Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Pasangan Weton yang Tidak Boleh Menikah, Akan Datangkan Bahaya!

Diprediksi hadapi banyak masalah

Raden Putri

Dalam masyarakat adat Jawa, weton kelahiran perlu diketahui untuk membantu mencari jodoh atau pasangan yang cocok. Pasalnya, terdapat beberapa pasangan weton yang tidak boleh menikah. Hal ini disebabkan karena pasangan weton tersebut diprediksi akan memberikan dampak buruk pada pernikahan.

Meski saat ini zaman sudah semakin modern, tetapi beberapa orang masih memercayai weton kelahiran, khususnya masyarakat adat Jawa. Salah satu hal yang masih sering dipakai dan dipercayai adalah weton jodoh. Seperti namanya, weton ini bertujuan untuk mencari tahu pasangan yang tepat dengan melihat pada perhitungan weton dalam kamus primbon Jawa.

Dilihat dari wetonnya, terdapat beberapa tingkat kecocokan, mulai dari pegat, ratu, jodoh, topo, tinari, padu, sujanan, hingga pesthi. Dalam beberapa kategori ini, terdapat jumlah neptu atau weton kelahiran yang tidak disarankan untuk bersatu. Lantas, apa saja weton yang tidak boleh menikah? Simak informasinya berikut ini.

1. Weton Wage dan Weton Pahing

Pexels.com/Leeloo Thefirst

Menurut kamus Primbon Jawa, pasangan weton yang tidak boleh menikah pertama adalah weton wage dan weton pahing. Mereka sebaiknya tidak bersatu karena memiliki sifat dan karakteristik yang bertolak belakang. Weton pahing diketahui bersifat sebagai air, sedangkan weton wage memiliki sifat seperti minyak. Oleh karena itu, keduanya akan sulit untuk bersama.

Tak hanya itu, kepribadian mereka yang bertolak belakang juga membuat keduanya sulit untuk menerima satu sama lain. Selain dalam hubungan asmara, weton wage dan pahing juga tidak bisa bersatu dalam urusan lain. Mulai dari bisnis, kemitraan, dan kerjasama lainnya.

2. Weton Kamis Pon dan Rabu Kliwon

Pexela.com/Pixabay

Menurut kamus primbon Jawa, orang dengan weton Kamis Pon dan Rabu Kliwon tidak dianjurkan untuk menikah. Larangan ini karena keduanya memiliki jumlah neptu sebesar 15. Orang dengan jumlah neptu 15, jika dibagi 5 akan menyisakan hasil 0 atau 5 yang masuk dalam kategori padu dalam weton jodoh.

Dalam weton jodoh, padu berarti pertengkaran yang mencirikan hubungan yang buruk. Jadi jika keduanya bersatu, mereka cenderung akan sering mengalami pertengkaran. Meskipun begitu, sisi positif dari kedua weton ini adalah keduanya memiliki kemampuan mengelola emosi yang baik.

3. Weton Minggu Kliwon dan Senin Kliwon

Pexels.com/RODNAE Productions

Pasangan weton yang tidak boleh menikah selanjutnya adalah Minggu Kliwon dan Senin Kliwon. Larangan ini berlaku karena keduanya memiliki jumlah neptu 25. Jumlah neptu 25 ini jika bertemu akan masuk pada kategori Sujana yang bermakna waspada.

Kategori weton jodoh ini berarti pertengkaran yang mungkin akan dihadapi karena alasan perselingkuhan. Oleh karena itu, orang dengan kedua weton ini tidak dianjurkan untuk menikah.

4. Weton Senin Wage dan Selasa Legi

Pexels.com/Artem Podrez

Orang yang memiliki weton Senin Wage dan Selasa Legi dilarang untuk menikah. Pasalnya, jika keduanya bersatu, mereka akan menghasilkan jumlah neptu 16. Dalam weton jodoh pada kamus Primbon Jawa, neptu 16 masuk ke dalam kategori sujanan yang harus diwaspadai.

Jika keduanya bersama, perjalanan rumah tangga mereka akan menghadapi banyak rintangan. Bahkan, beberapa masalah yang mengganggu keharmonisan rumah tangga tersebut berasal dari dalam diri masing-masing.

5. Weton Jumat Pahing dan Minggu Legi

Pexels.com/Marko Klaric

Pasangan weton yang tidak boleh menikah selanjutnya adalah Jumat Pahing dan Minggu Legi. Keduanya tidak dianjurkan menikah karena memiliki jumlah neptu 25 dalam primbon Jawa. Seperti yang diketahui, pasangan dengan neptu 25 ini masuk dalam kategori Sujana yang berbahaya.

Jika keduanya bersatu, mereka akan mendapati ketidakberuntungan dalam berumah tangga. Bahkan, konon katanya, jika ada pernikahan dari weton yang berjumlah neptu 25, salah satu orangtua dari pasangan tersebut akan meninggal dunia.

Adapun beberapa pasangan weton yang memiliki jumlah neptu 25 adalah sebagai berikut:

- Minggu Kliwon dan Minggu Pon

- Minggu Kliwon dan Selasa Pahing

- Sabtu Kliwon dan Selasa Legi

- Sabtu Legi dan Rabu Wage

- Sabtu Wage dan Kamis Wage

- Jumat Pon dan Senin Kliwon

- Jumat Kliwon dan Jumat Legi

- Jumat Pahing dan Minggu Legi

- Senin Kliwon dan Minggu Kliwon

- Rabu Kliwon dan Selasa Pon

- Rabu Pahing dan Minggu Wage

- Kamis Pon dan Minggu Legi

Itulah 5 pasangan weton yang tidak boleh menikah. Terlepas dari ramalan tersebut, mintalah petunjuk Tuhan agar diberi kelancaran dalam kehidupan berumah tangga.

IDN Media Channels

Latest from Married