Perselingkuhan merupakan sebuah hal buruk dalam hubungan percintaan. Sebab, perselingkuhan akan menimbulkan rasa kecewa, sakit hati, hingga trauma. Maka tak heran jika diselingkuhi menjadi ketakutan terbesar bagi sebagian orang yang sedang menjalin hubungan.

Korban perselingkuhan biasanya memiliki ketakutan dan kecemasan akan kembali mengalami hal yang sama. Ketakukan itu nantinya akan berpengaruh pada hubungannya selanjutnya.

Untuk itu, sebaiknya mulailah hilangkan trauma tersebut. Meski tak mudah, kamu harus berusaha sebaik mungkin. Berikut beberapa cara atasi trauma usai diselingkuhi yang layak untuk kamu terapkan.

1. Pelan-pelan dan jangan memaksakan diri

6 Cara Atasi Rasa Cemas dan Trauma Usai DiselingkuhiPexels.com/Rodnae Productions

Mengalami sakit hati dan trauma memang menimbulkan perasaan-perasaan yang tidak menyenangkan. Namun, salah satu cara terpenting dalam proses mengatasi trauma setelah diselingkuhi adalah bersabar. Sebab, prosesnya memang panjang dan tidak instan.

Beri dirimu waktu untuk bersedih guna menyembuhkan rasa sakit. Kemudian, mulailah berpikir dan menenangkan diri. Ingatlah untuk tidak memaksakan dirimu sebab hal tersebut akan berdampak buruk nantinya.

2. Berdamai dengan masa lalu dan mencintai diri sendiri

6 Cara Atasi Rasa Cemas dan Trauma Usai DiselingkuhiFreepik.com

Walaupun menjadi korban perselingkuhan adalah hal yang pahit, kamu tidak boleh kehilangan rasa cinta pada dirimu sendiri. Daripada menyakiti diri sendiri, lebih baik luapkan kekesalan pada dia yang telah selingkuh.

Selanjutnya, belajarlah untuk berdamai dengan masa lalu dan mulai menerima bahwa pasanganmu telah selingkuh. Tujuannya, agar kamu bisa fokus hidup untuk masa depan. Meski awalnya sulit, lama-kelamaan kamu akan mulai melupakannya.

3. Jaga kondisi tubuh dengan tidur cukup dan makan sehat

6 Cara Atasi Rasa Cemas dan Trauma Usai Diselingkuhifreepik.com/racool_studio

Satu hal yang tidak boleh kamu lupakan saat trauma usai diselingkuhi adalah menjaga kesehatan dirimu sendiri. Jangan sampai berlarut-larut dalam kesedihan hingga lupa kesehatan.

Pastikan kamu tetap beristirahat dan tidur yang cukup. Akan lebih baik bila kamu mampu mengkonsumsi makan sehat, hingga berolahraga. Tujuannya, agar tubuhmu selalu dalam kondisi terbaiknya dan siap menyambut hari cerah setelah melupakan kenyataan pahit.

4. Membuat rutinitas baru dan melakukan hal-hal menyenangkan

6 Cara Atasi Rasa Cemas dan Trauma Usai DiselingkuhiPexels.com/Noelle Otto

Untuk mengatasi trauma dan melupakan fakta bahwa pasanganmu telah berselingkuh, dapat diatasi dengan menyibukkan diri. Cobalah untuk membuat rutinitas baru serta melakukan hal-hal menyenangkan yang tak sempat kamu lakukan sebelumnya.

Selain itu, rutinitas baru juga bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan potensi diri sesuai minat dan bakat kamu. Beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa kamu coba antara lain: jalan-jalan sore, membaca buku, berkebun, melukis dan lain-lain.

5. Temukan support system dari orang-orang yang sayang padamu

6 Cara Atasi Rasa Cemas dan Trauma Usai DiselingkuhiPexels.com/Julia Larson

Terkadang, cara terbaik untuk mengatasi trauma adalah dengan berbagi kesedihan dengan orang-orang di sekitar. Makanya, tak ada salahnya bila kamu mulai mencari support system dari orang yang menyayangimu, seperti teman dan keluarga.

Perhatian dan dukungan dari support system akan membantu kamu melewati situasi sulit dan rasa trauma usai diselingkuhi pasangan.

6. Berkonsultasi dengan psikolog agar kamu bisa lebih lega

6 Cara Atasi Rasa Cemas dan Trauma Usai DiselingkuhiPexels.com/Polina Zimmerman

Terakhir, bila kamu merasa sudah melakukan segala cara untuk mengatasi trauma usai diselingkuhi, namun tak kunjung merasakan hasilnya, sebaiknya kamu meminta pertolongan pada ahlinya.

Kamu bisa mulai berkonsultasi ke psikolog. Tujuannya, agar kamu punya kesempatan untuk mencurahkan semua rasa sakit dan sedih, tanpa takut dihakimi. Hal ini akan membantu kamu merasa lebih lega dan bisa menerima kenyataan dengan lapang dada.

Demikianlah beberapa cara atasi trauma usai diselingkuhi yang wajib kamu terapkan, demi masa depan yang lebih baik. Meski sulit, ingatlah untuk tetap semangat, ya, Bela!

Baca Juga: 6 Tipe Selingkuh yang Paling Sering Terjadi, Jangan Dibiarkan!

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Kamu Mudah Curiga Setelah Diselingkuhi Pasangan

Baca Juga: 11 Film Indonesia Tentang Perselingkuhan, Bikin Gregetan!