Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Cara Memantau Pasangan yang Dicurigai Selingkuh

Jangan biarkan rasa curiga menghatuimu.

Raizza Monik Setiawanti

Apakah kamu khawatir pasanganmu selingkuh tetapi tidak memiliki bukti yang kuat? Kamu mungkin memiliki firasat yang tidak menyenangkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan pasanganmu karena ia menjadi lebih jauh. 

Kecurigaan itu bisa muncul dari banyak faktor. Entah mungkin dari intensitas penggunaan ponselnya sehari-hari, perubahan sikap atau bahasanya, atau hal-hal kompleks lainnya. Ketika hal ini kamu rasakan, kamu bisa sangat gelisah dan membuat banyak persepsi negatif muncul di kepala.

Sebab, perselingkuhan itu tidak hanya menghancurkan komitmen, tetapi juga berpotensi meninggalkan rasa sakit yang parah kepada orang yang menjadi korban. Itulah yang mungkin menjadi ketakutanmu.

Untuk itu daripada menyimpan rasa cemas itu, lebih baik simak informasi berikut ini. Ada sejumlah cara memantau pasangan yang dicurigai selingkuh.

1. Cek pesan atau aplikasi chatting di ponselnya

Freepik.com

Kamu mungkin ragu untuk mengecek ponsel pasangan, karena takut akan dianggap melanggar privasi. Namun, nggak ada salahnya untuk melakukan hal itu jika memang kamu memiliki alasan kuat dan jelas untuk menjawab keraguan dalam hatimu.

Apalagi kalau pasanganmu memang menunjukkan sikap yang sangat protektif terhadap ponselnya. Kalau kamu tidak ingin mengeceknya secara langsung, kamu bisa menyiasatinya dengan melihat dari notifikasi yang ada di ponselnya saja. 

Akan tetapi, kalau kamu memiliki akses untuk bisa mengeceknya, cobalah untuk mengetahui dari pesan atau aplikasi chatting lainnya. Dari situ kamu bisa tahu apakah ada pesan yang mencurigakan atau tidak.

2. Cari file audio atau foto tersembunyi

picjumbo.com/

Selain pesan tersembunyi, pasangan yang berselingkuh mungkin saja menyembunyikan file audio atau foto. Jika pasangan kamu mengetahui cara menggunakan gadget dan aplikasi terbaru, mereka mungkin secara diam-diam menyematkan gambar ke file audio atau gambar lainnya, sehingga perlu akses atau kode khusus untuk membuka file tersebut.

Jika kamu menemukannya, jangan langsung menuduh pasangan berdasarkan prasangkamu dulu, ya! Coba tanyakan dengan cara baik-baik padanya alasan ada file yang disembunyikan. Lalu, kalau ia meresponsnya dengan nada marah dan tidak menjawab inti dari pertanyaanmu, bisa jadi ada yang benar-benar ia sembunyikan.

3. Cek media sosial

freepik.com/ zinkevych

Cara memantau pasangan yang dicurigai selingkuh selanjutnya ini terbilang cukup aman. Pasalnya, kamu bisa memantau pasangan tanpa terlihat memantau. Yup, dengan cara mengecek media sosialnya.

Kamu bisa mulai dari melihat aktivitas apa saja yang dilakukan pasanganmu dan teman-temannya. Entah itu dari postingan yang ia bagikan atau mungkin dari likes dan komentar pada akun tertentu.

Lalu, jika kamu mengecek media sosial pasangan langsung dari akunnya, kamu juga bisa mengecek apakah ada pesan yang mencurigakan di sana.

4. Melacak pergerakan mereka

Pexels.com/Vlada Karpovich

Cara selanjutnya adalah dengan melacak dari pergerakan yang dilakukan pasangan lewat beberapa aplikasi. Cara ini mungkin terbilang ekstrem karena kamu bisa dianggap sebagai pasangan posesif. Untuk itu, usahakan untuk mencobanya hanya ketika kamu membutuhkannya, ya, yaitu ketika kamu benar-benar merasa ada yang mencurigakan dan nalurimu berkata kalau kamu harus mencari tahu itu. 

5. Periksa laporan pengeluarannya

Pexels.com/Bruce Mars

Pasangan yang berselingkuh itu umumnya cenderung berubah menjadi boros. Untuk itu, kalau kamu mencurigai pasanganmu berselingkuh, cobalah untuk mencari tahu dari pengeluaran yang ia lakukan.

Jika ada bayaran-bayaran yang menurutmu ganjil di kartu kredit pasanganmu, atau mendadak uang di rekening pasangan berkurang, itu bisa menjadi tanda perselingkuhan. 

6. Perhatikan perubahan perilaku

freepik.com/ ilpik

Sebenarnya pasangan yang selingkuh itu secara tidak sadar menunjukkan perubahan perilaku yang signifikan, lho. Misalnya, ia yang tadinya cuek terhadap penampilan, bisa tiba-tiba suka menggunakan parfum ketika keluar rumah, atau mengenakan pakaian yang sebelumnya jarang ia pakai.

Contoh lainnya, pasanganmu mulai jarang menghabiskan waktu bersama karena selalu dipakai untuk urusan kantor. Perubahan-perubahan yang kelihatannya kecil ini, bisa kamu pantau secara berkala. Kalau memang sudah sangat sering dilakukan, itu artinya kamu patut waspada.

7. Perhatikan bahasa tubuh

freepik/gpointstudio

Selain dari perilaku, pantau juga dari bahasa tubuh yang ia tunjukkan padamu. Hal ini karena biasanya orang yang berbohong memiliki bahasa tubuh yang mudah untuk dikenali. Misalnya, tidak berani menatap matamu ketika kamu menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan kesibukannya, atau mungkin ia berpaling dan menjauh darimu ketika kamu mulai menanyakan hal-hal spesifik padanya.

8. Tanya langsung padanya

Pexels.com/Yan Krukov

Terakhir, ketika kamu sudah melakukan semua cara di atas dan ternyata keraguanmu masih belum terjawab, langkah yang bisa kamu ambil adalah menanyakan langsung padanya.

Daripada menggali hal-hal yang mencurigakan secara terus menerus dan membuat sesuatu yang tidak semestinya kamu ketahui terungkap, lebih baik ungkapkan kecurigaanmu padanya. Namun, pastikan kalau kamu sudah menyiapkan bukti-bukti yang dikumpulkan selama ini. 

Jika pasanganmu masih mengelak dan memberi jawaban yang tidak relevan, maka mungkin kamu perlu mencari tahu lebih lanjut dengan menggali informasi dari teman-temannya. Akan tetapi, kalau ia bisa membuktikan bahwa ia tidak berselingkuh, maka kamu perlu menghargai itu dan mencoba percaya padanya.

Itulah tadi beberapa cara memantau pasangan yang dicurigai selingkuh. Satu hal yang perlu diingat adalah lakukan itu semua ketika kamu benar-benar curiga, ya! Selain itu, manfaatkan kesempatan yang kamu miliki untuk mengumpulkan bukti-bukti yang bisa menjawab kecurigaanmu.

IDN Media Channels

Latest from Married