Instagram.com/muzdalifah99

Setelah rumah tangganya dengan pedangdut Nassar kandas di tengah jalan, Muzdalifah menikah untuk ketiga kalinya dengan Khairil Anwar. Muzdalifah dan pengusaha asal Makassar tersebut menjalani proses ta'aruf selama 3 bulan sebelum menikah pada 22 Mei 2017. Muzdalifah dan Khairil mengaku dekat setelah dikenalkan oleh saudara.

Baru sebentar menikah, Muzdalifah harus menelan pil pahit bahwa suaminya banyak menyimpan kebohongan. Tak hanya terlilit kasus penggelapan uang, Khairil yang mengaku duda saat menikahi Muzdalifah ternyata sudah memiliki istri bernama Rina. Karena hal ini, pernikahan Muzdalifah dan Khairil pun berujung perceraian pada 6 Oktober 2017.

Itulah 6 pasangan artis yang menikah lewat proses ta’aruf, tapi berujung perceraian. Mana di antara pasangan ini yang perceraiannya paling membuatmu kaget, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Married