Cara Menghitung Weton Jodoh Jawa untuk Pernikahan dan Artinya

Ada rumus penjumlahannya

Cara Menghitung Weton Jodoh Jawa untuk Pernikahan dan Artinya

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Bagi masyarakat Jawa tentu nggak asing dengan istilah weton. Weton jodoh ini dipercaya memberikan gambaran kecocokan dari dua insan yang berencana menikah. Mengingat pernikahan merupakan hal yang sakral dan penting, nggak heran jika banyak masyarakat Jawa khususnya masih berpegang teguh pada perhitungan baik-buruk dan cocok/nggak cocok untuk kehidupan rumah tangga keturunannya kelak. Berikut Popbela paparkan arti dan cara menghitung weton jodoh untuk pernikahan sesuai primbon jawa dengan mudah. Semoga dia cocok dengan wetonmu, Bela!

Apa sih weton itu?

Dalam kalender Jawa sendiri, satu pekan terdiri dari tujuh hari yang diadopsi dari kalender Islam dan lima hari pasaran Jawa atau dikenal dengan istilah pancawarna. Pancawara atau siklus hari pasaran adalah putaran lima hari pasaran, yaitu Pahing, Pon, Wage, Kliwon, dan Legi.

Ramalan berdasarkan hari dan tanggal lahir ini sudah dipercaya sejak zaman dahulu. Sistem penanggalan ini digunakan olah masyarakat Jawa bukan hanya sebagai penanda hari lahirnya seseorang, tetapi mulai digunakan untuk menentukan masa tanam dan panen, bepergian, menentukan suatu keputusan, bahkan hingga dipercaya dapat menggambarkan karakter ataupun nasib seseorang.

Nah, dari hitungan weton jawa untuk pernikahan inilah yang akan meramalkan dua insan yang akan bersatu nanti. Mulai dari karakter masing-masing yang pastinya akan menggambarkan kehidupan rumah tangganya kelak. 

Bagaimana cara menghitung weton jodoh?

Dalam pandangan Jawa sendiri, perhitungan weton ini dianggap bisa meminimalisir bencana atau kesialan dari masing-masing watak dua insan tersebut. Jika perhitungan weton dari dua orang kurang baik, jika tetap melangsungkan pernikahan, maka untuk menangkal kesialannya dilakukan ruwatan atau memilih hari pernikahan khusus agar dapat menangkal kesialan.

Adapun cara hitungan weton jawa untuk pernikahan adalah sebagai berikut.

Untuk mengetahui kecocokan antara calon mempelai, maka masing-masing hari dijumlahkan dengan wetonnya. Misalkan si lelaki lahir pada Kamis Wage, berarti 8+4=12. Jika si perempuan lahir pada Rabu Pon, maka jumlah yang didapat adalah 14 (hasil dari 7+7). Nantinya, jumlah weton lelaki dan perempuan ditambahkan. Ini berarti, 12+14=26.

Jika sudah dihitung, maka kemudian hasil hitungnya dicocokkan dengan hasil berhitungan berikut.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here