Perjalanan cinta setiap orang tentunya berbeda-beda. Ada yang harus berpacaran lama baru menikah, ada yang nggak perlu lama berpacaran kemudian langsung dilamar, tapi ada juga yang sama sekali nggak melalui jalan pacaran, lho! Memang dalam Islam sendiri nggak ada yang namanya pacaran. Jika seseorang ingin menikah, dianjurkan untuk melalui ta’aruf alias proses perkenalan antara calon laki-laki dan si calon perempuan. 

Rupanya, ta’aruf ini membuat beberapa artis juga tertarik untuk melakukannya. Seperti yang terjadi pada anak ketiga Maia Estianty dan Ahmad Dhani, Dul Jaelani. Meski baru saja lulus dari SMA, Dul sudah merencanakan untuk menikah muda. Bahkan, ia sudah meminta izin kepada kedua kakaknya, Al dan El, jika nanti ia menikah lebih dulu. Dul mengaku ingin menikah di usia 23 tahun, tapi nggak lewat pacaran melainkan lewat proses ta’aruf. Bahkan, Ahmad Dhani juga bersedia mencarikan pasangan untuk cowok berusia 17 tahun ini. Selain Dul, 5 artis Tanah Air ini juga memilih menikah melalui ta’aruf, lho! Siapa saja, ya?

1. Tommy Kurniawan dan Lisya Annurrahmi

5 Artis Ini Jalani Ta'aruf Lebih Dulu Sebelum Putuskan Menikah
Instagram.com/tommykurniawann

Pasca bercerai dengan Tania Nadira pada Maret 2017, tampaknya membuat Tommy Kurniawan lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan, terutama untuk urusan pernikahan. Tommy pun memilih lewat jalan ta’aruf untuk menemukan pendamping hidupnya ini. Akhirnya, aktor berusia 33 tahun ini pun dipertemukan oleh seorang pramugari bernama Lisya Annurahmi. Setelah menjalani proses ta’aruf selama beberapa bulan, Tommy pun resmi menikahi Lisya di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, pada 18 Februari 2018. 

2. Egi John Foreisythe dan Yasmin Kamila

5 Artis Ini Jalani Ta'aruf Lebih Dulu Sebelum Putuskan Menikah
Dok. internet

Keputusan Egi John menikah melalui proses ta’aruf membuat publik takjub. Pasalnya, sebelum menikah Egi diketahui sempat berpacaran dengan Marshanda. Namun sayang, hubungan mereka kandas di tengah jalan. Egi pun mantap untuk hijrah dan akhirnya bertemu dengan Yasmin Kamila dalam suatu pengajian. Sebelum memutuskan untuk membina rumah tangga, Egi dan Yasmin telebih dahulu menjalani ta’aruf selama 3 bulan. Setelah menikah pada 1 Juli 2017, aktor berusia 29 tahun ini memutuskan untuk mundur dari dunia hiburan yang sudah membesarkan namanya ini. 

3. Fedi Nuril dan Vanny Widyasasti

5 Artis Ini Jalani Ta'aruf Lebih Dulu Sebelum Putuskan Menikah
Instagram.com/fedinuril

Bisa dibilang, kabar pernikahan Fedi Nuril dengan Vanny Widyasasti di Januari 2016 lalu cukup mengejutkan publik dan bikin patah hati nih. Gimana nggak? Pemeran Prasetya dalam film Surga yang Tak Dirindukan ini nggak pernah terdengar dekat atau berpacaran dengan seorang wanita. Rupanya, Fedi Nuril memang nggak mau berpacaran, Bela. Lelaki kelahiran 1 Juli 1982 ini mengaku memilik proses ta’aruf untuk menikah karena teringat perjalanannya saat syuting film Ayat-Ayat Cinta di tahun 2007 silam. Keinginannya ini pun akhirnya mempertemukan Fedi Nuril dengan Vanny dan mereka sepakat menjalani ta’aruf selama 6 bulan hingga kemudian menikah. Kini Fedi Nuril dan Vanny telah dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Hasan Fadilah Nuril.

4. Dude Harlino dan Alyssa Soebandono

5 Artis Ini Jalani Ta'aruf Lebih Dulu Sebelum Putuskan Menikah
Instagram.com/ichasoebandono

Sebelum menikah, Dude Harlino dan Alyssa Soebandono memang sudah saling mengenal lantaran kerap beradu akting dalam judul sinetron yang sama. Meski begitu, Dude dan Alyssa nggak berpacaran, Bela. Baru setelah Alyssa menyelesaikan studinya di luar negeri, keduanya pun memutuskan untuk ta’aruf dan menikah pada 22 Maret 2014. Pasca menikah dengan Dude, Alyssa pun memutuskan untuk berhijab. Kebahagiaan Dude dan Alyssa pun kian bertambah setelah mereka dikaruniai dua orang anak, Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino dan Malik Narendra Harlino.  

5. Oki Setiana Dewi dan Ory Vitrio

5 Artis Ini Jalani Ta'aruf Lebih Dulu Sebelum Putuskan Menikah
Instagram.com/okisetianadewi

Artis sekaligus ustadzah, Oki Setiana Dewi, juga dipersatukan dengan sang suaminya melalui proses ta’aruf. Sebelum menikah pada Januari 2014 lalu, kakak dari Ria Ricis ini mengaku sempat galau lantaran ayahnya belum mau menerima lamaran setiap laki-laki yang datang. Baru akhirnya ketika Ory Vitrio yang datang, sang ayah mengizinkan hingga akhirnya keduanya menjalani proses ta’aruf. Ory Vitrio sendiri merupakan sahabat karib dari Dude Harlino dan Teuku Wisnu. Oki mengatakan, pernikahannya dengan Ory Vitrio adalah skenario yang indah dari Allah. Keluarga harmonis ini pun semakin bahagia dengan kehadiran 3 orang anak.

Pernikahan sejatinya ialah sarana untuk beribadah dan melengkapi satu sama lain. Tentunya, menikah dengan cara yang sesuai dengan syari’at Allah ini bisa ditiru oleh umat Muslim lainnya. Kamu sendiri ingin menikah lewat ta’aruf nggak, Bela?

BACA JUGA: Ketahui Proses Ta'aruf yang Benar Sebelum Memutuskan Menikah