Hingga kini masyarakat Jawa masih berpegang pada ramalan turun-temurun dalam memperhitungkan suatu perjodohan. Bukan hanya bibit, bebet dan bobot calon pasangan saja yang dilihat melainkan hingga ke watak serta weton keduanya.

Nggak heran jika masih banyak para orangtua yang percaya akan ramalan perjodohan untuk kelangsungan rumah tangga anaknya kelak dengan memerhatikan dan memperhitungkan weton jodoh mereka.

Cara menghitung weton

Ramalan Jodoh Berdasarkan Weton, Bagaimana Menghitungnya?-

Cara menghitung weton sendiri bisa dibilang mudah, Bela. Kamu tinggal menjumlahkan hari, pasaran dan neptu. Begitu juga dengan pasanganmu. Sebagai contoh misal kamu lahir di hari Minggu Pahing. Jika dijumlahkan 5 + 9 = 14. Lalu pasanganmu misal lahir di Kamis Pon jika dijumlahkan 8 + 7 = 15. Jadi weton kalian 14 + 15 = 30. 

Untuk mengetahui ramalan weton, setelah ditambahkan kemudian hasilnya dibagi 10 atau 7 dan sisanya nggak boleh lebih dari 7. Dari hasil penjumlahan tersebut, yakni 30, jika dibagi 10 maka nggak ada sisa, maka dibagi 7. Pehitungannya seperti ini,

30 = 28 (7x4) + 2

Sisanya adalah 2. Berarti ramalan weton kalian adalah mengacu pada Tunggaksemi.

Nah Bela, untuk mengetahui hasil dari ramalan perhitungan tersebut bisa kalian cocokkan dengan sisanya seperti berikut.

Sisa 1 = Wasesa Segara

Beruntunglah bagi pasangan yang diramalkan Wasesa Segara. Rumah tangga dan pernikahan pasangan ini dipercaya sebagai sosok-sosok yang low profile, baik perwatakannya, pemaaf dan mempunyai wibawa. Selain itu, keduanya memiliki pandangan kehidupan yang luas dalam pernikahan. Nggak heran jika diramalkan akan rukun selalu.

Ramalan Jodoh Berdasarkan Weton, Bagaimana Menghitungnya?Unsplash.com/Hunters Race

Sisa 2 = Tunggak Semi

Nggak hanya yang diramalkan Wasesa Segara saja, pasangan yang diramalkan Tunggak Semi pun mudah mencari rejaki. Rejekinya bisa berupa memiliki banyak anak. Di sisi lain, pasangan ini mudah jatuh sakit.

Sisa 3 = Satriya Wibawa

Salah satu keinginan dan harapan setiap pernikahan adalah mendapat anugerah dan dimuliakan. Seperti yang diramalkan pada pasangan Satriya Wibawa, pasangan suami istri ini akan hidup berlimpah.

Sisa 4 = Sumur Sinaba

Pasangan ini merupakan pasangan yang sering dicontoh. Nggak heran jika kehidupan rumah tangganya merupakan tempat untuk mendapatkan ilmu. Selain itu pasangan Sumur Sinaba juga menjadi penolong orang lain.

Ramalan Jodoh Berdasarkan Weton, Bagaimana Menghitungnya?Unsplash.com/Joshua Rodriguez

Sisa 5 = Satria Wirang

Nah, ini yang harus diperhatikan. Pasangan Satria Wirang ini diramalkan akan mengalami kesusahan. Salah satu cara untuk menolaknya adalah dengan selamatan menyembelih ayam. Salah satu hal ketidakberuntungan pasanganan ini yakni rumah tangganya mengalami kekurangan secara finansial.

Sisa 6 = Bumi Kepetak

Jika kamu dan pasangan mendapat ramalan Bumi Kepetak, digambarkan sebagai pasangan yang tertutup tetapi rajin bekerja. Sisi baiknya, rumah tangga kalian kuat menghadapi kesulitan. Rumah tangga hidup berkecukupan tapi tersisih dari pergaulan.

Sisa 7 = Lebu Ketiup Angin

Selain pasangan Satria Wirang, pasangan Lebu Ketiup Angin juga ternyata sering mendapat kesusahan. Selain itu, semua cita-citanya sulit terkabul dan kehidupan tidak menentu. Untuk menolaknya yakni dengan ngabul-abulake (jawa) tanah.

Demikian hasil ramalan jodoh berdasarkan weton kamu dan pasangan. Baik buruknya hasil ramalan sebaiknya bukan dijadikan patokan karena yang terpenting adalah bagaimana nantinya kamu dan pasangan menjaga keharmonisan rumah tangga dan melewati berbagai tantangan hidup dengan tegar.

Baca Juga: Weton Jodoh Ketemu 25, Apa Artinya dalam Tanggalan Jawa?