Biasanya hubungan asmara bisa terjalin berkat adanya intensitas komunikasi yang cukup sering. Pertemuan dan diskusi rutin yang terus berulang-ulang bisa menimbulkan benih-benih cinta kepada siapa pun itu, bahkan pada orang yang sudah berkeluarga sekalipun. Inilah yang membuat banyak perselingkuhan terjadi di tempat kerja.

Dilansir dari laman Bonobology, statistik terkait angka perselingkuhan di tempat kerja bisa dikatakan cukup tinggi. 36% orang mengaku bahwa mereka berselingkuh dengan rekan kerja mereka, 35% orang mengaku melakukan perselingkuhan saat melakukan perjalanan bisnis, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa sekitar 60% perselingkuhan biasanya dimulai di tempat kerja. Lalu, kantor menjadi salah satu dari 6 tempat teratas seseorang memulai hubungan perselingkuhan.

Dengan angka yang tidak sedikit ini, membuat banyak perempuan was-was perihal kondisi rumah tangganya. Namun, sebenarnya perselingkuhan tersebut bisa dikenali karena ada sejumlah tanda-tandanya.

Untuk membantu mencegah hal buruk terjadi dalam rumah tanggamu, berikut ini ada 9 tanda suami selingkuh dengan teman kerjanya.

1. Lebih senang menghabiskan waktu di tempat kerja daripada di rumah

Kenali 9 Tanda Suami Selingkuh dengan Teman Kerjanya  freepik.com/gpointstudio

Biasanya, rumah selalu menjadi tempat ternyaman bagi siapa pun untuk kembali, apalagi setelah lelah bekerja seharian penuh. Namun, kalau suami bersikap sebaliknya, kamu perlu waspada, Bela!

Contohnya, dia dengan senang hati menerima jam kerja tambahan dan pulang larut malam, atau tampak sangat bersemangat untuk pergi bekerja di pagi hari dan tidak mengeluh tentang jam kerjanya yang panjang. 

Benarkah dia menyukai pekerjaan yang sedang dilakukannya atau hanya pura-pura menyembunyikan urusan pekerjaan rahasianya? Belajarlah untuk mengamati tanda-tanda kecil ini, Bela.

Orang yang bekerja secara overtime normalnya akan merasa kelelahan, lalu kalau ternyata suami pulang dengan segar dan bahagia, itu bisa menjadi salah satu tanda suami selingkuh dengan teman kerjanya.

2. Jarang punya waktu untuk melakukan percakapan yang berarti denganmu

Kenali 9 Tanda Suami Selingkuh dengan Teman Kerjanya  freepik.com/senivpetro

Selain menghabiskan terlalu banyak waktu di tempat kerja, dia bahkan akan berhenti melakukan percakapan serius denganmu. Ketika kamu menghabiskan waktu berdua dengannya, ia akan lebih banyak memegang kendali atas topik pembicaraan dan mengalihkan ke hal-hal yang umum.

Dia mungkin takut kalau kamu akan mengajukan pertanyaan menjurus kepadanya dan mengetahui kalau ia berbohong. Perhatikan bagaimana responsnya, Bela. Ketika kamu menanyakan kecurigaanmu padanya, ia mungkin bisa mengatakan, "Tidak ada yang terjadi di antara kita" tetapi lihat bagaimana gesturnya. Apakah ia tegang? Atau wajahnya memerah?

Apa yang ia katakan dan apa yang kamu lihat mungkin merupakan dua hal yang sangat berbeda. Jadi, belajar untuk membaca tanda-tanda ini.

3. Melarangmu untuk mengunjungi kantornya

Kenali 9 Tanda Suami Selingkuh dengan Teman Kerjanya  Pexels.com/Yan Krukov

Tanda suami selingkuh dengan teman kerjanya yang lain adalah dia melarangmu untuk mengunjungi kantornya. Ia mengatakan bahwa bosnya tidak akan menghargai itu atau dia sangat sibuk di tempat kerja. Bahkan, kalau kamu tiba-tiba datang ke tempat kerjanya untuk mengejutkannya, dia tampak tidak nyaman dan kesal denganmu.

Ini merupakan tanda yang cukup jelas, Bela. Dia tidak ingin kamu bertatap muka dengan selingkuhannya, walau hanya sekilas, dia takut akan ketahuan.

4. Tidak pernah berbagi hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan denganmu lagi

Kenali 9 Tanda Suami Selingkuh dengan Teman Kerjanya  pexels.com/Keira Burton

Mungkin di awal-awal ia bekerja, suami sering berbagi gosip, masalah, atau pencapaian terkait pekerjaan. Dia banyak berbicara tentang bos, rekan kerjanya, dan lelucon yang mereka buat.

Namun seketika semua berubah. Dia tampak menjauh dan menghindari berbagi hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Cobalah untuk mencari tahu penyebabnya, Bela. Jika ia menyebut alasan yang tidak masuk akal, itu artinya ada sesuatu yang salah dan coba ia tutup-tutupi.

5. Menjadi lebih memperhatikan penampilannya

Kenali 9 Tanda Suami Selingkuh dengan Teman Kerjanya  freepik.com/ ilpik

Apakah suami kamu memberikan upaya ekstra, baik dari sisi waktu maupun energi dalam penampilannya, seperti mengenakan pakaian yang menarik dan menggunakan parfum baru yang mahal untuk bekerja? Atau apakah dia ingin tidak ada lipatan di bajunya, dan memastikan sepatunya bersih dan bersinar?

Ketika semua hal itu ia lakukan secara tiba-tiba, terutama saat hendak pergi bekerja, kamu pasti bisa mengenali tanda perselingkuhan ini dengan jelas, Bela. Terlebih lagi, jika suami adalah tipikal yang cuek.

6. Sering menyebut satu nama rekan kerja perempuan secara obsesif

Kenali 9 Tanda Suami Selingkuh dengan Teman Kerjanya  Pexels.com/Katerina Holmes

Selanjutnya, tanda yang mungkin terasa menyebalkan dan bisa langsung dikenali adalah ketika suami mulai sering berbicara tentang satu nama rekan kerjanya yang merupakan seorang perempuan. Dia memberitahu kamu tentang ciri-ciri kepribadian perempuan tersebut yang hebat, serta prestasi kerjanya dan terus menerus memujinya.

Di sisi lain, terlihat bagaimana matanya memiliki binar ketika membicarakan perempuan tersebut. Maka, ketahuilah bahwa ada hal di luar batas yang ia tutupi darimu, yaitu soal perselingkuhannya. 

7. Sering melakukan perjalanan bisnis yang tak terhitung jumlahnya

Kenali 9 Tanda Suami Selingkuh dengan Teman Kerjanya  freepik.com/aleksandarlittlewolf

Selain menghabiskan waktu di tempat kerja, suami yang selingkuh dengan rekan kerjanya juga memiliki waktu perjalanan bisnis yang lebih sering. Setiap minggu, ia akan memberi tahu kamu bahwa ia harus melakukan perjalanan bisnis akhir pekan dan frekuensi perjalanan ini akan terus meningkat.

Lalu, jika dia merasa kesal ketika kamu bertanya tentang perjalanan bisnisnya ini dan mengapa ia harus pergi begitu sering. Ini adalah tanda meyakinkan kalau suami berselingkuh dengan rekan kerjanya.

8. Sering main ponsel di luar jam kerja

Kenali 9 Tanda Suami Selingkuh dengan Teman Kerjanya  lovedevani.com

Memang, komunikasi dengan rekan kerja itu juga bisa dilakukan di rumah dan di luar jam kerja. Akan tetapi, kalau terlalu sering dan ia tidak merasa terganggu, apakah itu adalah hal yang normal? Hati-hati, Bela! Itu bisa jadi tanda kalau ia sedang menyembunyikan sesuatu dan menjalin hubungan terlarang dengan rekan kerjanya. 

Sebaiknya, kamu komunikasikan langsung dengannya dan cari tahu alasan kenapa ia lebih asyik dengan ponselnya dibandingkan mendengar ceritamu. Lalu, jika jawabannya terkesan aneh seperti menyembunyikan sesuatu, kamu patut untuk waspada dan perlu memperhatikan keseharian suami lebih sering.

9. Ada perubahan drastis dari sikapnya

Kenali 9 Tanda Suami Selingkuh dengan Teman Kerjanya  freepik.com/senivpetro

Tidak hanya dari sisi penampilannya, suami yang berselingkuh dengan rekan kerjanya akan menunjukkan perubahan drastis dari keseluruhan sikapnya. Kamu akan melihat bahwa dia tiba-tiba tampak sangat percaya diri. Dia akan lebih banyak tersenyum di cermin dan akan lebih tegas di sekitar rumah juga.

Dia akan mendengar genre musik yang belum pernah didengarkan sebelumnya dan preferensi makanannya pun bisa berubah, seperti hanya bisa makan salad untuk menjaga fisiknya.

Seperti itulah ciri atau tanda suami selingkuh dengan teman kerjanya. Meski begitu, usahakan untuk tidak langsung menyimpulkan dan menuduh secara langsung, Bela. Pastikan dulu bahwa semua tanda itu benar terjadi dan bukti-bukti yang kamu miliki cukup kuat untuk mempertahankan argumenmu.

Baca Juga: 6 Tipe Selingkuh yang Paling Sering Terjadi, Jangan Dibiarkan!

Baca Juga: 11 Film Indonesia Tentang Perselingkuhan, Bikin Gregetan!

Baca Juga: 8 Cara Menghadapi Perempuan yang Selingkuh dengan Suami